Langsung ke konten utama

Before - After Kelas Growthing: Blogger Dapat Apa Saja?

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a Mamahfaza disini..


Untuk (yang mengaku) blogger pemula sepertiku, Kelas Growthing ini bagaikan aplikasi navigasi saat aku tersesat di dunia blogging.

Bagai Punya Aplikasi Navigasi

Aku memulai blogging ini murni otodidak; aku belajar sendiri dari berbagai sumber. Karena itulah, informasi yang aku punya hanyalah kumpulan dari mengambil secuil ilmu dari sana sini. Komunitas A bilang, "Lakukan ini untuk meningkatkan pengunjung blog", lalu ku lakukan. Blogger senior B bercerita tentang pengalamannya mendapat job pertama setelah begini begitu, lalu aku ikuti juga. Tapi aku tidak pernah betul-betul paham, karena aku cuma ikut-ikutan.

Setelah dua minggu mengikuti kegiatan pembelajaran di Kelas Growthing, terlihat jelas keunggulannya dibandingkan kelas-kelas online lainnya. Kelas belajar SEO yang digawangi salah satunya oleh Irwin Andriyanto (SEO Specialist) ini adalah wadah yang efektif untuk blogger belajar, karena seperti aku ceritakan selengkapnya di sini, kelas ini tidak hanya sekedar menberikan materi, tapi juga coaching.

Ibarat kita sedang berkendara menuju ke sebuah tempat asing nih. Kita punya alamat tujuan. Kita juga sudah mengikuti papan petunjuk arah jalan, tapi kita tetap tersesat. Nah, para Coach di Kelas Growthing berlaku seperti navigasi. Kita akan sampai tujuan dengan selamat jika mengikuti arahan Coach dengan benar. 

Bukan cuma para Coach, kawan-kawan sekelas pun tidak pernah segan memberikan bantuan jika ada yang kesulitan. Menemui masalah saat mengerjakan tugas? Tanyakan saja di grup WhatsApp Kelas Growthing. Nanti pasti ada yang jawab. Problem solved. 

Before-After Kelas Growthing

Untuk aku yang baru berkenalan dengan dunia blogging sekitar 2 tahun lalu, rasanya wajar ya kalo aku masih dalam tahap belajar. Tapi ternyata untuk yang sudah nge-blog jauuuh lebih lama daripada aku, mereka juga masih merasa perlu terus belajar sebagai blogger. Dua blogger perempuan berikut, Mbak Idah Ceris dan Mbak Ria Fasha, adalah kawan sekelasku di Kelas Growthing. Coba kita simak apa kata mereka mengenai Kelas Growthing dan apa motivasi mereka untuk terus belajar sebagai blogger.

Siti Wakhidah Hajar (www.cerisfamily.com)

profil siti wakhidah hajar

Ibu satu anak ini mulai mengabadikan momen keluarga di blog www.cerisfamily.com sejak tahun 2013. Seiring berjalannya waktu, Mbak Idah, begitu panggilan akrabnya, mengembangkan blognya sebagai blog dengan niche parenting.

Kelas Growthing sudah menjadi incaran Mbak Idah sejak lama. Ibu yang bekerja di instansi pemerintah ini sadar betul bahwa ilmu selalu berkembang dan terus berubah. Karenanya, beliau benar-benar ingin mengetahui dan update perkembangan SEO langsung dari para SEO specialists untuk kemudian dipraktekkan langsung. Maka begitu mendapat kabar dibukanya pendaftaran Kelas Growthing dari halaman Facebook Coach Irwin, Mbak Idah tidak melewatkannya.

Pengetahuan blogging Mbak Idah dulu tak begini. Tapi kini tak cupu lagi. Sekarang Mbak Idah bisa melakukan optimasi keywords, baik dengan riset maupun memantau queries di Google Search Console. Ini semua thanks to materi yang diberikan oleh para coach di Kelas Growthing. 

Ria Fasha (www.riafasha.com)

profil ria fasha

Berbekal ilmu hasil googling, Mbak Ria Fasha memulai perjalanan blogging-nya dari sebuah lomba blog di kampus di tahun 2007Meskipun awalnya tidak tahu sama sekali soal blog, Mbak Ria setelahnya jadi senang dan ketagihan blogging. Blogger asal Bengkulu yang memang hobi menulis puisi dan fiksi ini lalu memutuskan untuk memindahkan karyanya dari diary ke blogHatinya makin bahagia setelah tahu banyaknya yang membaca dan mengapresiasi karyanya setelah di-publish di blog.

Jika ditanya kok bisa betah nge-blog hingga belasan tahun, itu karena bagi Mbak Ria, nge-blog sudah jadi passion yang tidak bisa dipisahkan darinya. Terasa ada yang kurang jika tidak nge-blog, karena blog juga menjadi media untuk menuangkan isi hati dan mempunyai efek self-healing untuk Mbak Ria.

Kabar ketenaran Kelas Growthing sampai juga di telinga Mbak Ria Fasha. Sejak Coach Irwin dan Coach Pewe membuka pendaftaran kelas, Mbak Ria langsung mendaftar. Sayangnya, Mbak Ria berkali-kali tidak lolos seleksi. Akhirnya, beliau memutuskan untuk mendaftar di Kelas Premium SEO On Page yang juga dibimbing oleh duo Irwin - Pewe. Sebagai bonus, Mbak Ria berhak mengikuti pembelajaran di Kelas Growthing selama bulan September 2020. 

Mbak Ria Fasha jatuh bangun berkeras ingin ikut belajar di Kelas Growthing karena beliau merasa perlu upgrade ilmu dan skill sebagai blogger, sama halnya dengan profesi lainnya. Setiap hari ilmu terus berkembang dan blogger makin menjamur. Karenanya, blogger harus terus belajar dan evaluasi supaya tidak ketinggalan. Salah satu tujuan blogger menulis kan untuk berbagi informasi. Semakin banyak ilmu yang dimiliki, tulisan di blog pun jadi semakin berkualitas 

Meskipun sudah belasan tahun menulis blog, ternyata masih banyak hal-hal terkait blogging yang Mbak Ria Fasha belum ketahui. Namun semua itu berubah setelah belajar di Kelas Growthing. Mom blogger ini sekarang bisa membaca data Google Analytics dan Google Search Console dan menggunakannya untuk evaluasi performa blog.

Sesuai harapannya, ilmu SEO On-Page Mbak Ria Fasha akhirnya bisa di-upgrade juga setelah mendapatkan materi dari Coach Bahrul Ilm di Kelas Growthing. Kalau biasanya nulis semaunya, tanpa editing, apalagi memperhatikan poin-pon penting SEO Onpage, sekarang Mbak Ria lebih teliti dan berhati-hati dalam penulisan sebuah artikel di blog. Mulai dari melakukan research keywords, memberikan alt title pada setiap gambar, hingga memeriksa letak headings setelah artikel diterbitkan.

Selain itu, para Coach membeberkan rahasia terkait link building. Jurus mumpuni ini berimbas pada naiknya DA www.riafasha.com yang sekarang sudah mencapai angka 21. Wah, selamat!

Anda seorang blogger tapi masih kebingungan dengan beberapa istilah di atas? Atau ingin DA blog anda naik juga seperti kami? (FYI, DA blogku sendiri bisa naik hampir 3x lipat setelah 3 minggu di Kelas Growthing) Sepertinya anda memerlukan coaching oleh para pakar SEO. Klik banner di bawah untuk langsung mendaftar.

Komentar

  1. Bener2 bermanfaatbya mba. Selama ini aku belajar SEO ya sendiri, baca2 tulisan teman yg membahas itu, tapi jujurnya msh banyak yg belum aku mengerti. Jadi memang belajar sendirinya ga maksimal. Trutama baca data dari google analytics ato search console, itu banyak yg aku blm paham . Memang hrs ikut pelatihan dari pakar sih kalo mau ngerti details :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul. Aku pun begitu, jadinya aku ndak punya dasar pengetahuan blogging yang bener. Ikut2 doang gak ngerti maksudnya apa wkwkwk.. Akhirnya gak optimal.

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi.
Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan.

Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit. Mamah harus check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi, kecuali ada kondisi yang mengharuskan Mamah tingg…

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log.
Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah.
Let's get it!
MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan. Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah..

Baca juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker
MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA? Be…

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza di sini..




Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah.
Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan.

HABIT TRACKER ADALAH... 
"Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits)?
Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah …