Langsung ke konten utama

Kombinasi Nutrisi & Kandungan Serum Pencerah Wajah Terbaik untuk Usia 20-an

Assalamualaikum
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini

banner artikel tentang kandungan serum pencerah wajah terbaik

Serum pencerah wajah terbaik bukan yang memutihkan ya!

Mindset kita rasanya sudah lama 'diracuni' dengan standar kecantikan yang salah kaprah. 'Memiliki wajah berkulit putih' selalu yang digaungkan menjadi tujuan dalam rangkaian perawatan kulit wajah.

Tidak jarang juga model iklan yang terpampang adalah bule atau eonni Korea dengan karakteristik kulit yang jauh berbeda dengan kulit kita. Padahal penduduk Indonesia kan termasuk dalam ras Malayan Mongoloid yang memiliki ciri khas warna kulit sawo matang.

Pola pikir inilah yang perlu diubah mulai sekarang. Standar kecantikan wanita Indonesia seharusnya bukanlah yang berkulit putih. Meskipun dengan warna kulit agak kecokelatan, wanita Indonesia bisa tetap tampil cantik dengan kulit wajah cerah dan tidak kusam.

Mindset lain yang perlu diperbaiki adalah pentingnya asupan nutrisi untuk melengkapi perawatan kulit. Tidak cukup dengan produk perawatan wajah, pola makan, gaya hidup, dan suplemen nutrisi yang tepat berperan penting juga dalam menjaga kesehatan kulit.

Pada artikel ini akan dibahas kombinasi nutrisi dan kandungan serum terbaik untuk mencerahkan wajah kusam.

Serum Wajah

Serum adalah produk pemakaian luar untuk perawatan wajah dengan tingkat kekentalan yang rendah (agak encer). Persentase kandungan bahan aktif dalam serum lebih tinggi (concentrated) sehingga dapat menembus permukaan kulit untuk hasil yang lebih optimal.

tekstur Pond's Triple Glow Serum
tekstur Pond's Triple Glow Serum yang cenderung encer

Kenapa harus pakai serum?

Pakai pelembab atau krim wajah aja engga bisa kah?

Meskipun tidak diwajibkan untuk memasukkan serum dalam rangkaian perawatan wajah, sangat disarankan untuk mengombinasikan serum dan pelembab wajah. 

Karena tekstur serum lebih ringan dan bertugas memberikan bahan aktif ke dalam kulit wajah dengan lebih cepat, serum diaplikasikan terlebih dahulu setelah membersihkan wajah. Setelah itu, untuk memaksimalkan manfaatnya, lapisi serum dengan pelembab atau krim wajah.

Jika ada masalah kulit seperti warna kulit tidak merata, kulit kusam, garis halus, atau jerawat, serum wajah bisa digunakan sebagai senjata untuk mengatasi masalah tersebut.

Pada umumnya ada beberapa jenis serum yang banyak beredar di pasaran: serum pencerah wajah, serum anti-aging, hydrating serum (melembabkan kulit kering), serum antioksidan, serum untuk kulit sensitif, dan serum untuk memperbaiki tekstur kulit.

Kandungan Serum Pencerah Wajah Terbaik

Diperlukan bahan aktif yang berbeda untuk setiap permasalahan kulit. Pastikan memilih kandungan serum yang sesuai dengan masalah kulit wajah. Berikut ini adalah kandungan yang sebaiknya dicari dalam serum pencerah wajah terbaik.

Glutathione

Glutathione adalah antioksidan alami yang terdiri dari tiga asam amino: sistein, asam glutamat, dan glisein. Glutathione secara alami diproduksi di liver dan berperan penting dalam meningkatkan metabolisme, respon imun, dan kesehatan.

Kandungan glutathione pada serum pencerah wajah dapat memberikan efek anti-aging. Ketika diberikan dalam dosis yang lebih tinggi, glutathione membalikkan proses metabolisme melanin (pigmen pemberi warna kulit) sehingga warna kulit gelap dapat berubah menjadi lebih terang. Dengan pemberian glutathione secara konsisten dan berkelanjutan, warna kulit dapat menjadi lebih cerah secara bertahap.

Hyaluronic Acid

Hyaluronic Acid termasyhur akan kemampuannya untuk membalikkan atau menghentikan penuaan (anti-aging). Zat aktif ini bahkan disebut-sebut sebagai "kunci awet muda". Karenanya, selain terkandung dalam serum pencerah wajah, Hyaluronic Acid juga digunakan sebagai bahan aktif dalam serum anti-aging dan hydrating serum.

Sebenarnya Hyaluronic Acid secara alami ditemukan dalam cairan sendi dan jaringan tubuh, termasuk jaringan kulit. Namun memasuki usia 20 tahun, Hyaluronic Acid akan mulai berkurang; dan pada usia 50 tahun akan berkurang hingga separuhnya. Pola makan juga mempengaruhi kadar Hyaluronic Acid dalam kulit dari waktu ke waktu. Untuk itulah diperlukan suplemen Hyaluronic Acid dalam produk perawatan kulit mulai usia 20-an.

Vitamin B3+

Vitamin B3+ dalam serum pencerah wajah berfungsi memperbaiki kondisi kulit yang rusak, seperti hiperpegmentasi serta kulit kering dan kusam akibat sinar matahari. Kandungan ini juga dapat menyamarkan pori dan garis halus untuk wajah tampak mulus dan terlihat muda.

Vitamin C

Sebenarnya kulit normal secara alami mengandung Vitamin C dalam jumlah tinggi. Namun akibat paparan lingkungan seperti sinar matahari, polusi, atau asap rokok, persentasinya makin menipis pada permukaan kulit terluar. Untuk itulah, asupan Vitamin C untuk kulit sangat diperlukan. 

Mengapa perlu ada kandungan Vitamin C dalam serum pencerah wajah terbaik? Lihat saja rentetan fungsi Vitamin C untuk kulit di bawah ini.

  • Menangkal radikal bebas dan membuang oksidan beracun;
  • menghambat hiperpegmentasi (kondisi munculnya bercak gelap pada kulit);
  • memberikan perlindungan yang signifikan terhadap penurunan kondisi kulit, seperti penuaan, kekeringan, dan kerutan; dan
  • melakukan regenerasi kulit setelah terpapar lingkungan yang merusak seperti debu dan polusi, atau bahan kimia.

POND'S Triple Glow Serum

Lalu serum apa yang cocok untuk kulit kusam?

Ada rekomendasi serum pencerah wajah yang cocok nih dengan kriteria di atas:

POND'S Bright Beauty Triple Glow Serum

Kandungan

Konsentrat serum POND'S Triple Glow Serum menggabungkan 3 kandungan terbaik serum pencerah wajah: Gluta-Boost-C yang mengandung glutathione, Vitamin B3+ dan Hyaluronic Acid. Kombinasi ini mampu bekerja 60 kali lebih efektif daripada produk dengan kandungan Vitamin C saja.

Daebak! Padahal Vitamin C saja benefitnya udah banyak bangettt. Kayaknya engga berlebihan lah ya kalau POND'S Triple Glow Serum bisa masuk nominasi serum pencerah wajah terbaik 2022.

serum untuk mencerahkan wajah kusam
Pond's Bright Beauty Triple Glow Serum & Mask

Cara Pemakaian

  • Tahap pertama dalam perawatan wajah tentulah cleansing alias membersihkan wajah.
  • Setelahnya, bisa menggunakan essence dulu atau langsung oleskan beberapa tetes POND'S Triple Glow Serum ke wajah dan leher. Tepuk-tepuk lembut untuk membantu penyerapan produk ke dalam kulit.
  • Lanjutkan dengan penggunaan pelembab wajah untuk mengunci kelembaban kulit dan memaksimalkan manfaat serum.

Kemasan

Hal lain yang menarik dari POND'S Triple Glow Serum adalah kemasannya. Jika umumnya serum dikemas dalam botol kaca berukuran 10 ml, serum pencerah wajah terbaru dari POND'S ini menyediakan kemasan sachet 7,5 gram.

Menurutku, tersedianya serum dalam kemasan sachet ini menguntungkan loh.

  • Pertama: karena ukurannya lebih kecil, otomatis harganya pun jauh lebih murah. Di Indomaret, POND'S Triple Glow Serum kemasan 7,5 gram harganya sekitar 18ribuan aja! Loh. Sek lebih mahalan boba, gaes. wkwk. Makanya kalau cari serum untuk mencerahkan wajah yang murah, POND'S Triple Glow Serum bisa jadi pilihan pertama.
  • Kedua: kita bisa gunakan serum kemasan sachet ini selayaknya tester. Setelah pemakaian selama kurang lebih 2 minggu, jika cocok, tentu kita bisa mantap beli lagi dan melanjutkan perawatan. Tapi seandainya tidak cocok, kita jadi tidak perlu patah hati karena harus buang produk padahal udah terlanjur beli mahal dan masih sisa banyak, huhu.

Setelah Pemakaian

Aku sendiri sampai saat ini masih rutin menggunakan rangkaian produk POND'S Age Miracle; mulai dari facial cleanser (pembersih wajah), day cream (krim pagi), dan night cream (krim malam). Karenanya aku engga ragu untuk mencoba serum pencerah wajah keluaran terbaru dari POND'S ini.

testimoni serum untuk mencerahkan wajah murah
kondisi kulit setelah pemakaian POND'S Triple Glow Serum

Karena teksturnya yang cenderung encer, serum dari POND'S ini bisa dengan mudah diratakan ke seluruh wajah. 1 tetes sebesar ujung jari bisa digunakan untuk 1 sisi pipi, wkwk. Jadi kira-kira diperlukan 3-4 tetes serum untuk dioleskan ke seluruh wajah dan leher.

Teksturnya sama sekali tidak lengket dan langsung meresap ke kulit segera setelah dioleskan. Seperti bisa terlihat pada afoto di atas, permukaan kulit pun tidak terasa dan tidak terlihat oily (berminyak) setelahnya. 

Karena aku udah lama pakai produk POND'S, jadi aku udah terbiasa dengan aromanya yang manis mirip wangi bunga. Bagi yang sensitif dengan wangi-wangian, mungkin bisa agak terganggu saat mengaplikasikan produk. Tapi jangan kuatir. Sebentar juga udah ilang kok wanginya.

Untuk yang punya kulit sensitif, jangan kuatir juga. Engga ada sensasi clekit-clekit kok saat dioleskan ke wajah. Serum untuk mencerahkan wajah kusam ini aman juga digunakan untuk kulit berjerawat. Saat pertama kali coba, ada beberapa jerawat kecil karena aku lagi menstruasi. Itu pun engga terasa perih kok setelah pemakaian.

Kombinasi Nutrisi yang Tepat

Tidak hanya dengan pemakaian produk face care secara rutin, perawatan kulit wajah perlu didukung juga dengan asupan nutrisi yang tepat. Jadi ikhtiar glowing dari luar dalam ya?! hehe..

Apa saja yang perlu dikonsumsi untuk memaksimalkan kerja serum pencerah wajah?

  • Pola makan sehat dengan banyak sayuran berdaun hijau, protein tanpa lemak, dan biji-bijian;
  • Vitamin C; bisa dengan suplemen atau konsumsi makanan yang kaya akan vitamin C seperti jeruk, stroberi, jambu merah, tomat, brokoli, paprika, bahkan cabai.
  • Vitamin B3+; bisa dalam bentuk suplemen atau sumber makanan seperti kalkun, ayam, produk olahan susu, hati, jamur, ikan, kacang polong, roti dan sereal.

Coba evaluasi pola makan dan gaya hidup untuk mencari tahu apa yang perlu diperbaiki. Jika perlu, bisa berkonsultasi dengan profesional, seperti ahli gizi atau dermatologis agar bisa mendapatkan saran sesuai kebutuhan.

Daftar Referensi:

Lindberg, Sara. 2020. What Are the Benefits of Using a Face Serum? https://www.healthline.com/health/benefits-of-face-serum

Priyadarshini, Anandmayi. 2015. Glutathione supplement for skin lightening and anti-ageing. https://www.longdom.org/proceedings/glutathione-supplement-for-skin-lightening-and-antiageing-3891.html

Pullar, Juliet M., Anitra C. Carr, and Margreet C. M. Vissers. 2017. The Roles of Vitamin C in Skin Health. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC5579659/

B Vitamins: Your Secret to Good Skin Health. https://www.tricitymed.org/2018/08/b-vitamins-secret-good-skin-health/

Understanding the Ingredients in Skin Care Products. 2019. https://my.clevelandclinic.org/health/articles/10980-understanding-the-ingredients-in-skin-care-products


serum apa yang cepat memutihkan?

serum apa yang bikin glowing dan putih?

serum apa yang cocok untuk kulit kusam?

serum yang bagus merk apa?

serum wajah terbaik 2021

serum untuk mencerahkan wajah dan harganya

Komentar

fanny_dcatqueen mengatakan…
Dulu ini skincare pertamaku pas SMP 😄. Eh tapi bukan varian serum ini, tapi Pond's yg awal2 masuk dulu. Kalo skr memang jujur aja aku udah ga pake secara usia udh nyaris 40, jadi lebih ke anti aging mba 😁. Mencerahkan itu bukan fokus utama ku lagi.

Tapi bisa banget sih cobain sheetmasknya. Kayaknya enak, apalagi kalo abis traveling panas2 kan 😄
Vicky Cahyagi mengatakan…
Triple glow serum Mask saya pernah coba, rasanya bikin adem wajah. Pas digunakan sebelum tidur malam
Kata Nieke mengatakan…
Udah nyobain make Ponds ini. Kulit jadi makin kenyal dan syukurlah gak ada iritasi di kulit saya.
Maria Tanjung Sari mengatakan…
Bener banget nih. Standar kecantikan perempuan Indonesia bukan seperti eonnie Korea ya mbak. Untung banget ada produk Pond's yang ramah di kulit hampir semua wanita Indonesia. Harga juga terjangkau.
atinnuratikah mengatakan…
Aku sudah pakai nih serum dari ponds.
Aku suka wanginya ya harumnya
Gak berlebihan.
iidyanie mengatakan…
Pond's Triple Glow ini memang lagi happening ya, suka sama kandungan yang terdapat di dalamnya seperti Glutathione dan hyaluronic acid, kerennya lagi harganya juga cukup terjangkau :)
Messagefromaleaf mengatakan…
Saya pakai ini juga, sejauh ini cocok ga ada masalah. Kulit wajah jadi lebih terawat & sehat. Serum saya kombinasikan dengan antiaging untuk malam hari dan pelembab dengan SPF untuk aktifitas siang hari supaya manfaatnya lebih maksimal.
Ranggi's Travel Story mengatakan…
Ponds ini emang produk baguss sudah ada sejak lama, sudah bagus ramah di kantong pulaa..
Lita Lestianti mengatakan…
Perawatan gini memang tidak hanya dari luar saja ya. Tapid ari dalam juga.. biar optimal

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

Les Coding Anak Tidak Susah Kok; Ini Pengalaman Anakku Ikut Kelas Hacktivkidz

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.  Alasan mendasar pengin mendaftarkan les coding anak buat Si Kakak, anak pertamaku, adalah karena gampang-gampang susah loh memilih aktivitas buat anak usia 11 tahun.  Aku pengin mencari kegiatan yang bisa jadi hobi dan kesibukan dia agar waktunya produktif, yang sesuai dengan minatnya, yang menantang, dan sekaligus yang bisa digunakan untuk mengasah keterampilan untuk karir di masa depan. Setelah selidik sana-sini, membandingkan ini-itu, dan musyawarah dengan Si Papah, alhamdulillah kami memutuskan bahwa kegiatan yang memenuhi semua kriteria di atas adalah BELAJAR CODING . "Hah? Coding ? Itu yang untuk membuat program komputer sama aplikasi hape itu kan? Belajar coding untuk anak apa engga terlalu susah?" I know.. I know..  Awalnya aku juga mikir gitu. Tapi setelah nyoba belajar di sekolah coding anak Hacktivkidz, kekhawatiran itu terpatahkan. Hacktivkidz by Hacktiv8 Hacktiv8 adalah lembaga pendidikan yang memberikan p

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH ... "Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits) ? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah sua