Langsung ke konten utama

TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya

TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya

Kalau cari tempat wisata di Surabaya yang keren dan menarik untuk dikunjungi, salah satu pilihannya adalah TAMAN. Iya, taman! Per 2018 lalu, dikutip dari Tribunnews, Surabaya sudah mempunyai 35 taman dan masih membangun beberapa lainnya.

Taman-taman di Surabaya memang pantas dibanggakan. Dengan biaya masuk gratis, disana warga Surabaya bisa hunting spot foto yang bagus, wisata kuliner, atau sekedar duduk santai. Tapi awas jangan berdua-duaan! Di setiap taman di Surabaya sudah terpasang tanda "Dilarang Pacaran" loh

Taman-taman di Surabaya juga sering menjadi tujuan wisata keluarga saat weekend karena dilengkapi dengan fasilitas ramah anak. Taman bermain dengan ayunan & the geng sudah pasti ada. Beberapa taman juga dilengkapi dengan lapangan futsal, lapangan basket, bahkan tur menyusuri sungai dengan perahu motor. Gimana? Masuk, Pak Eko?

Beberapa waktu lalu, saya main-main ke satu taman yang belum pernah saya kunjungi di daerah Kenjeran:

Taman Suroboyo


LOKASI TAMAN SUROBOYO

Taman Suroboyo ini letaknya pas di sebelah Pantai Kenjeran dan pas di seberang Sentra Ikan Bulak. Kalau ada yang pernah ke Jembatan Surabaya, nah Taman Suroboyo ini ada di dekat situ. Bahkan sebenarnya beberapa tempat rekreasi di Surabaya Utara berjajar berdekatan di Kecamatan Kenjeran ini.

Kalau kita datang dari arah selatan, secara berurutan kita melewati KenPark (dengan patung gurita di gerbang masuknya; lokasi Atlantis City), Pantai Kenjeran Lama (dengan dermaga kayu yang menjorok ke laut), Jembatan Surabaya (lokasi Air Mancur Menari - yang hanya dinyalakan tiap Sabtu malam, btw), dan Taman Suroboyo ini.

Kalau kita datang dari arah selatan, selama beberapa menit, kita akan berkendara di sepanjang Jl. Pantai Kenjeran dengan laut yang menghampar di sebelah timur. Ah.. I recommend to roll your windows down. Rasakan segarnya angin laut sepanjang perjalanan. Apalagi kalau cuacanya tidak begitu panas. Perfect 

Nah, begitu terlihat tulisan TAMAN SUROBOYO terbentang di sebelah timur, langsung melipir aja ke parkiran, pemirsah..

BISA NGAPAIN AJA DI TAMAN SUROBOYO?

Taman Suroboyo ini bisa jadi pilihan tempat wisata ramah anak di dalam kota. Hampir semua aktifitas yang bisa dilakukan disini sepertinya memang dikhususkan untuk anak-anak. Bapak-bapak, Ibu-ibu, Mas dan Mbak juga bisa menikmati menghabiskan weekend disini kok.

1) Tersedia beberapa slides (apa sih Bahasa Indonesianya? Prosotan? Seluncuran? Ya itu deh. Tahu kan?!), tapi hanya sedikit, kurang dari lima. Tapi jangan khawatir. Kalau semua mainan di taman bermain penuh terpakai, masih ada permainan lainnya.

2) Kita bisa menyewa mobil mini bertenaga aki seperti yang ada di mall-mall. Untuk anak yang masih terlalu kecil dan belum bisa "menyetir", si pengelola bersedia mengemudikan mobilnya dengan remote. Sayangnya untuk Si Kakak yang sudah 8 tahun, semua mobil mini ukurannya terlalu kecil buat dia. Jadi skuter mini lebih cocok. Belajar nyetir sepeda motor, katanya. Satu kali sewa lamanya sekitar 15 menit.




3) Taman Suroboyo ini ideal dipakai untuk bermain layang-layang karena angin memang berhembus sangat kencang mengingat lokasinya yang bersebelahan langsung dengan pantai. Jangan khawatir, disana beberapa penjual layangan sudah tersedia. Ya meskipun beberapa diantara layang-layang yang ditawarkan kualitasnya tidak begitu bagus sih menurut saya, karena hanya terbuat dari plastik kemasan bekas dan batang lidi, tapi lumayan lah kalau hanya untuk anak-anak. Mereka udah seneng banget walau hanya pegang talinya dan melihat layang-layang mereka terbang meliuk-liuk di udara tertiup angin kenceng. Lagipula mereka juga gak bisa terbangkan layang-layang yang bener kan.


4) Selain bermain layang-layang, bermain gelembung sabun / bubbles juga asik loh. Karena anginnya kenceng kan ya, gelembungnya bisa langsung beterbangan gitu. Berasa syuting video klip. Iya, tenang. Banyak penjual gelembung sabun kok disana. Cobain yang pake tongkat dan tali untuk bikin gelembung jumbo. Seru.

TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya
Cobain bikin gelembung jumbo yang kayak gini | ilustrasi by Kevin Schmid

5) Ada banyak perahu nelayan tradisional yang melayani tur menyeberangi Selat Madura. Sepertinya mereka pelayan lokal yang menyewakan perahu mereka untuk mengantarkan penumpang beberapa kilometer ke tengah laut, lalu kembali lagi. Sayangnya, karena saya tidak bisa berenang, saya harus melewatkan kegiatan yang satu ini; dan karena saya paranoid, saya juga tidak mengijinkan anak-anak saya berlayar ke tengah laut tanpa ada pelampung yang disediakan.

6) Sudah ada di tepi pantai, jangan sampai melewatkan wisata kulinernya. Di sepanjang pantai, berjajar pedagang kaki lima yang menggelar lapak dengan berbagai menu ditawarkan. Lontong Kupang dan Sate Kerang jadi menu wajib lah pasti. Tapi yang lain juga banyak kok. Tinggal pilih aja: camilan macam gorengan, sempol, cireng and the geng; atau makanan berat macam Sate Ayam. Minumnya mau dalam kemasan botol atau es kelapa muda segar - tinggal pilih.

7) Satu hal yang gak boleh ketinggalan ya, buibuk: belanja. Mumpung ada di area pesisir, boronglah sepuasnya berbagai produk olahan laut: ikan panggangan, bermacam-macam keripik dan kerupuk, berbagai bentuk kerajinan tangan, atau bahan makanan kering macam petis, terasi and the geng. Tinggal ke seberang jalan, ada Sentra Ikan Bulak (SIB). Tapi kabar-kabarnya, bangunan yang ditujukan untuk relokasi pedagang kaki lima ini sudah bertahun-tahun sepi pengunjung. Masih banyak pedagang yang berjajar di pinggir jalan. Entah karena ini maka SIB jadi sepi, atau karena SIB sepi jadi mereka balik lagi ke jalanan? Entahlah. Butuh investigasi lanjutan untuk mengetahui jawabannya.


TAMAN SUROBOYO: Rekomendasi Tempat Wisata Keluarga di Surabaya


BIAYA KEGIATAN DI TAMAN SUROBOYO

Masuk taman gratis.
Parkir sepeda motor Rp3.000
Parkir mobil Rp5000
Naik perahu mulai dari Rp10.000
Mobil / skuter mini Rp10.000 per anak, atau Rp15000 per dua anak dalam satu mobil.
Berbagai makanan, snack dan minuman mulai Rp1000

YANG PERLU DIPERHATIKAN SAAT KE TAMAN SUROBOYO

Karena Taman Suroboyo ini lokasinya pas di sebelah pantai, jadi ya anggap saja seperti pergi ke pantai. Seperti daerah pantai pada umumnya, suhunya pasti lebih panas. Jadi, sunblock SPF tinggi wajib hukumnya kalau Mamah tidak mau berakhir dengan kulit gosong yes.

Jangan lupa bawa kacamata hitam juga, atau pake topi sekalian juga gak papa deh. Dari ekspresi kami di foto ini kelihatan sudah jelas ya bagaimana silaunya pantulan cahaya matahari di air laut. Serius silau banget! Ini demi keamanan mata Mamah juga biar gak kena radiasi sinar UV.


KESIMPULAN

Taman Suroboyo ini beneran salah satu taman di Surabaya dengan fasilitas yang istimewa. Kita jalan-jalan di taman tapi berasa kayak di pantai. Serius. Angin lautnya healing banget. Menyegarkan. Seakan semua penat dan stres dihempaskan oleh hembusannya, haha.. Apalagi pas cuacanya mendung-mendung manjah. Ah, udah. Berasa kayak pingin gelar kasur aja deh disana.

Tapi sayangnya karena lokasi Taman Suroboyo di Kenjeran yang jauh dari rumah, mungkin saya tidak akan bisa sering datang kesana. Yang jelas, saya masih ingin kesana lagi. Masih banyak spot yang belum sempat kami jelajahi waktu itu karena mendung gelap keburu datang. Berhubung ada empat anak kecil, kami buru-buru pulang sebelum hujan.

Yang udah pernah main ke Taman Suroboyo, apa nih yang saya lewatkan dari kunjungan saya kesana? Dengar-dengar kita bisa jalan-jalan ke kampung nelayan yang rumah-rumahnya didekorasi warna-warni gitu ya? Bener gak sih?

Kalo yang lain gimana?
Mau coba main ke Taman Suroboyo weekend ini bareng anak-anak?

Komentar

Himawan Sant mengatakan…
Kebetulan banget niiih mampir disini ..., soalnya mamaku minggu depan akan plesiran ke Surabaya bareng beberapa sodara.

Lokasi taman Surabaya ini akan kurekomendasikan buat mamaku untuk dikunjungi juga.

Terimakasih infonya, kak :)
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Sama-sama..
Mungkin bisa dipertimbangkan waktu berkunjungnya, karena cuaca Surabaya di siang hari sungguh aduhai panasnya, Kak. Hehe.. Agak sorean mungkin lebih adem, sekalian liat sunset cantik. Haha..
Vicky Laurentina mengatakan…
Taman Suroboyo ini juga tempat main favorit anak saya. Sebulan sekali kami ke sini, karena anak saya senang main perosotan di sini. Saban kali habis main di Taman Suroboyo, kami biasa ke Sentra Ikan Bulak untuk makan malam.

Oh ya, sebetulnya SIB itu memang sepi di lantai bawah, karena belum banyak pedagang ikan yang mau memperpanjang sewa di sana. Akan tetapi, lantai atas dari gedung SIB cukup menarik karena di sana banyak depot yang menjual menu makan seafood. Saya sendiri berulang kali makan malam di lantai atas SIB karena selain pilihan seafoodnya banyak, pemandangannya menarik, juga karena pelayanan warung-warungnya cukup cepat.
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Wah.. Terimakasih banyak atas rekomendasi tempat makannya.
Btw, apa food court-nya hanya buka malam hari?
Fanny F Nila mengatakan…
Kalo aja Deket, udah aku datangin mba :). Di Jakarta sih udah mulai banyak jg taman2. Tp aku belum pernah liat yg paket komplit kayak taman Suroboyo ini.. yg segalanya ada. Palingan kalo di JKT taman biasa, ada sedikit wahana permainan anak kayak slide dan swing. Beberapa penjual ada sih. So far kalo taman yg bagus gitu adanya di area Tangerang sana, yg mana jauuuuuh dr rumahku di Rawamangun hahahaha.. makanya anak2 jarang main ke taman mba, paling mentok yg Deket rumahku cm taman jogging :D.
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Iya sih memang begitu permasalahannya di kota2 besar padat penduduk. Surabaya hanya sangat beruntung walikotanya begitu memprioritaskan ruang terbuka hijau, jadi tiap tahun taman2 di Surabaya terus bertambah.
Rey - reyneraea.com mengatakan…
waktu terakhir ke sana, tamannya masih dibikinin patung, jadi nggak ramai nih, sekarang kayaknya ramai ya, saya suka di pantainya tuh, udah bersih banget, sekilas kayak pasir bersih hahahah
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Sama, Mbak. Terakhir kali kesana patungnya masih belum jadi. Mbak Rey kesana pagi, siang, atau malem? Aku pengen banget kesana lagi pas malem. Suasananya pasti beda. Mau coba kulineran juga.

Popular Posts

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH ... "Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits) ? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah sua

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: 5 Kunci Wujudkan Mimpi Finansial MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA?