Langsung ke konten utama

Perbedaan Umum Dedicated Server dan Colocation Server, Lengkap Dengan Keunggulannya

Assalamualaikum.
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.

perbedaan colocation server dan dedicated server dan keunggulan masing-masing
Photo by Krzysztof Kowalik on Unsplash

Sekilas mungkin colocation server dan dedicated server cukup sama dalam hal manfaatnya. Padahal sebenarnya, keduanya memiliki perbedaan mencolok loh! Apa saja ya?

Kilas Singkat Colocation-Server

Colocation-server merupakan layanan yang diperuntukkan untuk menaruh server pada data center milik orang lain dan/atau lewat penyedia layanan colocation-server. Dengan begitu, penggunanya tidak perlu mengeluarkan anggaran tambahan untuk pembelian infrastruktur baru sebagai penempatan server atau mempekerjakan teknisi berpengalaman untuk pengelolaannya.

Penyedia jasa colocation-server akan menyediakan ragam fasilitas pendukung bagi pengguna jasanya seperti halnya bangunan/tempat penyimpanan server, pendingin ruangan, daya, keamanan fisik, dan bandwidth. Sehingga pengguna tersebut bisa lebih fokus dalam menangani bisnis utama tanpa terbebani akan persoalan pelik di dunia IT.

perbedaan colocation server dan dedicated server serta keunggulannya
Ilustrasi teknisi menangani server
Photo by Science in HD on Unsplash

Kilas Singkat Dedicated Server

Dedicated server ialah layanan penyewaan server pada penyedia hosting, sehingga website akan memiliki server khusus untuk digunakan secara pribadi. Layanan ini menjanjikan fleksibilitas dan kekuatan luar biasa, namun biasanya ditawarkan dengan harga premium. Oleh sebab itu, pastikan untuk melakukan riset kecil-kecilan saat hendak menggunakan layanan tersebut.

Kelebihan Colocation-Server

1. Hemat Biaya

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, biaya yang wajib dikeluarkan perorangan akan lebih hemat daripada ketika kita membuat data center sendiri. Dengan menggunakan colocation server, kita tidak perlu menyediakan ruangan khusus, merekrut teknisi IT, membayar listrik, sistem keamanan dengan standar internasional, dan lain sebagainya.

Dan tentunya, bandwidth tinggi akan diperoleh dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan membuatnya sendiri.

2. Teknologi dan Sistem Terstruktur

Menggunakan layanan colocation-server profesional memungkinkan kita untuk memanfaatkan teknologi dan sistem yang lebih terstruktur. Dengan penyewaan pembangkit listrik khusus agar server tidak mati secara tiba-tiba, misalnya.

3. Server 24 Jam Non Stop

Dengan menyewa jasa penitipan ini, server akan terus online selama 24 jam non stop meski jika ditinggalkan sekalipun.

4. Produktivitas Meningkat

Disamping akan lebih hemat biaya maupun hemat waktu lantaran seluruh proses akan diserahkan langsung pada pihak pro nan andal, produktivitas kita juga akan meningkat secara signifikan. Ini karena fokus tak lagi terbagi untuk mengembangkan bisnis dan memikirkan persoalan server yang sangat rumit.

Kelebihan Dedicated Server

1. Mendapat Akses Penuh Server

Perusahaan penyedia jasa dedicated server akan menawarkan akses penuh 100% pada setiap penggunanya. Dedicated server juga memudahkan sekaligus membebaskan penggunanya bila ingin melakukan konfigurasi seperti halnya penyesuaian spesifikasi yang dibutuhkan. 

2. Aman

Keuntungan lain saat menggunakan jasa dedicated server ialah minimnya tanggung jawab pemilik saat terjadi masalah atau kerusakan pada server. Dimana hal tersebut akan langsung dibebankan pada perusahaan penyedia layanan dedicated server.

3. Lebih Efektif, Bisa Remote Server

Dengan menyewa jasa dedicated server, server yang dititipkan bisa dikontrol secara remote dimanapun dan kapanpun. Jadi, tidak perlu pusing ataupun merasa repot dengan mengawasi fisik server secara langsung. Tidak juga terbebani untuk campur tangan dalam pengelolaan website.

4. Tidak Terganggu Aktivitas Lain

Jika menggunakan jasa dedicated server, tidak perlu khawatir lagi soal kemungkinan munculnya gangguan dari pengguna lainnya. Mengingat dedicated server ini hanya akan digunakan oleh satu pengguna saja. Sehingga tidak akan mengganggu performa dari website tersebut, apalagi jika jumlah traffic pengunjung tiba-tiba meningkat.

Dedicated server juga mengizinkan penggunanya untuk mengelola banyak domain pada satu server yang sama. Selain itu, manajemen website akan semakin optimal dikarenakan kita memegang akses penuh dalam pengontrolan server tersebut.

____________________

Itulah beberapa perbedaan mendasar dari colocation server dan dedicated server. Gimana? Udah cukup jelas belum? Jika ingin tahu lebih jauh soal keduanya, atau mungkin tertarik untuk menyewa satu layanan tersebut, silahkan kunjungi laman nexdatacenter.com

Komentar

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA

Karena Memaksakan ASI Eksklusif, Bayiku Jadi Kurang ASI

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini.. Adalah sebuah kebanggaan ya jika kita bisa menyusui bayi kita secara eksklusif selama 6 bulan pertama. Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) bahkan menyediakan sertifikat lulus ASI untuk merayakan keberhasilan para ibu memberikan ASI eksklusif kepada bayinya. Tak terkecuali, aku pun begitu mendamba berhasil memberikan hak ASI eksklusif anak ketiga ku, Baby El . Keistimewaan ASI Eksklusif ASI Eksklusif artinya memberikan hanya ASI kepada bayi, tanpa tambahan makanan padat atau cairan lainnya, termasuk air; dengan pengecualian oralit, atau vitamin atau obat dalam bentuk sirup. Bayi sebaiknya mendapat ASI Eksklusif selama 6 bulan pertama kehidupannya untuk mencapai pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan yang optimal. Hal ini dikarenakan semua nutrisi yang dibutuhkan bayi selama 6 bulan pertama sudah terkandung dalam ASI , jadi bayi sehat tidak perlu mendapat asupan tambahan lainnya. ASI dapat melindungi dari