Langsung ke konten utama

Tentang Blog Ini

blog banner main apa hari ini

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Halo, Maaah..
Senang Mamah sudah mampir ke sini.

Kalau Mamah punya anak seumuran dengan anak-anak saya, Mamah harus sering-sering mampir kesini. Karena di MainApaHariIni, Mamah bisa dapatkan banyak ide bermain sambil belajar bersama anak-anak. Tidak hanya sekedar ide, semua artikel yang saya bagikan di blog ini sudah saya praktekkan sendiri.

Praktis, bukan sekedar teori

Bahkan lebih dari itu, semua artikel yang saya bagikan sudah dalam bentuk tutorial step-by-step yang memudahkan untuk Mamah lakukan juga bersama anak-anak di rumah.

Gak pake bingung, gak pake ruwet

Masih ada tambahan keuntungan lagi, Mah. Saya juga akan selalu bagikan 'alat perang'-nya.

Misalnya seperti dalam permainan menggunakan flashcards angka untuk belajar Matematika Kelas 1 yang saya bagikan beberapa waktu lalu, Mamah gak perlu repot bikin kartunya. Sudah saya sertakan file-nya untuk Mamah bisa langsung download, dan print, lalu tinggal gunting, dan jadilah flashcards-nya.

Lagi-lagi praktis, gak pake rempong

MainApaHariIni memang baru saja saya mulai a short while ago setelah Baby Sha lahir dan saya resign dari pekerjaan mengajar saya. Setelah beberapa bulan "diam" di rumah menjadi Ibu Rumah Tangga, saya mulai menyadari betapa banyaknya waktu yang saya punya dalam sehari bersama anak-anak.

Maklum lah ya.. Selama 7 tahun jadi Mamah Faza, saya harus jalani dengan nyambi: jadi Ibu sambil menyelesaikan kuliah dan lalu diteruskan dengan sambil bekerja. Mamah Bekerja lainnya pasti tahu banget terbatasnya waktu yang bisa dihabiskan dengan anak-anak. Ya kan?!

Maka lalu pada suatu siang, sepulang Kak Faza sekolah dan Baby Sha baru bangun tidur siang, makan siang sudah disantap, lalu apa lagi? *krik..krik..krik..

Saya gak tau harus ngapain!

Di situasi seperti ini, saya bisa dengan mudahnya terjerumus ke dalam lubang hitam bernama GADGETS! It's sooo easy to just give them smartphone, or tablet, or laptop for an access to Youtube or games, or maybe saya bisa bilang, "Nonton TV aja ya, Kak! Ada Upin Ipin kan?" Tanpa usaha, tanpa repot, anak-anak bisa diem melongo berjam-jam di depan gadgets. Mamahnya mungkin juga jadi sama-sama bisa diem di depan gadgets #ooops atau sibuk beresin kerjaan rumah yang udah memanggil.

Tapi, ...

Saya sepenuhnya meyakini bahwa orangtua adalah madrasah / guru pertama bagi anak-anaknya.

Itu yang menjadi penggerak saya untuk mulai menyingsingkan lengan baju, putting my teacher's hat on, dan mulai merancanakan aktivitas buat anak-anak. Saya lihatin buku pelajarannya Kak Faza. "Ada materi apa saja yang harus dipelajari? Oh, oke. Main games yang itu seru juga kayaknya, dan materi pelajarannya bisa masuk."

Saya baca panduan perkembangan balita, "Seumuran Baby Sha normalnya udah harus terampil ngapain aja ya? Oh, oke. Kegiatan begini seru juga kayaknya; bisa mendorong perkembangannya juga"

Dan..

Saya akan bagikan ke Mamah Pintar sekalian supaya bisa jadi ide bermain bersama anak-anak. Gak mau ketinggalan update ide-ide terbaru? Kita ketemuan juga di Instagram dan Facebook yah. Atau kapanpun Mamah butuh ide bermain sambil belajar dengan anak, search langsung "mainapahariini" di Google.

Karena, Mah, ...

Waktu berkualitas yang dihabiskan bersama anak adalah PRECIOUS MOMENTS; jauuuh lebih berharga daripada pakaian yang sudah terlipat rapi, atau lantai rumah yang bersih kinclong.

Kita hanya punya waktu yang sangat terbatas untuk membangun bonding kuat dengan anak-anak. Mereka tidak akan menjadi anak-anak selamanya kan. Mereka hanya bisa mengalami masa kecil sekali seumur hidup kan. Jadi ...

Selamat menikmati waktu berkualitas bersama anak-anak, Mah..

Komentar

Popular Posts

Les Coding Anak Tidak Susah Kok; Ini Pengalaman Anakku Ikut Kelas Hacktivkidz

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.  Alasan mendasar pengin mendaftarkan les coding anak buat Si Kakak, anak pertamaku, adalah karena gampang-gampang susah loh memilih aktivitas buat anak usia 11 tahun.  Aku pengin mencari kegiatan yang bisa jadi hobi dan kesibukan dia agar waktunya produktif, yang sesuai dengan minatnya, yang menantang, dan sekaligus yang bisa digunakan untuk mengasah keterampilan untuk karir di masa depan. Setelah selidik sana-sini, membandingkan ini-itu, dan musyawarah dengan Si Papah, alhamdulillah kami memutuskan bahwa kegiatan yang memenuhi semua kriteria di atas adalah BELAJAR CODING . "Hah? Coding ? Itu yang untuk membuat program komputer sama aplikasi hape itu kan? Belajar coding untuk anak apa engga terlalu susah?" I know.. I know..  Awalnya aku juga mikir gitu. Tapi setelah nyoba belajar di sekolah coding anak Hacktivkidz, kekhawatiran itu terpatahkan. Hacktivkidz by Hacktiv8 Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan yang memberikan p

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

Kombinasi Nutrisi & Kandungan Serum Pencerah Wajah Terbaik untuk Usia 20-an

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini Serum pencerah wajah terbaik bukan yang memutihkan ya! Mindset kita rasanya sudah lama 'diracuni' dengan standar kecantikan yang salah kaprah. 'Memiliki wajah berkulit putih' selalu yang digaungkan menjadi tujuan dalam rangkaian perawatan kulit wajah. Tidak jarang juga model iklan yang terpampang adalah bule atau eonni Korea dengan karakteristik kulit yang jauh berbeda dengan kulit kita. Padahal penduduk Indonesia kan termasuk dalam ras Malayan Mongoloid yang memiliki ciri khas warna kulit sawo matang. Pola pikir inilah yang perlu diubah mulai sekarang. Standar kecantikan wanita Indonesia seharusnya bukanlah yang berkulit putih. Meskipun dengan warna kulit agak kecokelatan, wanita Indonesia bisa tetap tampil cantik dengan kulit wajah cerah dan tidak kusam. Mindset  lain yang perlu diperbaiki adalah pentingnya asupan nutrisi untuk melengkapi perawatan kulit. Tidak cukup dengan produk perawatan wajah, pola makan, gaya