Langsung ke konten utama

Keliling Surabaya, Kegiatan Weekend Bersama Anak

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini..

ajak anak keliling surabaya saat akhir pekan

Saat akhir pekan tiba tapi tidak tahu mau apa dan kemana, pilihan terakhirku untuk 'menghibur' anak-anak biasanya adalah mengajak keliling Surabaya. Nah, supaya bisa bermanfaat untuk anak, aku jadikan kegiatan edukatif seperti ini selama perjalanan. Jadi kami tidak sekedar menghabiskan bensin keliling kota, haha..

Pasti tahu lagu "Havana"-nya Camila Cabello kan? Yang "Havana.. oh na na.." itu loh, Mah. Tahu kan?! Karena saking ngehitsnya, Cak Ikin, YouTuber domisili Surabaya bikin video "Havana" versi Suroboyo yang judulnya "Ngukur Dalan". Liriknya diganti dengan nama-nama kecamatan di Surabaya. Lucu! Coba lihat deh.

Si Kakak suka banget sama lagu parodi ini sampai dia hapal liriknya. Berarti dia juga jadi hapal nama-nama kecamatan di Surabaya dong. Menanggapi kegandrungan si Kakak terhadap lagu ini, maka tiba saatnya untuk membawa apa yang sudah dia ketahui dari dunia maya ke dunia nyata. Sudah bagus kan dia sekarang jadi tahu nama-nama daerah di Surabaya. Biar tidak sekedar tahu namanya saja, weekend lalu si Kakak diajak untuk 'ngukur dalan' muterin Surabaya sambil dikenalkan pada wilayah-wilayah yang dia lewati. Mudah-mudahan dengan dia makin kenal dengan kota tempat tinggalnya, dia bisa makin cinta dan makin perduli. Aamin.


Keliling Surabaya Bermanfaat

Untuk memaksimalkan kegiatan weekend lalu, agar gak sekedar jalan-jalan, tapi juga sambil belajar, ini yang aku lakukan:

1) Sebelum berangkat, direncanakan dulu rute mana yang akan dilewati

Diputuskan untuk mengambil rute Wonokromo - Joyoboyo - Gunung Sari - Karah - Jambangan - Pagesangan - Gayungan - Jemursari - Prapen - Bratang, dikarenakan perjalanan yang harus ditempuh tidak terlalu jauh, mengingat kami naik motor dan bawa bayi.

2) Kami tunjukkan tempat-tempat khas daerah-daerah yang dilewati.

Di rute tersebut, kami bisa tunjukkan diantaranya ada stasiun dan DTC di Wonokromo, ada terminal bemo di Joyoboyo, dan Jembatan Rolak di Gayung Sari.


3) Ajukan pertanyaan

Selama perjalanan, si Kakak terus ditanyai untuk ngecek apa dia paham atau tidak, semacam, "Kak.. di Joyoboyo tadi barusan ada apa, Kak?" Ini penting dilakukan untuk si Kakak yang sering gagal fokus. Kalau enggak, bisa-bisa udah dikasih tau macem-macem, si Kakak malah ngelamun sendiri #sigh
Selain itu, si Kakak ditanyai juga untuk memancing rasa ingin tahunya, semacam, "Wih.. Kak, di depan ada masjid gede banget tuh. Masjid apa ya namanya?"

4) Akan lebih bagus sebenernya kalau bisa mampir ke beberapa tempat khas yang dilewati

Sayangnya, si Kakak gak sempet mampir mana-mana. Padahal ada beberapa kegiatan weekend seru dan tempat yang oke untuk dikunjungi di rute tersebut. Misalkan, di Lingkungan Sehat Kampung Wisata Jambangan, si Kakak bisa tau bahwa Surabaya punya pusat daur ulang sampah, dengan harapan dia bisa lebih perduli untuk memilah-milah sampah, mana yang masih bisa didaur ulang mana yang tidak. 

Atau si Kakak bisa jalan-jalan santai di seputaran Masjid Nasional Al-Akbar Surabaya, ditambah bisa naik ke menara dan memandang Surabaya dari ketinggian. Ah.. seharusnya weekend lalu bisa lebih seru. Oke. Masuk bucket list rencana weekend-weekend selanjutnya insha Allah!

Karena si Kakak dengan rapinya menggambar satu-satu semua nama kecamatan yang disebutkan di video dan kasih tanda mana-mana aja yang udah dilewati, rencananya sih si Kakak masih pengen ke daerah-daerah lain yang belum 'disambangi'.

Barangkali weekend belum tau mau ngapain sama anak-anak, ya mungkin bisa juga 'ngukur dalan' kayak Cak Ikin muteri Suroboyo sambil mengenalkan kota tempat tinggalnya.

Happy weekend, Papah Mamah!

ajak anak keliling surabaya saat akhir weekend

Komentar

  1. Kayanya seru ya liburan akhir tahun ke surabaya. Biar bisa ngerasain naik havana

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi.
Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan.

Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit. Mamah harus check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi, kecuali ada kondisi yang mengharuskan Mamah tingg…

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log.
Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah.
Let's get it!
MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan. Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah..

Baca juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker
MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA? Be…

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza di sini..




Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah.
Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan.

HABIT TRACKER ADALAH... 
"Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits)?
Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah …