Langsung ke konten utama

Blogwalking Asik, Support Group Para Blogger, Tak Sekedar Saling Kunjung Blog

Assalamu'alaikum. 
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini. 

blogwalking asik support group blogger


Kamu blogger baru?
Tidak tau harus berbuat apa?
Tidak tau harus bertanya ke siapa?
Merasa sendirian dalam dunia blogging yang luas ini?

Tenang. Kamu tidak sendirian kok.
Bergabunglah dengan komunitas bloggers.
Di dalam komunitas, kita para bloggers bisa saling support.

Komunitas blogger yang mana? Yang mana saja. 
Saranku sih, sebagai pemula, bergabung saja dengan beberapa komunitas sekaligus. 
Toh kamu belum tau mana yang paling membuatmu nyaman dan bisa memberikan banyak keuntungan untukmu. 
Cobain saja dulu sebanyak yang kamu bisa.

Dari beberapa komunitas blogger yang aku ikuti, kali ini aku akan menyoroti 1 komunitas yang berbasis di Whatsapp Group, yaitu BLOGWALKING ASIK. 

Baca Juga: Pengalaman Nyata | Ini 4 Cara Blogku Menghasilkan Cuan

Profil Blogwalking Asik

Sebenarnya sih aku tidak yakin Blogwalking Asik ini betul-betul berbentuk sebuah komunitas atau bukan, hahaha.. 

Yang aku tau, Blogwalking Asik adalah sebuah grup di Whatsapp yang berisikan para bloggers. Bertindak sebagai admin grup adalah Mbak Hani Widiatmoko dan Mbak Rini Novita Sari.

Mbak Hani, di samping menulis di blog pribadinya di www.haniwidiatmoko.com, adalah seorang dosen arsitektur. Beliau juga telah menelurkan beberapa buku solo - yang beberapa diantaranya bertemakan arsitektur - dan beberapa buku antologi. 

Sedangkan Mbak Rini, pemilik blog celotehdinihari.com, juga pemilik Noe Digital Writer, jasa penulis artikel SEO.

Pertama kali aku join grup ini tujuannya adalah untuk mendapatkan support kunjungan ke blog-ku yang masih baru. Nama grupnya saja Blogwalking Asik. Ya kan?

Etapi ternyata grup Whatsapp ini memberikan support lebih dari sekedar kunjungan ke artikel blog kita. Dalam bentuk apa saja support yang diberikan? 

Baca Juga: Fungsi Google Analytics & Google Search Console untuk Audit Blog

Asyiknya Bergabung dengan Blogwalking Asik

1. Blog Walking

Buat kamu yang belum tahu, blog walking artinya jalan-jalan ke blog (orang lain). Namanya jalan-jalan, masa cuma berkunjung ke 1 tempat? Engga kan. Jadi blog walking adalah aktivitas dimana kita sengaja berkunjung ke berbagai blog secara bergantian dalam satu waktu.

Setiap hari Senin dan Kamis, admin grup membuka list blog walking. Para anggota grup kemudian mulai bergiliran mendaftarkan artikel blog yang membutuhkan support views. Saat list sudah memenuhi kuota dan ditutup, blogger yang nge-list kemudian berkewajiban untuk mengunjungi artikel lain dalam list dan meninggalkan komentar disana.

Bagi blogger pemula, grup blog walking seperti ini bisa sangat membantu loh. Disini kamu bisa mempromosikan blog. Setiap kali selesai menerbitkan artikel baru, blogger bisa mendaftarkannya di list blogwalking.

Coba kita kalkulasi secara sederhana ya. 

Jika kita mendaftarkan artikel kita pada list blogwalking dua kali dalam seminggu, dengan jumlah peserta blog walking 20 artikel pada masing-masing sesi. Artinya, blog kita akan mendapatkan tambahan kunjungan sebanyak 38 kali dalam seminggu dari sesi blog walking di grup ini saja.

Kunjungan dari blog walking ini bisa jadi 'pancingan' untuk traffic (kunjungan masuk) ke blog dari jalur lainnya. Sebab terkadang peserta list blog walking akan membagikan artikel kita ke Twitter (atau akun medsos lain maybe? idk) jika terjadi masalah saat berkomentar di blog.

Baca Juga: Belajar SEO Agar Blog Berkualitas Meski Masih Pemula

Selain itu, blog walking bisa jadi ajang blogger meningkatkan personal branding. Dengan rutin ikut blog walking, tentunya makin banyak dan makin sering blogger mengunjungi blog kita. Lama-lama mereka bisa jadi familiar dengan blog kita.

"Oh. mainapahariini.com lagi. Widiiih. Rajin publish artikel nih."
"Oh. mainapahariini.com ini niche blog-nya parenting kayaknya"
"Gaya bahasanya oke juga nih. Mudah dipahami. Bacanya jadi ngalir enak. Siapa nih? Oh. mainapahariini.com toh ternyata."

Ya gak? Ya gak?

Karenanya, selain bergabung dengan komunitas blogger, bergabunglah juga dengan grup blog walking. Gak ada ruginya selain memori HP jadi makin penuh karena grup Whatsapp nambah. Percayalah.

2. Kelas Blogging

Blogwalking Asik beberapa kali mengadakan kelas online gratis seputar tips & trik blogging. Kelas online yang diadakan terakhir kali berjudul "Cara Meningkatkan Traffic Blog" oleh Bang Doel (doel.web.id), yang juga merupakan member Blogwalking Asik.

Sesi kelas online seperti ini sekaligus jadi ajang diskusi bagi anggota grup; membahas topik dengan lebih detail, tanya-jawab, kadang bisa jadi troubleshooting segala saat ada yang curhat masalah blog dan minta diberi solusi, wkwk.

Baca Juga: Before - After Kelas Growthing: Blogger Dapat Apa Saja?

3. Sharing Pengalaman Blogger Pemburu Dollar

Selain grup Blogwalking Asik, aku juga bergabung dengan beberapa grup blog walking lain. Tapi tidak pernah aku menjumpai banyaknya pertanyaan mengenai akun Paypal selain di Blogwalking Asik, wkwk.

Ya emang gitu gaes. Bloggers di Blogwalking Asik ini levelnya udah pemburu dolar, bukan pemburu rupiah lagi. Karenanya seringkali mereka pada ribut ngurusin akun Paypal yang bermasalah, apalagi kalo waktunya fee cair, hehe.

Kalo kamu bergabung dengan grup blogger dan menemukan sosok blogger panutan, banyak-banyak  lah bertanya. Siapa tau kamu bisa mengikuti jejak kesuksesannya. Aamin.

Alhamdulillah bloggers di Blogwalking Asik tuh pada engga pelit. Pengalaman mereka bagikan, mulai dari caranya pertama kali mendapatkan job berpenghasilan dolar, dimana carinya, tips & trik biar bisa dapet job, langkah-langkah setting up akun Paypal, sampai troubleshooting lagi kalo ada masalah, haha. 

Baca Juga: Alasan Menulis di Blog: Ingin Berbagi atau Sebagai Profesi?

4. Lowongan Job

As I said earlier, bloggers di Blogwalking Asik itu engga pelit. Mereka engga segan membagikan ilmunya, pengalamannya, bahkan berbagi rejeki. Kalau ada tawaran job, mereka sering kasih kesempatan ke grup duluan. Huhu.. Terharu gak sih? May Allah SWT bless them. Aamin.

5. Ucapan Selamat Menang Lomba yang Memotivasi

Satu hal yang membuatku sueneng dan amazed banget sama Blogwalking Asik adalah ucapan selamat menang lomba yang rutin berdatangan. Bener deh. Tidak pernah aku mendengar banyak sekali ucapan selamat menang lomba selain di grup Blogwalking Asik

Adaaa aja anggotanya yang menang lomba. Bukan cuma yang udah level master macam Mbak Jihan (jeyjingga.com), tapi juga pendatang baru yang perdana menang lomba. Ya ampun..

Heranku, kok mereka bisa tauuu aja setiap kali ada anggota yang menang lomba. Surveillance camera mode ON atau gimana sih hahaha.

Seneng banget setiap kali mendengar ada yang menang lomba. Ucapan selamat menang lomba ini bisa memotivasi loh. Jadi sadar bahwa:

  • ternyata lomba blog itu ada banyak dan bervariasi temanya;
  • ternyata yang pemula pun punya kesempatan menang lomba blog;
  • ternyata hadiahnya menggiurkan jugak ya, haha, baru nyadar.
  • akan selalu ada pertama kali dalam sesuatu. But again, the first time is always the hardestTergantung kita mau mulai mengambil langkah pertama itu atau engga.

_________________________________

Gimanaaa? Asyik kan gabung di Blogwalking Asik.

Jadi kamu mau gabung di Blogwalking Asik juga gak nih?
Komen ya kalau mau ikut.

Komentar

fanny_dcatqueen mengatakan…
So far aku ikutnya join di komunitas yg FB mba, jadi bisa share tulisan yg baru terbit. Ada sih ikutan grub wa lain yg BW begini, cuma sepiii yg ikutan. Jadi aku juga ga sering mau ikut list nya 😁. Memang asik kok ikut grub/komunitas di mana membernya punya passion dan hobi sama kayak kita. Itung2 nambah networking kan . Pengen sbnrnya ikut, tapi takut ga bisa BW maksimal kalo Krn kewajiban. Aku seneng BW, tapi memang cendrung milih sendiri blog mana yg mau aku kunjungi 😁. Jadi bukan ikutan list BW.
Unknown mengatakan…
hadir kak
Monica Sitompul mengatakan…
Setujuuu.. semenjak sering blogwalking jadi dapet banyak kenalan blogger dan sering dapet insight dan ilmu baru seputar blog😍
Aemzone.com mengatakan…
Waah ada grupnya gak sii
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Ada, Kak. Mau join grup Whatsapp-nya kah?
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Ya kan. Jadi kita merasa engga sendirian gitu di dunia blogging yang luas ini.
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Mbak Fanny mah gak usah ikut list BW, udah rajin banget BW 😁 Mana komennya selalu berkualitas pulak 👍 Makasih banyak ya, Mbak, for your continuous support 💜
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Mau join grup Whatsapp nya kah?
Pinter Zone mengatakan…
boleh gabung?

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

Les Coding Anak Tidak Susah Kok; Ini Pengalaman Anakku Ikut Kelas Hacktivkidz

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.  Alasan mendasar pengin mendaftarkan les coding anak buat Si Kakak, anak pertamaku, adalah karena gampang-gampang susah loh memilih aktivitas buat anak usia 11 tahun.  Aku pengin mencari kegiatan yang bisa jadi hobi dan kesibukan dia agar waktunya produktif, yang sesuai dengan minatnya, yang menantang, dan sekaligus yang bisa digunakan untuk mengasah keterampilan untuk karir di masa depan. Setelah selidik sana-sini, membandingkan ini-itu, dan musyawarah dengan Si Papah, alhamdulillah kami memutuskan bahwa kegiatan yang memenuhi semua kriteria di atas adalah BELAJAR CODING . "Hah? Coding ? Itu yang untuk membuat program komputer sama aplikasi hape itu kan? Belajar coding untuk anak apa engga terlalu susah?" I know.. I know..  Awalnya aku juga mikir gitu. Tapi setelah nyoba belajar di sekolah coding anak Hacktivkidz, kekhawatiran itu terpatahkan. Hacktivkidz by Hacktiv8 Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan yang memberikan p

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH ... "Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits) ? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah sua