Langsung ke konten utama

Les Coding Anak Tidak Susah Kok; Ini Pengalaman Anakku Ikut Kelas Hacktivkidz

Assalamualaikum
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini. 

les coding anak

Alasan mendasar pengin mendaftarkan les coding anak buat Si Kakak, anak pertamaku, adalah karena gampang-gampang susah loh memilih aktivitas buat anak usia 11 tahun. 

Aku pengin mencari kegiatan yang bisa jadi hobi dan kesibukan dia agar waktunya produktif, yang sesuai dengan minatnya, yang menantang, dan sekaligus yang bisa digunakan untuk mengasah keterampilan untuk karir di masa depan.

Setelah selidik sana-sini, membandingkan ini-itu, dan musyawarah dengan Si Papah, alhamdulillah kami memutuskan bahwa kegiatan yang memenuhi semua kriteria di atas adalah BELAJAR CODING.

"Hah? Coding? Itu yang untuk membuat program komputer sama aplikasi hape itu kan? Belajar coding untuk anak apa engga terlalu susah?"

I know.. I know.. Awalnya aku juga mikir gitu. Tapi setelah nyoba belajar di sekolah coding anak Hacktivkidz, kekhawatiran itu terpatahkan.

Hacktivkidz by Hacktiv8

Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan yang memberikan pelatihan di bidang teknologi digital kepada perorangan maupun korporat. Pelatihan yang diberikan meliputi bahasa pemrograman seperti Python dan Golang, membangun aplikasi web dan mobile, menciptakan sebuah produk, UI/UX Design, juga pemasaran digital.

Keistimewaan. Hacktiv8 adalah Coding Bootcamp pertama di Asia yang tergabung dalam CIRR (Council on Integrity in Results Reporting). Ini adalah standar yang dikembangkan oleh sekelompok besar sekolah coding terpercaya yang menjunjung tinggi transparansi hasil belajar kepada calon siswa.

Dengan CIRR, janji tidak hanya janji. Hacktiv8 memberikan laporan secara terperinci dan transparan mengenai hasil belajar siswa per 6 bulan.

Seperti terlihat pada tangkapan layar di bawah ini, isi laporan CIRR bahkan mencakup hal-hal seperti: berapa banyak lulusan Hacktiv8 yang telah bekerja, berapa rata-rata gaji per tahun, dan jenis profesi yang sedang digeluti alumni Hacktiv8. Laporan ini dapat dengan bebas diakses di website resmi Hacktiv8.

Laporan CIRR Hacktiv8 periode Juli - Desember 2020

Sedangkan Hacktivkidz adalah sekolah coding anak di bawah naungan Hacktiv8. Disini, anak akan dikenalkan kepada keterampilan coding dengan konsep Pictoblox yang memungkinkan anak membuat program sendiri dengan animasi. Karena itulah, Hacktivkidz cocok menjadi tempat belajar coding untuk anak SD-SMP.

Ada 3 program belajar coding untuk anak yang ditawarkan Hacktivkidz: animation, art, dan games. Kelas Trial Gratis yang diikuti Si Kakak adalah untuk program coding for games.

Dalam 12 sesi program belajar coding for games yang dilangsungkan selama 6 minggu, anak akan ...

  • belajar logika programming;
  • berkenalan dengan Konsep Operator Logika;
  • belajar menggunakan aplikasi PictoBlox;
  • membuat berbagai jenis game dengan menambahkan storytelling;
  • praktik coding dasar untuk membuat game dengan kompleksitas tinggi, seperti game dengan 2 player, menambahkan Score dan Game Over.
Batch berikutnya dimulai sekitar akhir Januari 2022. Masih ada waktu buat kepoin website resminya dan mendaftarkan kursus coding untuk anak.

Pengalaman Anakku Ikut Kelas Coding di Hacktivkidz

Aku mendaftarkan anakku di kelas gratis yang diadakan oleh Hacktivkidz pada hari Jumat, 3 Desember 2021 lalu. Mayan kan? Itung-itung sebagai kelas trial. Ya gak? Hehehe..

belajar coding untuk anak
Kelas coding gratis yang diikuti oleh Si Kakak

Ada sekitar 30-an peserta yang bergabung di ruang pertemuan Zoom sore itu. Dipandu oleh Kak Gita, sang instruktur, anak-anak akan belajar membuat game sederhana menggunakan aplikasi Scratch.

Bagi yang belum tahu, Scratch adalah situs web berbasis block coding dan bahasa pemrograman visual yang memang ditargetkan sebagai media belajar coding untuk anak SD-SMP.

Rangkaian Aktivitas

Review Hacktivkidz berikut disusun berdasarkan kronologi aktivitas selama mengikuti kursus coding untuk anak di Hacktivkidz.

Mengakses Scratch. Pertana-tama, seluruh murid diminta untuk mengakses Scratch dari desktop. Idealnya setiap siswa memiliki akun di Scratch agar progress bisa tersimpan. Tapi karena proses membuat akun bisa memakan waktu cukup lama, maka tahapan tersebut sementara bisa dilewati.

Pengenalan kategori blok. Kak Gita memperkenalkan beberapa kategori coding block pada Scratch yang diperlukan dalam pembuatan game sederhana sore hari itu. Beberapa diantaranya adalah:

  • MOTION untuk mengatur gerakan karakter game;
  • CONTROL yang mengendalikan jalannya aliran pergerakan program;
  • LOOKS yang berkaitan dengan penampilan karakter game dan latar belakang;
  • SOUND yang berhubungan dengan memainkan berbagai macam suara.

Percobaan. Setelah perkenalan, anak anak diajak untuk mencoba menggunakan blocks tersebut satu persatu secara bertahap. 

  • Mengganti gambar latar belakang;
  • Menambahkan karakter;
  • Mengganti warna kostum karakter;
  • Menambahkan suara, baik musik latar belakang maupun efek suara gerakan. 

Di sini lah mataku mulai terbelalak keheranan. Jadi kan aku mendampingi Si Kakak terus selama kelas berlangsung, karena aku pengin tahu kayak gimana sih cara belajarnya dan gimana tanggapan Si Kakak.

Menurutku, ibu-ibu usia 32 tahun, penjelasan yang diberikan oleh instruktur tergolong cepat. Beliau tidak berlama-lama menjabarkan tentang satu hal lalu langsung praktik. Aku sendiri mengalami delay dalam memahami instruksi Kak Gita, wkwk. Tapi ternyata Si Kakak engga merasa ada masalah loh. Dia enjoy aja sepanjang kelas. 

kursus coding untuk anak
Mendampingi anak belajar coding bersama Hacktivkidz

Membuat game sederhana. Setelah peserta diberi kesempatan untuk mencoba-coba blocks di atas sehingga sedikit-banyak tahu cara kerjanya, sekarang saatnya untuk menggabungkan semuanya untuk membuat game

Kak Gita mengajak peserta untuk membuat game sederhana bertemakan pandemi, sebab karakternya adalah virus dan jarum suntik, hehe. Misi game ini adalah untuk menghancurkan sebanyak-banyaknya virus dengan jarum suntik. 

The fun begins. Nah disinilah keseruan dimulai. Anak-anak harus menggunakan pengetahuan dan pengalaman yang mereka dapatkan sebelumnya untuk menyusun perintah program.

Disini lah logika pemrograman mereka diasah: coding blocks apa yang harus digunakan? Bagaimana seharusnya gerakan karakter? Jika virus harus menghilang saat terkena jarum suntik, susunan coding blocks harus seperti apa? Perlu ditambahkan suara seperti apa agar game lebih seru? dan lainnya.

Trial and error. Setelah coding blocks disusun, anak-anak coba menjalankan perintah pemrograman tersebut. Sesuai ekspektasi kah? Jika tidak, apa yang terjadi? Apa penyebabnya? Apa yang salah? Apa yang harus diperbaiki atau diubah?

Kak Faza sempat beberapa kali merasa kebingungan, kayak "Loh. Sudah kuberi perintah seperti ini, tapi kok tidak berjalan sesuai keinginan. Apa yang salah ya?"

Tapi saat itu, dia langsung bertanya >> Kak Gita memberikan penjabaran singkat >> dia coba otak-atik lagi, dan raut muka kebingungan itu berubah menjadi kegirangan; seakan merasa puas karena telah berhasil memecahkan masalah.

Duh.. Hati Ibu mana yang tak bangga melihat anak menemukan momen keberhasilan dalam belajar seperti itu.

Presentasi. Tiba waktunya untuk unjuk gigi. Kak Gita mempersilakan beberapa peserta untuk share screen dan menjalankan program game sederhana yang sudah mereka buat.

Disini lah aku 

Challenge. Setelah berhasil membuat game sederhana di atas, Kak Gita memberikan tantangan untuk dikerjakan secara mandiri. Peserta ditugaskan untuk menambahkan karakter musuh (enemies) yang bisa mengurangi poin.

Tes kemampuan. Di akhir sesi, anak-anak mengerjakan beberapa soal pilihan ganda yang menguji pengetahuan tentang block coding. Diberi waktu 15 menit untuk menyelesaikannya.

sekolah coding anak
Tes pengetahuan block coding di akhir sesi

Kalau Mamah juga mau mengikutkan anaknya untuk ikut kelas coding gratis dari Hacktivkidz, buruan daftar, Mah! Ada Kelas Trial Gratis untuk tanggal 18 Desember 2021. Silahkan klik tautan sebelumnya, atau cari tahu info selengkapnya di Instagram @hacktivkidz.id

Manfaat Belajar Coding untuk Anak

Keistimewaan codingCoding merupakan cabang ilmu STEM (Science, Technology, Engineering, Math) yang mengajarkan anak-anak cara kerja internet. Coding juga merupakan keterampilan yang penting untuk ekonomi global yang most likely akan dikendalikan oleh kecanggihan teknologi.

Dengan belajar coding, anak-anak sedang membekali diri dengan keterampilan yang bisa membantu mereka siap menghadapi masa depan.

Keistimewaan anak yang belajar codingBeberapa studi menemukan bahwa anak-anak yang belajar coding dan logika pemrograman (programming logic) memiliki keunggulan dibandingkan dengan anak-anak yang tidak belajar. Berikut beberapa diantaranya:

  • Mampu memecahkan masalah dengan lebih baik;
  • Memiliki keterampilan penalaran analitis yang lebih kuat;
  • Menjadi lebih terlibat dan bertanggungjawab dalam proses belajar yang dijalani;
  • Mempunyai rasa ingin tahu yang lebih tinggi;
  • Memiliki dorongan untuk terus menambah pengetahuan.

Jadi, setelah tahu manfaat belajar coding untuk anak dan baca-baca review Hacktivkidz di atas, berminat daftarin les coding anak juga gak? Jawab di kolom komentar yaa.

Bagikan artikel ulasan ini pada Mamah-Mamah lain yang punya anak usia SD.

Komentar

Eka FL mengatakan…
Subhanallah, sekarang anak bisa mengenal koding sejak kecil ya. Minat bakat udah bisa di arahin sejak dini. Tapi ada kelasnya untuk emak emak gak ya? Perlu juga nih generasi kita belajar koding
admin/ hani mengatakan…
Keren banget, putranya mau belajar coding. Malah udah bisa bikin games sendiri. Bikin penasaran tuh kalau udah bisa. Bakalan nyoba lagi nyoba lagi...
fanny_dcatqueen mengatakan…
Aku nanti mau tanya si kakak deh, dia tertarik ga ikut begini. Secara kalo soal urusan gadget dan digital, dia malah LBH jago dr aku mba 🤣.

Tapi jujurnya, abis baca ini, aku justru pengen belajar jugaaaa. Tapi mau yg bener2 basiiiic, secara yaaa aku lumayan gaptek soal coding dkk nya ini. Jadi butuh pelajaran yg basicnya dulu 😄.
Ainun mengatakan…
Kaka luar biasa, dari umur 11 udah les coding. Aku sendiri pas udah gede gini aja.
Dengan belajar coding, membuat anak lebih teliti ya mbak
Ida Raihan mengatakan…
Wah kalo anak-anak mulai velajar dan paham coding pasti asik itu. Bagiku coding itu ilmu yang luar biasa.
http://kakilasak.com/ mengatakan…
aku juga kl denger coding aja udah langsung mumet hehe, tp bgs juga sejak kecil dah dikenalkan coding, apalagi kelasnya dibuat fun, seru
Masruhin Bagus mengatakan…
anak saya baru 3 tahunan, pengen juga ngelesin anak coding. tapi belum tau anak minat apa nggak nanti, soalnya belum kelihan minat dan bakatnya
Mutia Ramadhani mengatakan…
Suamiku bisa coding, ya dia bisa misalnya Python. Cuma kok buat ngajarin anak kayaknya kurang fun. Wkwkwk. Jadinya dia gak mau. Nyar ntar aja di-les-in katanya.

Padahal makin cepat anak diperkenalkan coding, justru makin bagus ya mba. Apalagi lihat si abang ni di foto, kayaknya fun banget gitu. Kesannya mereka gambar-gambar doang, padahal sebetulnya lagi belajar.
Ipeh Alena mengatakan…
Ini kelasnya masih dasar kan ya kak? Bisa enggak ya diikuti sama yang awam banget kayak aku? Pengen belajar coding juga jadinya. Tapi, masih awam banget, siapa tau justru bisa masuk juga gitu kalo ikut kelas yang buat anak-anak. Kan biasanya materinya dikemas dengan ringan sehingga mudah dimengerti gitu
Susi Susindra mengatakan…
Ini asyik banget sih.. jadi pengen ngursusin anak di hactivkidz deh. Tapi laptop cadangan kami ga mumpuni kayaknya. Menunggu laptop utama yang sedang diservis tapi somehow ga selesai-selesai.
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Sekarang anak sekolah saja yang masih di bangku SD gitu sudah mulai belajar coding ya mbak. Melatih kecerdasan otak banget sih ini menurut saya. Kira kira kalau saya kursus coding apa masih bisa memahami ya, hehehe
Annafi mengatakan…
Aku kagum banyak anak-anak yang mulai tertarik dengan coding, belajar sejak dini lebih baik ya mba. Aku setuju sama komentar dari mba Ipeh Alena, secara aku awam banget soal coding
Didik Purwanto mengatakan…
Anak2 kalo udah diiming2in game pasti suka. pelan2 diajarin juga tuh cara bikinnya. Materi di Hacktivkidz ini keren sekali ya kak. Anak ga cepat bosen meski materinya dianggap rumit bagi orng dewasa. Tp kalo ditekuni, ternyata asyik juga. Soalnya main logika.
sari widiarti mengatakan…
Seru ya bikin game dengan coding, biasanya hanya sebagai pemain, sekarang di balik layar. Ikutan kelas gratisnya kayaknya bikin nagih nih
gustiyeni mengatakan…
Informasinya bermanfaat sekali.sudah lamaa pengen ikutin anak2 kelas coding tp dulu oernah sih trial.coding game tp anaknya krg tertarik apa.dl krn masih kecil ya
Afin Yulia mengatakan…
Asyik banget kayaknya. Dari dulu kepingin belajar coding, cuma pas baca bukunya kok mumet. Sepertinya perlu ikut les gini, jadi nggak ngawamg😁.
Kata Nieke mengatakan…
Baca ceritanya seru sekali sampai saya kok jadi kepengin belajar coding kayak gitu. Tapi jangan-jangan saya ntar ngalamin juga delay kayak Mbak 🤭

Bagus banget aktivitasnya terutama yang pas bikin game tema pandemi.
Maria Tanjung mengatakan…
Kebayang anak serius belajar coding pasti seru ya mbak. Walau mgkin njelimet namun disitulah seninya agar anak juga lebih analitis
Yustrini mengatakan…
Wah asyik ada kursus coding untuk anak-anak. Ntar ah aku cari infonya di medsosnya Hacktiv.
Relinda Puspita mengatakan…
Apapun gak akan susah, ya, kalo disenangi, termasuk coding ini. Baru dengar aja, aku kebayang njelimetnya, meskipun gak anak-anak lagi.
lylamanzila mengatakan…
Wah menyenangkan dong ada cara untuk anak anak belajar coding. Secara sekarang coding jadi kebutuhan hal yang mensinyalir dunia digital.
Dizaz mengatakan…
Keren banget si kakak yang udah ikut les coding di Hacktivkidz. Si kakak di rumah harusnya dikasih lihat artikel ini kalau belajar coding itu menyenangkan dan tidak seserem yang dibayangkan. Makasih banget infonya bund.
Lintang mengatakan…
Ini mah seru yah, emaknya juga jadi ikutan pinter main eh bikin game sendiri. Mana temanya tentang pandemi yang relate banget dengan kondisi saat ini. Semangat terus!!
Fenni Bungsu mengatakan…
Belajar coding dari sejak kecil begitu jadi banyak hal yang dilatih ya. Hmm sepertinya buat ponakan daku bagus juga nih
Rani Yulianty mengatakan…
Seru banget belajar coding untuk anak di HacktivKidz, anak jadi bisa bikin game deh, banyak manfaat positif ya anak belajar coding
Kanianingsih mengatakan…
Terimakasih sharingnya kak. Coding ini penting ya di era digital seperti sekarang. Pasti banyak perusahaan yg akan butuh profesi programmer karena sekarang eranya serba online. Anak saya jg suka otak atik komputer Dia ikut klub komputer di sekolah. Mau tau lebih banyak Hactivkidz ah siapa tau nanti butuh les yg lebih serius
Hallowulandari mengatakan…
menarik banget yaa kursus coding anak begini, bisa jadi bekal juga buat pendidikan selanjutnya, pemiihans kill dan carrier pathway nya kelak
Muhammad Patintingan mengatakan…
Baca review Hacktivkidz rasanya kok gak sabar menunggu anak saya besar. Pasti asyik nih belajar coding disini. Cuma belum tau sih passion nya kemana, yang pastinya ini sudah jadi referensi saya untuk anak ke depannya.
Han mengatakan…
Keren bangett si dedek bisa anteng gituu ih, aku aja ngikut coding ngepull kepala ini wwkwk. Asyik keknya beljar coding sama hacktiv8 nih ya
Heizyi mengatakan…
Hebat banget ya kids zaman now. Umur segini idha bisa mainan kode. Bakalan bisa ciptain game sendiri nanti nih
lendyagasshi mengatakan…
Keren banget yaa...
Anak-anak zaman digital memang kudunya belajar bahasa pemrograman begini nih..
Perlu banget info mengenai kelas dan kurikulum Hacktivkidz by Hacktiv8.
Mei Daema mengatakan…
Ya ALlah kak saya dulu belajar koding pas kuliah S1, sekarang anak-anak SD-SMP sudah belajar coding ya, kalah start niy hehehe. tapi ini sebagai bukti kemajuan ilmu dan pengetahuan ya, anak-anak bisa belaajr lebih awal dan bisa diasah sejak kecil jika memang itu minatnya
Nathalia Diana Pitaloka mengatakan…
Seru banget ya ngajak anak belajar coding di hackyivkidz... Saya juga pernah coba-coba main scratch buat ngajarin anak, tapi anaknya kurang antusias, hiks...
Dee_Arif mengatakan…
sekarang ini belajar coding bisa dimulai sejak anak anak ya mbak
klo belajar coding di HacktivKidz ini seru ya mbak
coding jadi menyenangkan
Hamimeha mengatakan…
suamiku aku ceritaan bahwa ada kelas belajar codinginsting prgramernya berjalan,. katanya" harusnay sekolah2 memang memasukkan. materi coding sejak dini kekurikulum mereka."

ehm aku rasa dia perlu tahu ada kelas hacktivkidz ini ya biar anakny bisa ikutan hehehe tapi anakku masih 4 tahunnih
Pandu Husna mengatakan…
Makin canggih memang zaman sekarang. Zaman saya kecil mah ga kenal coding. Kenalnya maen layangan ..hehe

Tapi bermanfaat banget sih mengenalkan dunia coding sejak dini. Mengingat saat ini semua serba digital otomatis masa depan banyak lowongan kerja untuk para programmer...
Shinta Shyntako mengatakan…
menarik nih, secara anakku suka banget main roblox dan minecraft yang konon katanya cikal bakal belajar coding, jadi pengen tau lebih lanjut deh soal si hacktivkids ini
Wiwid Nurwidayati mengatakan…
iya, ya mbak memang nggak susah yang coding anak kemarin. Anakku juga ikut kelas trial kemarin, mbak. Seneng banget bisa bikin game.
umimami mengatakan…
kalau lihat anak anak belajar coding itu ko ya sepertinya mudah, emaknya yang disebelah mendampingi ko ya lebih lama mikirnya ya, umur memamng gak bohong ya^_^
Akarui Cha mengatakan…
Seru banget. Bahkan belajar coding-nya walaupun jarak jauh tapi terasa personal ya Mba. Anak anak pun senang pas belajar coding-nya.
Arai Amelya mengatakan…
ya ampun kayaknya bakal makin banyak generasi penerus bangsa yang sekarang masih piyik-piyik gini tertarik ke coding yak. Emang profesinya sangat menjanjikan sih dan untung aja ada Hactivkidz yang mewujudkanya, yah
Sapti nurul hidayati mengatakan…

Bagus sih, membuat anak jadi lebih percaya diri untuk mencoba hal-hal baru. Mumpung masih kecil, harus banyak bereksplorasi hal-hal positif...
Marita Ningtyas mengatakan…
Sekarang laptopku jadi sering dibajak ma anakku buat utak-atik Scratch nih mbak. Sejak ikut trial class di Hacktivkidz, semangat dia bikin game-game baru, hehe.
Diaz Bela mengatakan…
Waa asik banget nih.. ternyata nggak seserius itu ya mba berlajr coding anak di hactivkidz! Kalau anak yang belum pernah tahu coding sama sekali apa bisa juga ikutan kelas ini mba?
rhehanluvly mengatakan…
Kalau ingin tau lebih lengkap info kelasnya mesti hubungi siapa ya mbak? Jadi tertarik secara kemampuan digital saat ini cukup penting juga untuk profesi masa depan.
Richa Miskiyya mengatakan…
Kalo belajar coding gini minimal.usia berapa ya? Anakku masih TK boleh ikutan gk ya?
Panji Saputro mengatakan…
Ilmu pemograman memang sangat dibutuhkan ya ke depannya. Kira-kira anak mba, mau jadi ahli memogramkan apa nih?
Unknown mengatakan…
Mulai usia brpa sih bisa ikutan coding.. anakku 6tahun nih minat bakatnya sepertinya kesana.. aq baca stard SD.. klo kelas 1 terlalu dini atau udah bisa gk ya?
Andayani Rhani mengatakan…
Di era digital ini apa-apa serba mudah, termasuk kalau mau belajar ilmu baru. Pasti bermanfaat dan adik-adik seneng banget ada ikutan kelas coding inii

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH ... "Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits) ? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah sua