Langsung ke konten utama

PENTINGNYA BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS BLOGGER


Because I am just a small blogger in a big blogging world.
Itulah alasan utama saya, dan mungkin para blogger lain, bergabung dengan komunitas blogger. Dunia blogging ini luas, Kawan. Apalah artinya blog kecil macem punya saya yang belum genap setahun usianya. Karena itulah, komunitas blogger menjadi tempat yang sempurna untuk, dalam Bahasa Jawa, "golek bolo" atau cari teman untuk diajak bergandengan bersama-sama mengarungi dunia blogging. 
Diantara banyaknya komunitas blogger di Indonesia, Blogger Perempuan Network nampaknya lebih bersinar dibanding lainnya. Mereka bahkan mengklaim sebagai "The largest Indonesian female bloggers network" dengan lebih dari 4000 anggota. Sounds legit, right? Karena itulah saya mantap bergabung dengan Blogger Perempuan Network.
Sama seperti dalam komunitas lain, bergabung menjadi anggota pastinya memberi beberapa manfaat.

Bahkan Blogger Perempuan Network punya banyak keistimewaan, diantaranya:


  • Informasi Lomba Blog

Pengumuman lomba blog di website Blogger Perempuan Network

Lomba Menulis Blog adalah sebuah kesempatan emas bagi para blogger untuk mencoba peruntungan mereka. Tulis tulis berhadiah! 
Andaikan menang, pasti seneng lah jerih payah kita menulis posting blog mendapat apresiasi dalam bentuk rekognisi dan materi. Kepercayaan diri pasti meningkat. Tercatat sebagai pemenang lomba blog pasti kelihatan bagus di resume kita sebagai blogger. Belum lagi hadiahnya. Rasanya malam-malam tanpa tidur itu terbayar sudah 
Tapi andaikan kalah, sebenarnya secara tidak langsung kita seperti mendapat umpan balik bahwa posting blog kita masih perlu banyak perbaikan. Selalu ingat practice makes perfect, Kawan.
Seperti dalam komunitas blogger lain, Blogger Perempuan Network selalu memberikan pengumuman kompetesi menulis blog yang sedang berlangsung.

  • Panduan Seputar Blogging


Tampilan halaman Instagram @bloggerperempuan 

Pada laman grup Facebook, Blogger Perempuan Network menyatakan bahwa komunitas ini dibentuk agar blogger wanita saling mendukung satu sama lain dan bersama-sama mengembangkan blog. Mereka nampaknya sadar benar bahwa berkembangnya sebuah blog membutuhkan peningkatan kualitas.
Saya pribadi seneng banget mereka mengunggah konten seputar blogging macam "Tips Agar Blog Banyak Disukai" di Instagram Feed mereka. Tips dari mereka biasanya singkat dan simpel sih. Tapi berhubung mereka mengundang para following bloggers untuk ikut sumbang saran di kolom komentar, tips yang didapat jadi makin beragam.

  • Cara Mereka Mengorganisir Promosi Blog Post


Sebagai blogger, tujuan yang pertama dan utama adalah mengupayakan posting blog kita agar bisa dibaca oleh banyak netijen budiman. Dalam dunia blogging, ini disebut traffic: arus keluar masuknya pengunjung blog. Semakin banyak pengunjung artinya tulisan kita bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan begitu, mudah-mudahan tulisan kita bisa bermanfaat, menginspirasi dan berfaedah bagi lebih banyak orang.
Supaya lebih banyak orang tahu tentang posting blog terbaru kita, tentunya kita harus melakukan promosi dengan menyebarkan tautan (link) ke blog post kita di segala tempat. Kesannya nyampah (spammy) ya. Tapi Blogger Perempuan Network punya sistem luar biasa yang membuat kegiatan menyebar link ini jadi gak berkesan spammy karena dikelola dan diwadahi dengan baik.

     1. Thread berdasarkan niche

Di grup Facebook Blogger Perempuan Network, admin grup mengunggah thread dengan tema (niche) yang berbeda setiap harinya.
   Senin: Fashion dan Beauty
   Selasa:Travel dan Culinary
   Rabu: Blogging dan Social Media
   Kamis: Friendship, Family, Parenting, Health dan Love 
   Jumat: Education, Self-Improvement, Business dan Finance.
   Sabtu & Minggu: (bebas)
Dengan begitu, blogger tahu kapan mereka harus promosikan posting blog mereka di grup Facebook. Melalui thread itu, blogger dengan niche yang sama dipertemukan lebih dekat.
Hargailah orang lain jika kamu juga ingin dihargai.


Hal ini bisa berlaku juga dalam dunia blogging. "Kunjungilah blog orang lain jika kamu juga ingin blogmu dikunjungi", lalu tinggalkan komentar yang menarik dan mendalam. Komentar macem ini bagaikan pujian untuk penulisnya. Kalau nama dan URL kita sudah nongol di kolom komentar, makin besar kemungkinan pembaca lain (yang kemungkinan juga adalah blogger) klik URL kita untuk mampir ke blog kita.
Akan lebih berfaedah kalau kita juga mau share post mereka, atau tautkan mereka di blog kita. Dengan membantu bloggers lain lebih dulu, mudah-mudahan budi baik kita dibalas dengan kebaikan pula 

     2. Get Featured

Setiap minggunya, Blogger Perempuan Network membuka kesempatan bagi membernya untuk submit link yang kemudian 10 blog post yang beruntung akan ditampilkan di Instagram Story mereka dan dengan sekali swipe up, netijen budiman akan langsung dibawa ke halaman blog post kita.

  • Bonus!

Bisa "bertemu" banyak senior blogger yang bisa dijadikan panutan. Kita bisa meningkatkan skill untuk jadi blogger yang lebih baik dengan belajar dari pengalaman berharga mereka. 

Itulah pentingnya bergabung dengan komunitas blogger. Kita jadi punya sumber informasi yang selalu update mengenai pengumuman kompetisi menulis blog teranyar. Kita juga diuntungkan dengan banyaknya tips seputar blogging langsung dari pakarnya. Komunitas blogger juga merupakan tempat yang ideal untuk mempromosikan posting blog kita, bertemu dengan blogger lain dengan niche yang sama, dan menyimak pengalaman para blogger senior untuk dijadikan pelajaran. 

Jadi, Mamah mau ikut bergabung dengan komunitas Blogger Perempuan Network juga gak?

Komentar

Popular Posts

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH ... "Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits) ? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah sua

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: 5 Kunci Wujudkan Mimpi Finansial MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA?