Rabu, 17 Januari 2018

Rencanakan Weekend Bareng Anak dengan "Havana"


Pasti tahu lagu "Havana"-nya Camila Cabello kan? Beberapa bulan belakangan, lagu ini memang lagi hits dimana-mana diputer. Kabar-kabarnya, single ini berhasil meraih Platinum karena sudah terjual hingga 1 juta dan berhasil nangkring di No. 2 Billboard100 #applause

Karena saking kekinian nya, Cak Ikin , YouTuber domisili Surabaya bikin video "Havana" versi Suroboyo yang judulnya "Ngukur Dalan". Liriknya diganti dengan nama-nama kecamatan di Surabaya. Lucu! Coba lihat deh, tinggal klik link di atas kok.

Menanggapi kegandrungan si Kakak terhadap lagu ini, yang dia mainkan terus sampai hafal betul liriknya, maka tiba saatnya untuk membawa apa yang sudah dia ketahui dari dunia maya ke dunia nyata. Sudah bagus kan dia sekarang jadi tahu nama-nama daerah di Surabaya. Biar tidak sekedar tahu namanya saja, weekend lalu si Kakak diajak untuk 'ngukur dalan' muterin Surabaya sambil dikenalkan pada wilayah-wilayah yang dia lewati. Mudah-mudahan dengan dia makin kenal dengan kota tempat tinggalnya, dia bisa makin cinta dan makin perduli.

Untuk memaksimalkan kegiatan weekend lalu, agar gak sekedar jalan-jalan, tapi juga sambil belajar, ...


1) Sebelum berangkat, direncanakan dulu rute mana yang akan dilewati.

Diputuskan untuk mengambil rute Wonokromo - Joyoboyo - Gunung Sari - Karah - Jambangan - Pagesangan - Gayungan - Jemursari - Prapen - Bratang, dikarenakan perjalanan yang harus ditempuh tidak terlalu jauh, mengingat kami naik motor dan bawa bayi.

2) Kami tunjukkan tempat-tempat khas daerah-daerah yang dilewati.

Di rute tersebut, kami bisa tunjukkan diantaranya ada stasiun dan DTC di Wonokromo, ada terminal bemo di Joyoboyo, dan Jembatan Rolak di Gayung Sari.

3) Ajukan pertanyaan.

Selama perjalanan, si Kakak terus ditanyai untuk ngecek apa dia paham atau tidak, semacam, "Kak.. di Joyoboyo tadi barusan ada apa, Kak?" Ini penting dilakukan untuk si Kakak yang sering gagal fokus. Kalau enggak, bisa-bisa udah dikasih tau macem-macem, si Kakak malah ngelamun sendiri #sigh
Selain itu, si Kakak ditanyai juga untuk memancing rasa ingin tahunya, semacam, "Wih.. Kak, di depan ada masjid gede banget tuh. Masjid apa ya namanya?"

4) Akan lebih bagus sebenernya kalau bisa mampir ke beberapa tempat khas yang dilewati.

Sayangnya, si Kakak gak sempet mampir mana-mana. Padahal ada beberapa kegiatan weekend seru dan tempat yang oke untuk dikunjungi di rute tersebut. Misalkan, di Lingkungan Sehat Kampung Wisata Jambangan, si Kakak bisa tau bahwa Surabaya punya pusat daur ulang sampah, dengan harapan dia bisa lebih perduli untuk memilah-milah sampah, mana yang masih bisa didaur ulang mana yang tidak. Atau si Kakak bisa jalan-jalan santai di seputaran Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, ditambah bisa naik ke menara dan memandang Surabaya dari ketinggian. Ah.. seharusnya weekend lalu bisa lebih seru. Oke. Masuk bucket list rencana weekend-weekend selanjutnya insha Allah!

Karena si Kakak dengan rapinya menggambar satu-satu semua nama kecamatan yang disebutkan di video dan kasih tanda mana-mana aja yang udah dilewati, rencananya sih si Kakak masih pengen ke daerah-daerah lain yang belum 'disambangi'.

Barangkali weekend belum tau mau ngapain sama anak-anak, ya mungkin bisa juga 'ngukur dalan' kayak Cak Ikin muteri Suroboyo sambil mengenalkan kota tempat tinggalnya.

Happy weekend, Papah Mamah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Baca Buku untuk Bayi — Gimana Caranya?

Baca Buku Untuk Bayi - Perlukah? Mungkin timbul anggapan bahwa bayi masih belum mengerti saat orang tua membacakan buku, karena mereka...