Langsung ke konten utama

5 Kunci Gapai Mimpi Finansial | Inspirasi Setelah Nonton bluMusical

Assalamualaikum
Muna Fitria aka @mamahfaza disini

tips gapai mimpi finansial setelah nonton bluMusical
Awal bulan konglomerat, akhir bulan melarat.
Budget kecampur-campur.
Pasang target tabungan tapi engga kesampaian.
Niatnya nabung, tapi uangnya kepake.

Relatable banget gak nih? Pengen nangis dah.

Apalagi kalau menyimak pembahasan akun-akun financial planning di Instagram yang kelihatannya serba ideal: 

Usia 25 tahun idealnya udah punya tabungan 100 juta;
Keluarga dengan anak lebih dari satu idealnya punya dana darurat 12 kali pengeluaran bulanan;
Idealnya punya instrumen investasi ini dan itu;
... dan standar-standar ideal lainnya.

Lama-lama jadi minder dan overwhelmed dengan itu semua. Menghela napas dan mikir, "Kapan aku bisa kayak gitu? Bisa engga sih aku menggapai mimpi finansialku?"

Eh kok ndilalah di Hari Kemerdekaan Indonesia ke-76 kemarin dapet kesempatan nonton bluMusical  Mulai Langkahmu live di Youtube Channel "blu by BCA Digital".

 

Acara ini tuh awalnya kupikir semacam perkenalan aplikasi blu by BCA Digital. Eh ternyata engga loh. Ini tuh beneran drama musikal.

Ceritanya ada 10 orang dari berbagai latar belakang dan profesi. Yang awalnya ragu dengan masa depan finansial mereka, akhirnya bisa mantap mulai melangkah menata keuangan dengan lebih baik.

Dialognya dibawakan dengan nyanyian dan tarian yang indah dan uplifting. Alhasil nonton bluMusical setengah jam engga kerasa tiba-tiba udah abis. Saking serunya.

Apalagi bluMusical menampilkan musisi Yura Yunita sebagai main vocal. Ah dahlah.. Terbuai aku dalam merdunya suaranya.

bluMusical juga mendatangkan tiga entrepeneur muda yang memberikan rahasia untuk bisa menggapai mimpi finansial. Ini dia kata mereka.

1. Disiplin

Salah satu bintang tamu yang dihadirkan dalam bluMusical adalah Raymond Chin. Dia adalah CEO & Co-Founder Ternak Uang, aplikasi belajar investasi, saham, dan keuangan pribadi untuk generasi muda. 

Pesen Raymond, untuk bisa gapai mimpi finansial, kuncinya adalah disiplin dan fokus.

Disiplin dalam finansial berarti harus bisa membedakan antara kebutuhan dengan keinginan. Itu juga berarti kita harus bisa menentukan prioritas; mana yang penting dan mana yang bisa ditunda.

Menentukan budget adalah hal yang mutlak dilakukan dalam perencanaan keuangan. Kalau engga ada anggaran, wah rekening bisa jebol karena duit kita ngalir keluar terus.

Kategorikan pengeluaran menjadi beberapa pos, misalnya pos makan, pos senang-senang, pos sedekah, pos transportasi, dan lainnya. Pasang maximum limit atau batas maksimal pembelanjaan untuk masing-masing pos.

Kalau udah ada anggaran untuk masing-masing pos pengeluaran, kita harus disiplin dan stick to the budget. Jangan sampai melebihi anggaran, apalagi sampai berhutang untuk kebutuhan tersier #ups

Sebagai ibu dengan 3 anak, aku paling sering galau menentukan kebutuhan VS keinginan kalo udah urusan anak. Misalnya: buku.

Tentu saja buku itu penting untuk pendidikan dan perkembangan anak. Tapi kadang (atau sering ya? hehe..) dengan mengatasnamakan kebutuhan anak itu, aku jadi kalap belanja. Begitu lihat ada buku bagus, langsung dibungkus. Padahal ya engga harus kayak gitu juga.

Aku harusnya lebih bisa memilah dan memilih buku mana yang bener-bener dibutuhkan dan penting buat anak. Dengan disiplin dan stick to the priority, pengeluaran untuk anak mungkin bisa dihemat dan dialokasikan untuk simpanan masa depan.

Baca Juga: 5 Tips Andalanku untuk Atur Keuangan Keluarga

2. Fokus

Punya tabungan aja engga cukup loh ternyata. Kita harus spesifik menentukan target: kita mengumpulkan uang ini untuk apa?

Misalnya: usaha mengumpulkan dana darurat kah? atau sedang ingin berlibur kah? atau perlu upgrade laptop kah? 

Dengan punya target menabung yang jelas, kita jadi bisa lebih fokus. Duit itu terkumpul ada tujuannya. engga sekedar menimbun uang, hehe. Karena kalau engga ada target yang spesifik, bisa jadi kita mikirnya uang simpanan itu adalah uang nganggur, karena engga jelas mau buat apa.

Kalau mau dapet tips dan trik seputar enterpreneurship di usia muda, simak Youtube dan Podcast Raymond Chin "20Under20".


bluMusical tentang aplikasi blu by BCA Digital
Raymond Chin memberikan financial coaching

3. Sinergi

Jehian Panganian Sijabat, Founder of "Menantea" adalah narasumber lain yang dihadirkan dalam bluMusical. Jehian bilang, kunci gapai mimpi finansial adalah sinergi. 

Hmm. Bisa dipahami sih secara Jehian ini kan abangnya Jerome Polin, dan mereka berdua barengan membangun bisnis yang bergerak di bidang Food & Beverage yang sudah berhasil membuka 74 gerai di 17 provinsi ini.

Dalam kasusku, mimpi besar yang ingin aku wujudkan adalah punya mobil. Mungkin saja sampe sekarang mimpi itu belum kesampean karena suamiku masih berusaha sendirian untuk meraihnya.

Coba kalo aku juga bisa barengan suami mewujudkan mimpi itu. Misalnya dengan bekerja untuk menambah penghasilan dan tabungan, atau dengan melakukan penghematan besar-besaran.

Insya Allah mewujudkan mimpi finansial akan lebih enteng dan lebih cepet tercapainya. Because two is better than one, right?

Tabungan Online blu bantu gapai mimpi finansial
Tiga enterpreneur muda di bluMusical

4. Jangan Lewatkan Kesempatan

Eva Alicia adalah seorang pelukis yang juga jadi enterpreneur muda di bisnis customized jewellery berlabel "She Wears Gold".

Dia bilang, jeli-jeli lah melihat kesempatan yang ada di depan mata. Kalau saatnya sudah tepat, kita bisa buka pintu peluang itu.

Aku rasa tips ini cocok buat yang berkeinginan bikin bisnis sendiri. Pinter-pinter cari peluang dan langsung ambil kalo ada kesempatan bagus yang hadir di hadapan kita.

Baca Juga: 5 Pekerjaan dari Rumah yang Aku Lakoni Sebagai Work-At-Home Mom

5. Yang Penting Dilakuin

Salah satu slogan yang nyantol banget di kepala setelah nonton bluMusical adalah

#YangPentingLakuin

Ya gimana rencana mau terwujud kalo kita engga mulai? Rencana cuma akan terus jadi wacana. Jadi #MulaiLangkahmu sekarang. Perlahan tapi yakin. Berproses, berprogress, lama-lama jadi sukses.

Jangan takut ketinggalan dari orang lain, karena setiap orang punya timeline masing-masing. Yang penting terus berkembang. Syukur-syukur kalo dalam prosesnya kita juga bisa bantuin orang lain berkembang.

_________________________

Itu tadi 5 kunci gapai mimpi finansial yang aku dapetin setelah nonton bluMusical. Reliable banget lah karena sumbernya dari para entrepeneur muda yang sukses.

Terus, bagaimana kamu akan #MulaiLangkahmu?

Kalo aku sih akan mulai langkahku dari lebih disiplin mengatur budget. Terbantu banget sejak download aplikasi blu. Fitur bluSaving di Aplikasi blu by BCA Digital memungkinkan aku bikin hingga 10 sub-rekening dalam Tabungan Online blu yang bisa aku jadikan sebagai pos pengeluaran.

Jadi engga kuatir lagi bakal kebablasan transfer belanja sana sini sampai over budget karena ada anggarannya. 

nonton bluMusical
fitur bluSaving

Dengan fitur bluSaving, uangku jadi engga tercecer di berbagai rekening atau dompet digital. Karena semuanya jadi satu di Tabungan Online blu.

Tabungan Online blu ini adalah platform perbankan next generation by BCA Digital. Fiturnya sudah dirancang sedemikian rupa sehingga sesuai dengan gaya hidup masa kini kaya kita. Jaminan aman juga karena berada dalam pengawasan Otoritas Jasa Keuangan (OJK)


Ayolah! #MulaiLangkahmu menuju masa depan finansial yang cerah.
Engga usah ragu. #YangPentingLakuin dulu aja :)

download aplikasi blu
Tabungan Online blu by BCA Digital

Komentar

Santi Suhermina mengatakan…
Wow idealnya usia 25 itu udah punya 100juta pertama ya? Trus usia 25 ku kemarin dapat berapa huhu..
Gakpapa dah yg penting mulai sekarang kudu punya target menabung yg jelas ya biar fokus
Be numero uno mengatakan…
Seyuju deh sama slogan yang penting lakuin. Soalnya kadang kita suka mimpiin doank tapi nggak gerak-gerak buat ngewujudin.
Antung apriana mengatakan…
kalau aku suka nabung, mbak tapi pas targetnya tercapai malah sayang sama uangnya. hihi. akhirnya biasanya nabung itu lebih ke cadangan kalau ada pengeluaran tak terduga
Fenni Bungsu mengatakan…
Menurut daku teknik sosialisasi tentang keuangan dengan drama musikal seperti ini lebih mengena sih, dan bisa mudah diterapkan langsung
Fionaz mengatakan…
Mengatur keuangan emang penting banget ya mbak, jadi biar nggak keteteran saat butuh sesuatu yang tidak terduga.
Sayangnya aq sendiri belum bisa mengatur keuangan dengan baik nih
Qoty Intan Zulnida mengatakan…
Sama banget ini mba. Aku pun suka dan terbantu banget dengan aplikasi blu ini. Jadi bisa misahin rekening tabungan sesuai tujuannya ya.
Yusuf M N mengatakan…
Wiiih asyik banget ya nonton bluMusical. Bisa belajar financial yang tepat dan benar
Ghina Rahmatika mengatakan…
Kalau ada blu, jadi mimpi mamah faza untuk bisa punya mobil bisa segera terwujudkan ya, kan ada bluGether nih..jadi bisa nabung bareng-bareng nih
Akarui Cha mengatakan…
Nah lho disuruh fokus, nabungnya buat apa hihihi. Iya juga ya. Kalau nabung ya cuma nabung saja pada akhirnya akan ada jebol jebol tipis karena tujuannya belum ada. Apalagi kalau sudah galau bedain keinginan dan kebutuhan.
Mei Daema mengatakan…
penasaran jadinya pengen nonton, pastinya jadi seru ya nonton tayangan keuangan dikemas dalam bentuk musical gitu
K. Niken mengatakan…
Aku jadi ingat quote Raymond Chin, "Yang penting seberapa besar kita bermanfaat untuk orang lain". Ini bikin semangat untuk benar-benar paham literasi keuangan ya kak.
gustiyeni mengatakan…
Berasa ketampar baca ini, aku berasa masih abai dengan mengatur keuangan yang bener 😭😭
Yustrini mengatakan…
Asyik banget ya mbak acara blu, jadi tahu tentang banyak ilmu keuangan. Strateginya memang pake pos2 biar ga campur aduk hihi
iidyanie mengatakan…
Bener mba yang penting dilakuin aja dulu, jangan cuma wacana aja. Begitu juga dalam menabung, walau awal modalnya kecil tapi kalau konsisten pasti tercapai ya :)
Maria tanjung sari mengatakan…
Beneran kah usia 25 sebaiknya udh punya tabungan 100juta. Hiks, semoga aku bisa mewujudkannya sgeera. Aamiin
Sulis Nashwa Kirana mengatakan…
Setuju banget nih dengan kalimat jangan lewatkan kesempatan. Sebab kesempatan belum tentu datang dua kali. Jadi kita harus benar-benar dapat memanfaatkan kesempatan yang ada.
fanny_dcatqueen mengatakan…
Kuncinya memang disiplin dan fokus sih mba :D. Walopun sbnrnya aku nyeseeel banget kenapa mulai nabung pas udah nikah, bukannya pas masih single, di mana gaji waktu itu gede, tapi abis aja buat hangout. Baru setelah nikah tobat :p.

Kdg kalo dipikir, seandainya dulu disiplin, pasti udh kecapai semua target2 financial :D.

Tapi mending telat drpd ga mulai2 kaaan :D. Bagus nih BLU ada features misahin rekening. Krn memang hrs dipisah sih. Aku sendiri nabung utk target2 traveling, beli laptop baru, hp baru, itu ada tabungan khusus. Ga akan aku campur, supaya jelas alokasinya.

Kalo dicampur, pasti ntr bingung sendiri, dan seringnya malah kepake utk yg ga jelas kan
Tira Soekardi mengatakan…
makasih sharingnya
Latifah Desti mengatakan…
Fitur fitur dari blu Digital ini emang keren banget. Bener bener cocok sama filosofi anak milenial
Mutia Erlisa Karamoy mengatakan…
Aku juga nonton bluMusical nih, acaranya keren banget dan sangat menginspirasi terutama untuk generasi milenial agar mimpi dan cita-cita finansial tidak hanya sekadar wacana. Aku bahkan langsung buka tabungan online blu lho karena penasaran dengan fiturnya.
Tri Sulistiyowati mengatakan…
Kuncinya manteps. Disiplin yang kudu banget dilakuin..soalnya klo diamati, rata2 pada "bocor" pemasukannya karena kurang disiplin
Vinnis acrylic mengatakan…
Semangat fokus 💪
Thx u mba muna sharingnya 😍😍
Maalana AG mengatakan…
Senyummu mengalihkan titisan pantai selatan mbak, mantaaapppp

Jd pinisirin pileme, liat aahhhhh
Fatimah Aqila mengatakan…
Betul banget untuk menggapai mimpi finansial tuh emang harus disiplin dan fokus. Terkadang kalau kurang disiplin ya emang bikin ambyar. Apalagi kalau mengatur keuangannya udah gak sesuai budget yang ada, beuhh bisa-bisa bikin minus deh.
Han mengatakan…
Aku juga nonton ini nih. Paling suka dengan nasihat dari Raymond Chin bahwa pencapaian setiap orang itu beda2, nominalnya juga. Jadi fokus aja sama impian kita sekarang dan segera lakukan ngga usa ditunda2. Huhu ngena banget
Witri Prasetyo Aji mengatakan…
Awal bulan konglomerat, akhir bulan melarat.
Budget kecampur-campur.
Pasang target tabungan tapi engga kesampaian.
Niatnya nabung, tapi uangnya kepake.


Bener2 menampar dan aku ngalamin ini...hehehe


bluMusical ini emang acara keren dan aku jadi ada gambaran buat memanfaatkan memanfaatkan bluSaving
Widuri mengatakan…
Wah jd penasaran aplikasi blue saving hehee mau kepo2 aaah
Nyi Penengah mengatakan…
Bintang tamu di bluMusical bikin semangat usaha bangkit lagi, mau sukses harus nikmati proses ya Mbak. Asik
Siska Dwyta mengatakan…
Suka banget dengan drama musikalnya, nggak cuma menghibur tapi juga menginspirasi. Nah, noted banget nih dengan 5 kunci untuk gapai mimpi finansial. Paling penting juga poin terakhirnya itu ya #YangPentingLakuin makanya saya juga jadi gak ragu tuk memulai langkah dengan menjadi nasabah BCA digital :)
Blogger Kendal mengatakan…
memang pas banget dengan gaya hidup masakini. Tarik tunai bisa di ATM BCA dan pendaftarannya pun cukup sehari dan dari rumah.
Ghina Rahmatika mengatakan…
Pas nonton alu pun terpukau mba sama drama musikalnya. Tapi insecure jg 25 th aku malah belum menghasilkan uang nih. Yuk gapai mimpi lg bersama blu
Nanie mengatakan…
Salah satu quote favoritku pas nonton bluMusical kemarin itu : Setiap orang itu ada timing-nya, yang penting yakin, #YangPentingLakuin. Ga perlu noleh kiri kanan liat pencapaian si itu, si anu, si ono. Insya Allah kita akan tiba pada timing yang tepat, dengan memaksimalkan doa, ikhtiar dan tawakkal.
Priyani Kurniasari mengatakan…
Waah..mantap nih, udah mulai nabung dan bikin pos keuangan ya mbak.. inspiratif banget emang acaranya, aku kagum sama BCA digital. Bisa kepikiran mengenalkan literasi finansial lewat bluMusical ini dengan menarik dan gampang dipahami..salutt
Latifah Desti mengatakan…
keren banget emang bli digital ini, satu aplikasi dan satu rekening bisa ngecover banyak kebutuhan. apalagi acara bluMusicalnya, keren banget deh, bikin semangat dan menginspirasi banget
Unknown mengatakan…
Widiiiihhhhh.... keren pwol
Sri Atik mengatakan…
Yuk bisa yuk, bebas finansial di usia muda pake blu makin mudah atur semuanya
Tian Lustiana mengatakan…
Langsung tersuntik semangat setelah nonton blumusical ini yah.
Yurmawita mengatakan…
bluMusical memang keren banget nih konsepnya kita jadi kepengen ikutan juga punya mimpi besar finansial terarah
Nurhilmiyah mengatakan…
Disiplin, fokus, sinergi, jangan lewatkan kesempatan dan yang penting lakuin ya, noted, koentji menggapai mimpi2 finansial kita yang banyak, seneng banget bisa nonton bluMusical ya Mbak
Muhammad Rifqi Saifudin mengatakan…
Aku juga udah nonton bluMusical ini, emang jadi terbuka pikiranku tentang gimana sih seharusnya kita sama keuangan diri sendiri. Selama ini suka gak kepikiran sama uang bulanan, tiba-tiba habis aja gitu
Dian Restu Agustina mengatakan…
Aku jadi tertohok di bagian two is better than one.Jujur suami ada di zona nyaman menjadi karyawan. Dan itu bikin dia stuck merasa enggak berkembang. Lalu, rencana buka usaha dong buat megalihkan ide dan energi sekaligus nambah penghasilan. Tapi akunya ragu mulu, ntar kalau gagal gimana, sayang modalnya...dll. Baiklah aku dukung dulu biar sukses impian dia jadi impian kami.
Bagus sekali ini kunci gapai mimpi finansial yang didapetin setelah nonton bluMusical.
Susi Susindra mengatakan…
Disiplin, fokus, sinergi. Lakukan.
Ini modal yang kuat untuk menggapai kebebasan finansial.
Makasih ya tipsnya.
Diah Alsa mengatakan…
Nonton bluMusical ini tidak hanya menikmati musiknya saja tapi isi dari dramanya juga itu nampol banget deh buat kita bisa fokus dalam meraih mimpi finansial kita ya. Karena gak ada yang gak mungkin kalau kita berusaha dan #YangPentingLakuin
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Blu ini benar-benar secercah harapan ya mba agar kita bisa investasi karena sya pribadi suka tercampur tabungan utk kebutuhan dan utk investasi
Supadilah mengatakan…
Minder banget nih tapi emang benar adanya. Tentang keuangan ini memang banyak yang keteteran. Tapi jadi termotivasi untuk berubah setelah menonton blumusikal ini.
Khoirur Rohmah mengatakan…
Wahhh inspiratif banget mbak. 5 tips utk gapai mimpi finansial di atas betul banget.
Aku nih yg belum konsisten utk disiplin dalam mencatat cashflow pengeluaran
Oh ya, setelah nonton bluMusical aku termotivasi utk mewujudkan mimpi2 keuangan aku, mbak
Salahsatunya tentu dg nabung online di Aplikasi blu by BCA Digital
Chela Gurukecil mengatakan…
Langsung tertular inspirasinya setelah nonton bluMusical
Lasmicika mengatakan…
Saya butuh kunci lima ini nih, biar mimpi finansial cepat terwujud.
Shafira Adlina mengatakan…
wah mbak yura ini suaranya bagus banget ya, ide blumusical ini keren banget edukatif ke anak muda ya
Kornelius Ginting mengatakan…
drama musikal blu ini positif pas banget hadir ketika di tengah pandemi, memompa semangat kembali..
memang perlu disiplin dan fokus ya untuk bisa menggapai mimpi finansial, plus 3 kunci lainnya seperti pesan yang disampaikan blumusical ini, siip menginspirasi sekali
Aisyah Dian mengatakan…
Keren banget nih ya kak Blu musical, jadi terinpirasi banget nih jadinya Untuk banyak saving ya
Nanik nara mengatakan…
wah, sama kayak aku mbak kalau urusan buku, apalagi kalau lagi ada promo. Bisa kalap borong buku, akhirnya mengorek-ngorek dana darurat dengan pembenaran "buku nih investasi dan mumpung diskon"

Popular Posts

Les Coding Anak Tidak Susah Kok; Ini Pengalaman Anakku Ikut Kelas Hacktivkidz

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.  Alasan mendasar pengin mendaftarkan les coding anak buat Si Kakak, anak pertamaku, adalah karena gampang-gampang susah loh memilih aktivitas buat anak usia 11 tahun.  Aku pengin mencari kegiatan yang bisa jadi hobi dan kesibukan dia agar waktunya produktif, yang sesuai dengan minatnya, yang menantang, dan sekaligus yang bisa digunakan untuk mengasah keterampilan untuk karir di masa depan. Setelah selidik sana-sini, membandingkan ini-itu, dan musyawarah dengan Si Papah, alhamdulillah kami memutuskan bahwa kegiatan yang memenuhi semua kriteria di atas adalah BELAJAR CODING . "Hah? Coding ? Itu yang untuk membuat program komputer sama aplikasi hape itu kan? Belajar coding untuk anak apa engga terlalu susah?" I know.. I know..  Awalnya aku juga mikir gitu. Tapi setelah nyoba belajar di sekolah coding anak Hacktivkidz, kekhawatiran itu terpatahkan. Hacktivkidz by Hacktiv8 Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan yang memberikan p

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

Kombinasi Nutrisi & Kandungan Serum Pencerah Wajah Terbaik untuk Usia 20-an

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini Serum pencerah wajah terbaik bukan yang memutihkan ya! Mindset kita rasanya sudah lama 'diracuni' dengan standar kecantikan yang salah kaprah. 'Memiliki wajah berkulit putih' selalu yang digaungkan menjadi tujuan dalam rangkaian perawatan kulit wajah. Tidak jarang juga model iklan yang terpampang adalah bule atau eonni Korea dengan karakteristik kulit yang jauh berbeda dengan kulit kita. Padahal penduduk Indonesia kan termasuk dalam ras Malayan Mongoloid yang memiliki ciri khas warna kulit sawo matang. Pola pikir inilah yang perlu diubah mulai sekarang. Standar kecantikan wanita Indonesia seharusnya bukanlah yang berkulit putih. Meskipun dengan warna kulit agak kecokelatan, wanita Indonesia bisa tetap tampil cantik dengan kulit wajah cerah dan tidak kusam. Mindset  lain yang perlu diperbaiki adalah pentingnya asupan nutrisi untuk melengkapi perawatan kulit. Tidak cukup dengan produk perawatan wajah, pola makan, gaya