Langsung ke konten utama

PENTINGNYA BERGABUNG DENGAN KOMUNITAS BLOGGER


Because I am just a small blogger in a big blogging world.
Itulah alasan utama saya, dan mungkin para blogger lain, bergabung dengan komunitas blogger. Dunia blogging ini luas, Kawan. Apalah artinya blog kecil macem punya saya yang belum genap setahun usianya. Karena itulah, komunitas blogger menjadi tempat yang sempurna untuk, dalam Bahasa Jawa, "golek bolo" atau cari teman untuk diajak bergandengan bersama-sama mengarungi dunia blogging. 
Diantara banyaknya komunitas blogger di Indonesia, Blogger Perempuan Network nampaknya lebih bersinar dibanding lainnya. Mereka bahkan mengklaim sebagai "The largest Indonesian female bloggers network" dengan lebih dari 4000 anggota. Sounds legit, right? Karena itulah saya mantap bergabung dengan Blogger Perempuan Network.
Sama seperti dalam komunitas lain, bergabung menjadi anggota pastinya memberi beberapa manfaat.

Bahkan Blogger Perempuan Network punya banyak keistimewaan, diantaranya:


  • Informasi Lomba Blog

Pengumuman lomba blog di website Blogger Perempuan Network

Lomba Menulis Blog adalah sebuah kesempatan emas bagi para blogger untuk mencoba peruntungan mereka. Tulis tulis berhadiah! 
Andaikan menang, pasti seneng lah jerih payah kita menulis posting blog mendapat apresiasi dalam bentuk rekognisi dan materi. Kepercayaan diri pasti meningkat. Tercatat sebagai pemenang lomba blog pasti kelihatan bagus di resume kita sebagai blogger. Belum lagi hadiahnya. Rasanya malam-malam tanpa tidur itu terbayar sudah 
Tapi andaikan kalah, sebenarnya secara tidak langsung kita seperti mendapat umpan balik bahwa posting blog kita masih perlu banyak perbaikan. Selalu ingat practice makes perfect, Kawan.
Seperti dalam komunitas blogger lain, Blogger Perempuan Network selalu memberikan pengumuman kompetesi menulis blog yang sedang berlangsung.

  • Panduan Seputar Blogging


Tampilan halaman Instagram @bloggerperempuan 

Pada laman grup Facebook, Blogger Perempuan Network menyatakan bahwa komunitas ini dibentuk agar blogger wanita saling mendukung satu sama lain dan bersama-sama mengembangkan blog. Mereka nampaknya sadar benar bahwa berkembangnya sebuah blog membutuhkan peningkatan kualitas.
Saya pribadi seneng banget mereka mengunggah konten seputar blogging macam "Tips Agar Blog Banyak Disukai" di Instagram Feed mereka. Tips dari mereka biasanya singkat dan simpel sih. Tapi berhubung mereka mengundang para following bloggers untuk ikut sumbang saran di kolom komentar, tips yang didapat jadi makin beragam.

  • Cara Mereka Mengorganisir Promosi Blog Post


Sebagai blogger, tujuan yang pertama dan utama adalah mengupayakan posting blog kita agar bisa dibaca oleh banyak netijen budiman. Dalam dunia blogging, ini disebut traffic: arus keluar masuknya pengunjung blog. Semakin banyak pengunjung artinya tulisan kita bisa menjangkau lebih banyak orang. Dengan begitu, mudah-mudahan tulisan kita bisa bermanfaat, menginspirasi dan berfaedah bagi lebih banyak orang.
Supaya lebih banyak orang tahu tentang posting blog terbaru kita, tentunya kita harus melakukan promosi dengan menyebarkan tautan (link) ke blog post kita di segala tempat. Kesannya nyampah (spammy) ya. Tapi Blogger Perempuan Network punya sistem luar biasa yang membuat kegiatan menyebar link ini jadi gak berkesan spammy karena dikelola dan diwadahi dengan baik.

     1. Thread berdasarkan niche

Di grup Facebook Blogger Perempuan Network, admin grup mengunggah thread dengan tema (niche) yang berbeda setiap harinya.
   Senin: Fashion dan Beauty
   Selasa:Travel dan Culinary
   Rabu: Blogging dan Social Media
   Kamis: Friendship, Family, Parenting, Health dan Love 
   Jumat: Education, Self-Improvement, Business dan Finance.
   Sabtu & Minggu: (bebas)
Dengan begitu, blogger tahu kapan mereka harus promosikan posting blog mereka di grup Facebook. Melalui thread itu, blogger dengan niche yang sama dipertemukan lebih dekat.
Hargailah orang lain jika kamu juga ingin dihargai.


Hal ini bisa berlaku juga dalam dunia blogging. "Kunjungilah blog orang lain jika kamu juga ingin blogmu dikunjungi", lalu tinggalkan komentar yang menarik dan mendalam. Komentar macem ini bagaikan pujian untuk penulisnya. Kalau nama dan URL kita sudah nongol di kolom komentar, makin besar kemungkinan pembaca lain (yang kemungkinan juga adalah blogger) klik URL kita untuk mampir ke blog kita.
Akan lebih berfaedah kalau kita juga mau share post mereka, atau tautkan mereka di blog kita. Dengan membantu bloggers lain lebih dulu, mudah-mudahan budi baik kita dibalas dengan kebaikan pula 

     2. Get Featured

Setiap minggunya, Blogger Perempuan Network membuka kesempatan bagi membernya untuk submit link yang kemudian 10 blog post yang beruntung akan ditampilkan di Instagram Story mereka dan dengan sekali swipe up, netijen budiman akan langsung dibawa ke halaman blog post kita.

  • Bonus!

Bisa "bertemu" banyak senior blogger yang bisa dijadikan panutan. Kita bisa meningkatkan skill untuk jadi blogger yang lebih baik dengan belajar dari pengalaman berharga mereka. 

Itulah pentingnya bergabung dengan komunitas blogger. Kita jadi punya sumber informasi yang selalu update mengenai pengumuman kompetisi menulis blog teranyar. Kita juga diuntungkan dengan banyaknya tips seputar blogging langsung dari pakarnya. Komunitas blogger juga merupakan tempat yang ideal untuk mempromosikan posting blog kita, bertemu dengan blogger lain dengan niche yang sama, dan menyimak pengalaman para blogger senior untuk dijadikan pelajaran. 

Jadi, Mamah mau ikut bergabung dengan komunitas Blogger Perempuan Network juga gak?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIKIN DIY MUDAH DARI KALENDER BEKAS BERSAMA ANAK

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..


Hai, Mah.. Main apa hari ini sama anak-anak? Seperti yang sudah dibahas disini, mengingat manfaatnya untuk menyiapkan mental anak dalam persaingan dunia, agendakan bermain kompetitif bersama anak yah dalam minggu ini.
Nah, untuk mendukung permainan kompetitif anak, kali ini Alhamdulillah saya bisa menepati janji untuk berbagi tutorial DIY mudah yang bisa digunakan untuk berbagai macam permainan anak.
Meskipun ini DIY / do-it-yourself / bikin sendiri, tapi caranya gampang: tinggal gunting dan tempel, sehingga ini bisa jadi kegiatan DIY seru bersama anak. Bahan-bahannya juga gratis. Inshallah di setiap rumah sudah tersedia, apalagi akhir tahun begini. Bisa jadi pilihan cara pemanfaatan kalender bekas yang menumpuk setiap akhir tahun.
Iya.. Bahan utamanya ini. Kalender meja.
Kalender ini, Mah, kalo di rumah saya selalu numpuk gak karuan, karena saya selalu dapat dari sekolah. Ditambah lagi selalu ada orangtua murid yang ngasih. Lal…

LAKUKAN INI SEKARANG UNTUK MENCEGAH KECANDUAN GADGET PADA ANAK

Assalamualaikum..  Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini.. SETAN KOTAK itu bernama GADGETS Kayaknya emang bener gak sih, Mah? Elektronik berbentuk kotak itu sedikit banyak sudah membawa dampak jelek layaknya setan: Anak-anak jadi kecanduan games. Mereka makin gampang terpapar konten mengerikan, macam video-video alay, pornografi, kekerasan. Sementara kita orangtuanya juga ikut tersedot dalam posts di timeline dan stories FB dan IG yang tanpa akhir. Ah, belum lagi video di YouTube. Ah, belum lagi obrolan di grup WhatsApp. Gadgets tak pernah lepas dari genggaman. Sehingga makin sedikit waktu untuk dinikmati bersama keluarga, bahkan untuk sekedar ngobrol santai. Anak-anak jaman now adalah generasi digital native. Kata orang, "masih bayi udah bisa pegang HP". Ya itu karena mereka memang terlahir di jaman teknologi digital sudah berkembang pesat. Jadi tidak mungkin kita sepenuhnya menghindarkan mereka dari paparan teknologi. Yang bisa dilakukan adalah mencegah anak-anak kecandua…

4 Cara Bullet Journal Bisa Memudahkan Hidupmu Sebagai Ibu

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a Mamahfaza disini


Ingat masa-masa di sekolah dulu suka menulis di buku harian atau diary? Semua perasaan yang membuncah dalam hati remaja yang berapi-api di tumpahkan semua kedalamnya. Apa ada yang sampai sekarang masih suka?

Saya! Saya! (acungkan tangan)

Seiring berkembangnya jaman, diary atau buku harian yang kita kenal dulu telah berevolusi menjadi suatu sistem yang dinamakan bullet journal. Ryder Carroll, sang penggagas, mengklaim bahwa ini adalah sistem analog untuk menyimpan catatan masa lalu, mengatur hidup di masa sekarang, dan merencanakan masa depan. Selain itu, Buzzfeed menafsirkan bullet journal sebagai kombinasi buku agenda, buku harian (diary) dan daftar tugas yang harus dilakukan. Terdengar hebat, kan?


Pengertian bullet journal oleh Buzzfeed

Bullet journal akhir-akhir ini makin marak dibicarakan dan mulai menjadi tren hobi baru untuk ditekuni. Hype-nya pun sudah sampai ke Indonesia. Buktinya, di marketplace online, banyak dijumpai usaha…