Langsung ke konten utama

Pengalaman Nyata | Ini 4 Cara Blogku Menghasilkan Cuan

Assalamu'alaikum
Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini

free unlimited domain hosting

Sumber Penghasilan Blog

Jika membahas cara menghasilkan uang dari blog, sebenarnya ada baaanyak banget. Kali ini aku hanya akan menceritakan dari mana aku mendapatkan penghasilan dari blog berdasarkan pengalaman pribadi.

Ada 4 cara yang selama ini aku lakukan untuk monetize blog.

1. Product Review

Review produk adalah job dari blog yang pertama kali aku dapat. Waktu itu akhir tahun 2018. Sebenarnya dalam 2 minggu ke depan aku sudah dijadwalkan operasi Caesar. Tapi karena kegirangan, aku semangat aja terima tawaran kerjasamanya, haha. 

Yang harus dilakukan blogger untuk product review biasanya adalah mencoba produk dari sponsor dan menulis ulasannya dalam sebuah artikel. Panjang artikel beragam, mulai 500 hingga 1000 kata. 

Review jujur. Aku pribadi selalu meminta waktu setidaknya 2 minggu untuk mencoba produk sponsor. Dengan durasi pemakaian produk lebih lama, pastinya akan lebih banyak kesan yang aku dapat untuk memberikan penilaian lebih menyeluruh dan objektif.

Fee. Beberapa kali menerima tawaran job review produk di blog, tawaran kompensasi yang diberikan bisa berbeda-beda.

Terkadang ada sponsor yang menawarkan ...

  • barter dengan produk
  • fee (sudah termasuk biaya pembelian produk)
  • fee dan produk gratis untuk di-review
  • fee penulisan artikel ditambah biaya pembelian produk 

2. Content Placement

Bisa dibilang, job content placement adalah cara menghasilkan blog yang menurut saya paling mudah. Yang harus dilakukan blogger untuk job jenis ini adalah menerbitkan artikel milik klien di blognya. Well, tidak sesimpel itu sih.

Meskipun artikel sudah ditulis oleh klien dan sudah siap di-publish, aku pribadi selalu melakukan beberapa penyesuaian. Misalnya dengan mengubah nada tulisan agar lebih "terdengar" seperti tulisanku biasanya.

Blogger akan menerima biaya kompensasi dari klien untuk penyediaan "tempat" dan pembaca untuk artikel mereka. Besarnya tentu saja bervariasi, tergantung dari banyak hal.

  • Performa blog, seperti DA, PA, DR. Ini adalah beberapa skor yang menentukan kualitas blog.
  • Seberapa laris blog, yang bisa dilihat dari seberapa banyak pengunjung blog dan seberapa sering artikel blog muncul di top result pencarian Google.
  • Klien. Sponsor dari brand besar pasti bisa menawarkan fee lebih besar pula.
  • Harga yang ditawarkan. Seringkali klien sudah menentukan fee standar untuk sebuah job. Aku sih tidak pernah coba nego harga, wkwk. Tapi tentu saja blogger berhak menentukan tarif untuk jasa yang ditawarkan.

3. Content Writing

Selain menulis di blog pribadiku ini, aku juga menulis untuk sebuah website parenting. Kok bisa? 

Personal blog kita ini bisa dibilang adalah portofolio kita loh. Blogger bisa "memamerkan" kepiawaian mereka dalam merangkai kata lewat artikel-artikel yang di-publish di blognya.

Ditambah dengan beberapa teknik SEO untuk menaikkan traffic dan memperluas jangkauan, salah satu artikel kita bisa tertangkap radar agency.

Dan saat itulah aku dihubungi oleh perwakilan dari sebuah website parenting yang menawarkan pekerjaan paruh waktu sebagai content writer mereka.

Pekerjaan ini alhamdulillah masih aku lakoni hingga sekarang setelah kurang lebih 1,5 tahun. Jadi bisa dibilang, job sebagai content writer ini secara tidak langsung aku dapatkan dari blog juga.

Dibandingkan job-job sebelumnya, fee untuk sebuah artikel rata-rata lebih kecil. Namun, blogger bisa mendapat pemasukan rutin setiap bulan.

Jumlahnya tentu saja bergantung pada banyaknya artikel yang sudah lolos proses penyuntingan dan siap diterbitkan di website klien. Di awal kerjasama, biasanya dibuat persetujuan terkait kewajiban jumlah artikel yang harus disetorkan dalam seminggu.

4. Affiliasi

Affiliate marketing adalah jasa yang ditawarkan blogger untuk mempromosikan produk atau jasa sponsor. Blogger akan mendapat komisi hanya jika produk yang ditawarkan terjual.

Komisi yang bisa didapatkan blogger bervariasi, bergantung pada penawaran kerjasama. Berapa persen dari hasil penjualan yang akan masuk ke kantong blogger.

Syarat Blog Bisa Menghasilkan Uang

Loh. Ada syaratnya? Iya dong. Tentu saja. Punya blog tidak bisa begitu saja mendatangkan cuan secara otomatis. Harus ada usaha lebih.

Selama ini blog banyak digunakan untuk berbagai fungsi:

Ada yang menulis di blog untuk sekedar curhat. Ada yang menjadikannya tempat menyalurkan hobi menulis. Ada juga yang ingin menjadikannya sumber penghasilan.

Jika ingin meraup keuntungan dari blog, blogger harus menjadikan blog terlihat profesional. Bagaimana caranya?

1. Gunakan Domain Top Level

www.mainapahariini.com
www.mainapahariini.blogspot.com

Diantara kedua alamat blog di atas, mana yang terlihat lebih profesional?
Tentu saja yang pertama ya.

Nah, .com adalah salah satu contoh domain top level. Contoh TLD lain yang paling populer antara lain .net .biz .org .edu .co.id

Sebenarnya blogger punya pilihan untuk membuat blog secara gratis pada blogging platforms yang paling banyak digunakan, yaitu Wordpress dan Blogspot.

Hanya saja, akan ada embel-embel wordpress.com atau blogspot.com pada domain atau alamat blog. Akibatnya, alamat blog menjadi lebih panjang dan susah diingat.

Salah satu fungsi TLD adalah untuk membantu klasifikasi domain. Misalnya, domain .com biasanya digunakan untuk bisnis, domain .org untuk website resmi organisasi. Dengan menggunakan TLD, artinya blog sudah siap digunakan untuk tujuan komersil.

2. Hosting Blog

Jadi blogger tidak sekedar bikin konten, tapi juga harus memastikan apakah konten tersebut bisa diakses dengan baik oleh pengunjung blog.

Pernah nih suatu hari aku dapat email dari Google menginfokan bahwa beberapa artikel blogku terpaksa harus di-take down karena melanggar Kebijakan Penayang Google. 

LOH! Kenapa nih? Padahal beberapa artikel yang dihilangkan dari peredaran itu adalah artikel populer di blogku yang berhasil nongkrong di top result google search.

Ternyata tidak hanya aku. Beberapa blogger lain yang menggunakan platform Blogspot juga mengalami hal yang sama. Setelah diusut, ternyata itu adalah imbas dari Google yang sedang melakukan pembaruan dan perbaikan. Jadilah muncul error seperti itu.

Nah itulah pentingnya hosting blog. Domain hosting akan memastikan blog kita bisa bisa berfungsi dan berjalan dengan baik.

Diantara fungsi hosting lainnya antara lain:

  • Memastikan loading speed tetap stabil. Hosting akan memastikan blog dimuat dengan kecepatan yang sesuai dengan banyaknya traffic yang masuk.
  • Menyimpan dan mengatur semua informasi dalam blog dengan aman.
  • Menjaga keamanan blog. Web hosting akan mengenkripsi, memonitor, dan menjaga semua informasi digital sehingga aman beredar di Internet.
Nah sekarang kalau blognya belum pakai hosting, yuk disegerakan yuk cari penyedia layanan hosting yang berkualitas dan terpercaya.

Mumpung ada promo diskon 25% nih untuk pengguna baru di NEO Web Hosting sampai bulan November 2021.

Saat beli hosting, biasanya kita akan ditawarkan beberapa paket dengan fasilitas yang berbeda-beda sesuai kebutuhan blogger.

Untuk personal blogger, NEO Web Hosting menawarkan paket hosting untuk 1 domain dengan space penyimpanan database sebesar 2GB hingga 10GB.

NEO Web Hosting bahkan menawarkan free unlimited domain hosting loh. Artinya, kita bisa hosting domain sebanyak apapun tanpa batasan jumlah. Ditambah space penyimpanan database yang juga tanpa limit maksimal. WOW!

"Mahal ya kalau pakai hosting?"
Kita hitung bareng-bareng yuk.

Harga hosting di NEO Web Hosting mulai dari Rp240.000 setahun. Artinya, blogger hanya perlu menyisihkan Rp20.000 dalam sebulan untuk mendapatkan semua fasilitas layanan web hosting seperti ini.

paket personal NEO Web Hosting

Masukkan kode promo berikut saat checkout supaya dapat diskon 25%

NEOWH25 untuk layanan Web Hosting
NEODH25 untuk layanan Dedicated Hosting

N.B.

Diskon ini sudah termasuk domain juga yah #menangbanyak
Kode promo diatas berlaku mulai 20 Agustus 2021 hingga 20 November 2022. Buruan mumpung masih sempet.
Diskon berlaku untuk billing cycle annual (pembayaran tagihan tahunan).
Kode promo hanya dapat di-redeem satu kali untuk setiap akun yang sudah terdaftar di https://web.neo.id

3. Bergabung dengan Komunitas Blogger

Syarat lain untuk monetizing blog adalah dengan melebarkan sayap dan membangun koneksi. Salah satu caranya adalah dengan bergabung dengan komunitas blogger.

Kalau perlu, jangan hanya satu. Bergabunglah dengan sebanyak mungkin komunitas blogger. Kita tidak pernah tahu mana diantaranya yang bisa memberikan banyak benefit untuk kita.

Coba saja dulu bergabung dengan beberapa komunitas, lalu dalam waktu setahun kita bisa mengevaluasi mana yang layak untuk dipertahankan dan mana yang tidak.

Lewat komunitas-komunitas ini lah aku bisa mendapatkan banyak info mengenai tawaran job. Pastikan blog memenuhi syarat untuk pekerjaan tersebut, lalu ajukan permohonan.

Biasanya blogger hanya perlu melengkapi formulir berisi data-data blog seperti domain, skor DA/PA/DR, rata-rata jumlah kunjungan blog dalam sebulan, akun media sosial, dan lainnya.

4. Membangun Kedekatan dengan Blogger

Selain dari komunitas blogger, tidak jarang aku juga mendapatkan tawaran pekerjaan dari sesama blogger. Misalnya nih:

Si Blogger A dapat info mengenai job untuk campaign sebuah produk. Si Blogger A mau apply tapi ternyata tidak memenuhi kriteria.

Nah Si Blogger A tahu bahwa aku kayaknya cocok untuk ikut campaign produk ini. Di forward lah info job ini ke aku.

Blogger bisa mulai membangun kedekatan dengan saling follow akun media sosial, lalu memberikan komentar pada postingan.

Akan sangat berarti juga bagi mereka jika kita mau berkunjung ke artikel terbaru di blog mereka dan meninggalkan komentar disana.

Cara lainnya: aku bahkan pernah DM beberapa blogger untuk minta saran dipilihkan judul apa yang cocok untuk calon artikel terbaruku.

Dari situ, aku bahkan mulai bisa “berteman dekat” secara online dengan beberapa blogger yang memiliki kesamaan. Misalnya, ngefans artis yang sama, punya anak yang umurnya sama, sama-sama ibu tanpa ART. Seneng loh bisa nambah temen... sekaligus memperluas networking :)

_______________

Itulah 4 cara blog bisa menghasilkan uang berdasarkan pengalaman pribadiku.
Tentu saja jika ingin blog menghasilkan keuntungan, blog harus terlihat profesional dan blogger harus membangun koneksi, seperti saranku di atas.

Semangat berusaha monetizing blog :)

Surabaya, 11 September 2021

Komentar

  1. Semua blogku sudah berdomain berbayar semua. Pakai hosting berbayar bisa leluasa karena 100 akses ke platform yang kita miliki lewat cPANEL. Harga hosting memang bisa lebih tinggi atau rendah tergantung paket yang dibeli. Blog berhosting berbayar dan domain profesional maka sering dilirik oleh tech recruiter atau orang yang mau pasang iklan dll.

    BalasHapus
  2. Saya sekarang ini lagi fokus ke pemasaran afiliasi, alhamdulillah sudah mulai baik komisinya. Memang kalau mau blog lebih mentereng, terutama di SEO, baiknya menggunakan hosting sendiri. Paket hosting NEO ini layak untuk dicoba nih

    BalasHapus
  3. Awalnya dari hobi menulis dan berbagi ternyata bisa menghasilkan cuan alias uang yaa, seneng banget memang kalau blog bisa bermanfaat dan nambah penghasilan. Semoga sukses selalu.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah, semula nggak nyangka bisa sejauh ini dapetin cuan lewat blog. Semuanya sudah saya rasakan, kecuali afiliasi, masih belum nyoba. Apalagi saat pandemi gini, hampir sebagian besar aktivitas dilakukan secara online, salah satunya adalah bisnis dan kerjaan. Dan ngeblog dilakukan secara online. Cukup nulis saja, bisa dapat cuan... Berapapun hasilnya patut disyukuri ya Mba.

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah berkat gabung di beberapa komunitas blogger sekitar 2 tahun lalu, saya sudah menikmati hasilnya. Sangat membantu sekali, apalagi di tengah pandemi sekarang. Ibu rumah tangga pun bisa menghasilkan cuan dari kegiatan blogging di rumah.

    BalasHapus
  6. Wah, tawaran harga dari neo web hosting ini masih relevan. Bisalah diusahakan untuk menabung 20 ribu per bulan. Apalagi kalau blognya sudah lumayan menghasilkan. Boleh nih, dicoba apa saja yang bisa dilakukan agar blognya produktif

    BalasHapus
  7. Wah, harga dari neo web hosting masih relevan. Bisalah untuk mengusahakan menabung 20 ribu per bulan. Apalagi kalau blognya sudah produktif menghasilkan pendapatan. Bisa dicoba nih, bagaimana cara agar blognya bisa menghasilkan. Makasih mbak tipsnya

    BalasHapus
  8. wah terima kasih banyak tips and triknya kak. sangat bermanfaat :D

    BalasHapus
  9. Keren, kak. Saya masih mengandalkan Adsense buat monetisasi. Pengin deh nyobain variasi lain biar semakin banyak sumber cuan.

    BalasHapus
  10. Aku dulu mutusin pake tld dan hosting berbayar Krn sempet diremehin Ama salah satu ketua komunitas traveling gitu hahahaha. Intinya dia menolak aku JD member Krn blogku 'kurang traveling'. Aku LGS curiga Krn dulu msh gratisan. Soalnya kalo konten mah semuanya traveling pas awal2 ngeblog. baru bbrp THN ini aja nambah kuliner.

    Jadi supaya ga diremehin lagi aku pake tld dan self hosting deh. Cuma Krn aku gaptek, yg ngurusin masalah pembayarannya, upgrade dan semua yg bersifat maintenance, itu yg urus temenku :D. Aku cukup nulis dan transfer fee langganan dan maintenance nya tepat waktu hahahah

    Skr ini aku memang ga tertarik cari duit dr blog, masih murni opini dan pengalaman pribadi. Tapi aku seneng baca tulisan temen2 yg menulis sponsored post dll, Krn dari situ aku bisa belajar juga gimana menulis tulisan endorse dgn halus dan ga kaku :D.

    BalasHapus
  11. Sangat menginspirasi mbak, jadi semangat untuk ngeblog di tengah simpang siurnya bahwa menulis blog susat dapat duit dibandingkan nyutub....

    BalasHapus
  12. Wah, biaya hostingnya terjangkau bgt kak. Cocok jadi solusi bwt yg lg mau beli domain TLD dan sewa2 hosting.
    Btw, keren bgt bisa dihire jadi content writer di sebuah website. Aku jg mau dong, hehe.

    BalasHapus

Posting Komentar

Terima kasih sudah mampir ke blog saya :)
Silahkan tinggalkan pertanyaan, tanggapan, atau sharing pengalaman serupa di kolom komentar.
Mohon tetap menjaga etika dan tidak meninggalkan tautan hidup.
Terima kasih :)

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: 5 Kunci Wujudkan Mimpi Finansial MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA?

Karena Memaksakan ASI Eksklusif, Bayiku Jadi Kurang ASI

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini.. Adalah sebuah kebanggaan ya jika kita bisa menyusui bayi kita secara eksklusif selama 6 bulan pertama. Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) bahkan menyediakan sertifikat lulus ASI untuk merayakan keberhasilan para ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Tak terkecuali, aku pun begitu mendamba berhasil memberikan hak ASI eksklusif anak ketiga ku, Baby El . Keistimewaan ASI Eksklusif ASI Eksklusif artinya memberikan hanya ASI kepada bayi, tanpa tambahan makanan padat atau cairan lainnya, termasuk air; dengan pengecualian oralit, atau vitamin atau obat dalam bentuk sirup. Bayi sebaiknya mendapat ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya untuk mencapai pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan yang optimal. Hal ini dikarenakan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi selama 6 bulan pertama sudah terkandung dalam ASI , jadi bayi sehat tidak perlu mendapat asupan tambahan lainnya. ASI dapat melindungi dari