Senin, 14 Januari 2019

TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya

TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya

Kalau cari tempat wisata di Surabaya yang keren dan menarik untuk dikunjungi, salah satu pilihannya adalah TAMAN. Iya, taman! Per 2018 lalu, dikutip dari Tribunnews, Surabaya sudah mempunyai 35 taman dan masih membangun beberapa lainnya.

Taman-taman di Surabaya memang pantas dibanggakan. Dengan biaya masuk gratis, disana warga Surabaya bisa hunting spot foto yang bagus, wisata kuliner, atau sekedar duduk santai. Tapi awas jangan berdua-duaan! Di setiap taman di Surabaya sudah terpasang tanda "Dilarang Pacaran" loh

Taman-taman di Surabaya juga sering menjadi tujuan wisata keluarga saat weekend karena dilengkapi dengan fasilitas ramah anak. Taman bermain dengan ayunan & the geng sudah pasti ada. Beberapa taman juga dilengkapi dengan lapangan futsal, lapangan basket, bahkan tur menyusuri sungai dengan perahu motor. Gimana? Masuk, Pak Eko?

Beberapa waktu lalu, saya main-main ke satu taman yang belum pernah saya kunjungi di daerah Kenjeran:

Taman Suroboyo


LOKASI TAMAN SUROBOYO

Taman Suroboyo ini letaknya pas di sebelah Pantai Kenjeran dan pas di seberang Sentra Ikan Bulak. Kalau ada yang pernah ke Jembatan Surabaya, nah Taman Suroboyo ini ada di dekat situ. Bahkan sebenarnya beberapa tempat rekreasi di Surabaya Utara berjajar berdekatan di Kecamatan Kenjeran ini.

Kalau kita datang dari arah selatan, secara berurutan kita melewati KenPark (dengan patung gurita di gerbang masuknya; lokasi Atlantis City), Pantai Kenjeran Lama (dengan dermaga kayu yang menjorok ke laut), Jembatan Surabaya (lokasi Air Mancur Menari - yang hanya dinyalakan tiap Sabtu malam, btw), dan Taman Suroboyo ini.

Kalau kita datang dari arah selatan, selama beberapa menit, kita akan berkendara di sepanjang Jl. Pantai Kenjeran dengan laut yang menghampar di sebelah timur. Ah.. I recommend to roll your windows down. Rasakan segarnya angin laut sepanjang perjalanan. Apalagi kalau cuacanya tidak begitu panas. Perfect 

Nah, begitu terlihat tulisan TAMAN SUROBOYO terbentang di sebelah timur, langsung melipir aja ke parkiran, pemirsah..

BISA NGAPAIN AJA DI TAMAN SUROBOYO?

Taman Suroboyo ini bisa jadi pilihan tempat wisata ramah anak di dalam kota. Hampir semua aktifitas yang bisa dilakukan disini sepertinya memang dikhususkan untuk anak-anak. Bapak-bapak, Ibu-ibu, Mas dan Mbak juga bisa menikmati menghabiskan weekend disini kok.

1) Tersedia beberapa slides (apa sih Bahasa Indonesianya? Prosotan? Seluncuran? Ya itu deh. Tahu kan?!), tapi hanya sedikit, kurang dari lima. Tapi jangan khawatir. Kalau semua mainan di taman bermain penuh terpakai, masih ada permainan lainnya.

2) Kita bisa menyewa mobil mini bertenaga aki seperti yang ada di mall-mall. Untuk anak yang masih terlalu kecil dan belum bisa "menyetir", si pengelola bersedia mengemudikan mobilnya dengan remote. Sayangnya untuk Si Kakak yang sudah 8 tahun, semua mobil mini ukurannya terlalu kecil buat dia. Jadi skuter mini lebih cocok. Belajar nyetir sepeda motor, katanya. Satu kali sewa lamanya sekitar 15 menit.




3) Taman Suroboyo ini ideal dipakai untuk bermain layang-layang karena angin memang berhembus sangat kencang mengingat lokasinya yang bersebelahan langsung dengan pantai. Jangan khawatir, disana beberapa penjual layangan sudah tersedia. Ya meskipun beberapa diantara layang-layang yang ditawarkan kualitasnya tidak begitu bagus sih menurut saya, karena hanya terbuat dari plastik kemasan bekas dan batang lidi, tapi lumayan lah kalau hanya untuk anak-anak. Mereka udah seneng banget walau hanya pegang talinya dan melihat layang-layang mereka terbang meliuk-liuk di udara tertiup angin kenceng. Lagipula mereka juga gak bisa terbangkan layang-layang yang bener kan.


4) Selain bermain layang-layang, bermain gelembung sabun / bubbles juga asik loh. Karena anginnya kenceng kan ya, gelembungnya bisa langsung beterbangan gitu. Berasa syuting video klip. Iya, tenang. Banyak penjual gelembung sabun kok disana. Cobain yang pake tongkat dan tali untuk bikin gelembung jumbo. Seru.

TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya
Cobain bikin gelembung jumbo yang kayak gini | ilustrasi by Kevin Schmid

5) Ada banyak perahu nelayan tradisional yang melayani tur menyeberangi Selat Madura. Sepertinya mereka pelayan lokal yang menyewakan perahu mereka untuk mengantarkan penumpang beberapa kilometer ke tengah laut, lalu kembali lagi. Sayangnya, karena saya tidak bisa berenang, saya harus melewatkan kegiatan yang satu ini; dan karena saya paranoid, saya juga tidak mengijinkan anak-anak saya berlayar ke tengah laut tanpa ada pelampung yang disediakan.

6) Sudah ada di tepi pantai, jangan sampai melewatkan wisata kulinernya. Di sepanjang pantai, berjajar pedagang kaki lima yang menggelar lapak dengan berbagai menu ditawarkan. Lontong Kupang dan Sate Kerang jadi menu wajib lah pasti. Tapi yang lain juga banyak kok. Tinggal pilih aja: camilan macam gorengan, sempol, cireng and the geng; atau makanan berat macam Sate Ayam. Minumnya mau dalam kemasan botol atau es kelapa muda segar - tinggal pilih.

7) Satu hal yang gak boleh ketinggalan ya, buibuk: belanja. Mumpung ada di area pesisir, boronglah sepuasnya berbagai produk olahan laut: ikan panggangan, bermacam-macam keripik dan kerupuk, berbagai bentuk kerajinan tangan, atau bahan makanan kering macam petis, terasi and the geng. Tinggal ke seberang jalan, ada Sentra Ikan Bulak (SIB). Tapi kabar-kabarnya, bangunan yang ditujukan untuk relokasi pedagang kaki lima ini sudah bertahun-tahun sepi pengunjung. Masih banyak pedagang yang berjajar di pinggir jalan. Entah karena ini maka SIB jadi sepi, atau karena SIB sepi jadi mereka balik lagi ke jalanan? Entahlah. Butuh investigasi lanjutan untuk mengetahui jawabannya.


TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya


BIAYA KEGIATAN DI TAMAN SUROBOYO

Masuk taman gratis.
Parkir sepeda motor Rp3.000
Parkir mobil Rp5000
Naik perahu mulai dari Rp10.000
Mobil / skuter mini Rp10.000 per anak, atau Rp15000 per dua anak dalam satu mobil.
Berbagai makanan, snack dan minuman mulai Rp1000

YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT KE TAMAN SUROBOYO

Karena Taman Suroboyo ini lokasinya pas di sebelah pantai, jadi ya anggap saja seperti pergi ke pantai. Seperti daerah pantai pada umumnya, suhunya pasti lebih panas. Jadi, sunblock SPF tinggi wajib hukumnya kalau Mamah tidak mau berakhir dengan kulit gosong yes.

Jangan lupa bawa kacamata hitam juga, atau pake topi sekalian juga gak papa deh. Dari ekspresi kami di foto ini kelihatan sudah jelas ya bagaimana silaunya pantulan cahaya matahari di air laut. Serius silau banget! Ini demi keamanan mata Mamah juga biar gak kena radiasi sinar UV.


KESIMPULAN

Taman Suroboyo ini beneran salah satu taman di Surabaya dengan fasilitas yang istimewa. Kita jalan-jalan di taman tapi berasa kayak di pantai. Serius. Angin lautnya healing banget. Menyegarkan. Seakan semua penat dan stres dihempaskan oleh hembusannya, haha.. Apalagi pas cuacanya mendung-mendung manjah. Ah, udah. Berasa kayak pingin gelar kasur aja deh disana.

Tapi sayangnya karena lokasi Taman Suroboyo di Kenjeran yang jauh dari rumah, mungkin saya tidak akan bisa sering datang kesana. Yang jelas, saya masih ingin kesana lagi. Masih banyak spot yang belum sempat kami jelajahi waktu itu karena mendung gelap keburu datang. Berhubung ada empat anak kecil, kami buru-buru pulang sebelum hujan.

Yang udah pernah main ke Taman Suroboyo, apa nih yang saya lewatkan dari kunjungan saya kesana? Dengar-dengar kita bisa jalan-jalan ke kampung nelayan yang rumah-rumahnya didekorasi warna-warni gitu ya? Bener gak sih?

Kalo yang lain gimana?
Mau coba main ke Taman Suroboyo weekend ini bareng anak-anak?

3 komentar:

  1. Kebetulan banget niiih mampir disini ..., soalnya mamaku minggu depan akan plesiran ke Surabaya bareng beberapa sodara.

    Lokasi taman Surabaya ini akan kurekomendasikan buat mamaku untuk dikunjungi juga.

    Terimakasih infonya, kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama..
      Mungkin bisa dipertimbangkan waktu berkunjungnya, karena cuaca Surabaya di siang hari sungguh aduhai panasnya, Kak. Hehe.. Agak sorean mungkin lebih adem, sekalian liat sunset cantik. Haha..

      Hapus
  2. Taman Suroboyo ini juga tempat main favorit anak saya. Sebulan sekali kami ke sini, karena anak saya senang main perosotan di sini. Saban kali habis main di Taman Suroboyo, kami biasa ke Sentra Ikan Bulak untuk makan malam.

    Oh ya, sebetulnya SIB itu memang sepi di lantai bawah, karena belum banyak pedagang ikan yang mau memperpanjang sewa di sana. Akan tetapi, lantai atas dari gedung SIB cukup menarik karena di sana banyak depot yang menjual menu makan seafood. Saya sendiri berulang kali makan malam di lantai atas SIB karena selain pilihan seafoodnya banyak, pemandangannya menarik, juga karena pelayanan warung-warungnya cukup cepat.

    BalasHapus

Baca Buku untuk Bayi — Gimana Caranya?

Baca Buku Untuk Bayi - Perlukah? Mungkin timbul anggapan bahwa bayi masih belum mengerti saat orang tua membacakan buku, karena mereka...