Langsung ke konten utama

Baca Buku untuk Bayi — Gimana Caranya?

membacakan buku untuk anak agar anak suka membaca

Baca Buku Untuk Bayi - Perlukah?

Mungkin timbul anggapan bahwa bayi masih belum mengerti saat orang tua membacakan buku, karena mereka cuma tahu segala macam barang ya dimasukin mulut. Kalau tidak habis dilumat, diemut, nyunyut kena air ludah, ya bukunya bisa habis disobek-sobek atau diremas-remas. Apalagi disuruh duduk diam mendengarkan saat orang tua membacakan buku anak. "Mana bisaaa?", begitu mungkin pikir sebagian Mamah. Maka lalu berlandaskan anggapan tersebut, sebagian dari kita orang tua menunda untuk mulai mengenalkan buku untuk bayi sampai mereka mendekati usia sekolah nanti.

Ketahuilah, Mah, bahwa anggapan tersebut adalah kebenaran yang hqq. Tapi lalu bukan berarti itu bisa mencegah kita mengenalkan buku untuk bayi agar anak suka membaca dong yaa.. Sebenarnya Baby Sha (si anak bungsu) sudah mulai dikenalkan pada buku dan diajak membaca mulai usia 5 bulanan. Dipilih lah sebuah board book dengan slide panel yang bisa digeser ke atas-bawah sebagai buku pertamanya. Tapi antusiasmenya baru muncul beberapa bulan kemudian. Tiap kali lihat buku andalannya itu, langsung dia ambil dan kode-kodein Mamahnya untuk minta dibacakan. Bisa dibilang, minat bacanya sudah mulai ada sejak usianya belum genap setahun ... Aduh, maaf. Jadi kepedean *ehem
Anyway..

Manfaat Membacakan Buku Anak

Punya anak yang berminat baca itu langka dan berharga tiada tandingan loh, Mah, karena ketahuilah bahwa sesungguhnya, berdasarkan hasil studi yang dilakukan pada tahun 2016, Indonesia ada di peringkat 60 dengan minat baca terendah dari 61 negara *tepokjidat *ndepisdipojokan *malu

Padahal, oh, padahal, mayoritas tokoh SUKSES (iya, 'SUKSES', pake huruf kapital semua; bukan cuma sekedar 'sukses') punya kebiasaan membaca yang super. Bill Gates, sang Raja Microsoft itu bisa baca 50 buku dalam 1 tahun, yang artinya dalam seminggu satu buku habis dibacanya. Kalo gak ada minat, mana mungkin anak bisa semangat untuk banyak membaca?

Selain menumbuhkan minat baca, membacakan buku anak sejak dini juga penting perannya dalam perkembangan bahasa anak.

Ada sebuah studi yang menemukan bahwa anak-anak usia 18-25 bulan yang sudah rutin  dibacakan buku selama setahun sebelumnya ternyata bisa mengucapkan dan mengerti lebih banyak kata dibanding anak-anak seumuran yang tidak dibacakan buku. W.O.W.
Masak iya masih gak semangat untuk mengenalkan buku pada anak sih, Mah?!
Sekarang saatnya! Makin awal, makin bagus. Tata niat dalam hati untuk melakukan ini demi kebaikan luarbiasa untuk anak, agar anak suka membaca.

Membaca itu kan skill / kemampuan penting yang dipakai seumur hidup. Mulai anak sekolah SD sampai perguruan tinggi, nah, apa gak baca buku terus itu kerjaannya? Kalau anak tidak terbiasa membaca, nanti dibilangnya malas belajar. Nah.. Makanya, ayo, Mah! Mulai sekarang kita telatenin baca buku untuk bayi sebagai bekal awal agar anak suka membaca.

Saya sudah googling panduan membacakan buku untuk bayi dan ada buanyaak pendapat para pakar ahli dari berbagai penjuru dunia. Dibaca, dibaca... Lalu dipilih, dipilih... dan dicobalah beberapa poin untuk dipraktekkan.

Nah, berikut beberapa cara saya biasanya membacakan buku untuk anak saya, Baby Sha:

1) Mengenai kebiasaan emut-mengemut, para bayi itu sebenarnya sedang mencari tahu "Barang apa ini sebenernya? Enak gak ya? Keras gak ya?", begitu mungkin pikir mereka. Tapi karena mereka belum bisa ngomong dan tanya langsung ke Mamah untuk mendapat jawaban, cara mereka cari tahu ya lewat semua inderanya, termasuk indera pengecap, ya lewat diemut digigit dijilat itu tadi.

Jadi selalu pilihlah BOARD BOOK paling tidak sampai kebiasaan semua-barang-masuk-mulut nya hilang kira-kira usia 12-18 bulan.

Alasannya tentu saja karena board book pasti anti-sobek, anti-basah, anti-kusut. Soft book atau buku bantal juga bisa sih, sebenarnya, tapi halamannya lebih susah dibalik kalau dibandingkan board book  yang lebih kokoh dan tangguh.

2) Idealnya, pilih yang isinya SATU GAMBAR PER HALAMAN karena dengan begitu gambarnya biasanya lebih besar dan lebih jelas.

A post shared by Muna Fitria (@mamahfaza) on


3) Dalam beberapa bulan pertama dalam hidupnya, seiring dengan penglihatannya yang berkembang, para bayi biasanya lebih tertarik dengan warna-warna kontras, terutama merah.

Jadi, pilih board book yang WARNA gambarnya CERAH dan KONTRAS,

meskipun Mamah sebenarnya adalah shabby chic lover atau pastel lover. Ini demi anak, Mah. Hehe..

4) Beda sama Mamah yang masih penasaraaan aja kelanjutan drama serinya gimana, dan lalu lanjut nonton episode berikutnya dan berikutnya lagi *pengalamanpribadi, baca buku untuk bayi tidak perlu dari awal sampai akhir, dikarenakan rentang waktu fokus mereka masih sangat pendek. Jadi, bukan dibacakan cerita, tapi

tunjuk-tunjuk aja gambar di bukunya dan perkenalkan apa itu. Semacam, "Oooh, lihat! Ini mobil. Mo-bil."


5) Baby Sha paling girang kalau saya membacakan buku anak sambil ada adegan akting atau konser menyanyi. Iya, Mah.

Bikin suara-suara lucu, atau tingkah-tingkah lucu, atau nyanyikan lagu yang berhubungan dengan gambar.

Semisal, di halaman 'Blue Car' (seperti dalam foto di atas) selalu saya nyanyikan "Wheels on the Bus" (lirik diganti jadi "wheels on the car"). Sambil tangannya digerakkan seakan-akan lagi nyetir mobil, lengkap dengan suara mesin dan klaksonnya.

Sewaktu 'baca' halaman "Yellow Duck" selalu saya nyanyikan lagu "Five Little Ducks" yang biasa dia denger (lirik diganti jadi "five yellow ducks" ). Atau saya tirukan suara bebek.

Sambil membacakan buku untuk anak, Mamah bisa melakukan apapun yang bisa bikin anak tertawa. Yakin pasti Mamah lebih tahu apa yang biasanya bisa bikin si Bayi senyum-lebar-minim-gigi, atau bahkan ketawa ngakak. Lakukan saja. Yang penting si Bayi bisa menikmati kegiatan membacanya.

Ayo, Mah, bisa dicoba, karena ini semua sudah foolproof, alias sudah dicobakan pada Baby Sha, dan rutin dilakukan, dan Alhamdulillah Baby Sha menikmati waktu membacanya.


 

Harusnya Mamah gak mau sampek ketinggalan dapet manfaatnya membaca sejak dini ya kan, Mah? Ayo, Mah, sama-sama membiasakan agar anak suka membaca sejak bayi. Masak kalah cepet sama waktu kemarin dibela-belain ngejar diskonan akhir tahun di mall-mall? Yuk mari sekarang kita nge-mall, mampir ke toko buku, pilih board book yang sesuai kriteria yang paling cucok buat bayi, dan lalu jadwalkan kegiatan membaca dalam rutinitas setiap hari. Yang paling populer sih: sebelum tidur. Tapi meskipun tidak ada jadwal tetapnya, seperti saya, pokoknya lagi nganggur dan bingung mau main apa lagi, ya

YUK KITA MEMBACAKAN BACA BUKU UNTUK ANAK!


Popular Posts

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH ... "Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits) ? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah sua

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: 5 Kunci Wujudkan Mimpi Finansial MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA?