Langsung ke konten utama

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: FUTURE LOG

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

tutorial bullet journal indonesia untuk pemula future log
 

Mamah membuka amplop coklat yang baru saja diantar Pak Pos. Ternyata surat pemberitahuan pajak tanah dan rumah.
Tanggal Jatuh Tempo: 24 April 2020.
"Hmmm.. Masih lama kok. Oke", pikir Mamah. 
Lalu Mamah taruh amplop itu di atas meja.
Fast forward 5 bulan kemudian, Mamah harus membayar denda karena terlambat membayar.
via GIPHY

Pernah mengalami hal semacam ini? Aku juga. Yah, karena segala yang  hanya diawang akan hilang setelah ditinggal tidur. Tapi semuanya berubah, bukan sejak negara api menyerang, tapi sejak ku mengenal bullet journal dan memanfaatkan Future Log

APA ITU FUTURE LOG DI BULLET JOURNAL?


Future Log jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan (tentang) yang Akan Datang", dan biasanya Future Log dibuat untuk kurun waktu satu tahun.
 Jadi Future Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam setahun secara sekilas (a year in a glance).

Idealnya memang Future Log dibuat di awal tahun, tapi tidak harus seperti itu. Kapan pun kita mulai menggunakan buku atau jurnal baru, itulah saatnya Future Log dibuat.

Jika rencana kegiatan dan peristiwa yang terjadi dalam bulan ini kita catat dalam Monthly Log (Catatan Bulanan), maka jadwal acara atau rencana kegiatan untuk beberapa bulan ke depan kita catat dalam Future Log.


Baca Juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker

FUTURE LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA?

Karena Future Log digunakan untuk mencatat jadwal acara, rencana kegiatan, dan events dalam satu tahun ke depan, maka Future Log cocok banget digunakan untuk mencatat:

  • Tanggal jatuh tempo pembayaran (seperti kasus si Mamah yang kena denda pajak di atas).
  • Ulang tahun.
  • Perayaan hari jadi (anniversary)
  • Acara tahunan rutin, seperti tamasya kantor, evaluasi tahunan, dan lainnya.
  • Garis waktu (timeline) perencanaan proyek.
  • Tanggal merah atau hari libur nasional.
  • Rencana liburan tahun ini.
  • Kalender akademik sekolah anak.
  • Jadwal imunisasi anak,
  • dan lainnya.

CARA MEMBUAT FUTURE LOG DI BULLET JOURNAL

Future Log selalu dibuat di awal kita pakai jurnal atau buku baru. Tidak harus di awal tahun, meskipun idealnya begitu.
Misalnya, kita sudah menghabiskan 1 buku bullet journal sampai bulan Mei. Berarti kita harus ganti buku baru untuk bulan Juni kan?! Nah, di buku baru ini kita bikin Future Log lagi, dimulai dari bulan Juli tahun ini sampai Juni tahun depan.

Ada berbagai cara membuat Future Log, tinggal pilih yang tampilannya paling sesuai dengan kebutuhan dan mudah kita mengerti. Selama ini ada dua tampilan Future Log yang pernah ku buat: (1) kalender mini mendatar dan (2) kalender mini menurun.

Untuk membuat tampilan Future Log dengan kalender mini mendatar, cukup tulis kalender setiap bulan dalam setahun di atas halaman jurnal. Tergantung besarnya buku, biasanya lebar 1 halaman buku A5 cukup untuk menulis kalender 3 bulan. Berarti kita butuh 4 halaman untuk tampilan Future Log seperti ini.

bullet journal idea indonesia future log
Future Log dengan kalender mini mendatar

Sedangkan untuk membuat tampilan Future Log menurun, kalender mini tiap bulan ditulis di bagian samping halaman jurnal, entah sisi kanan atau kiri. Tergantung besarnya buku, panjang halaman buku ukuran B5 cukup untuk menulis kalender 3 bulan. Berarti kita butuh 4 halaman untuk tampilan Future Log menurun seperti ini, sama dengan tampilan mendatar.


bullet journal idea indonesia future log
Future Log dengan kalender mini menurun

Selanjutnya, kita bisa tuliskan urutan tanggalnya, seperti ini:


bullet journal idea indonesia future log
Tulisan urutan tanggal pada Future Log

Di Future Log tahun lalu, ku tidak tuliskan urutan tanggalnya. Jadi, kapan pun ada events atau jadwal kegiatan baru, langsung ku tulis di bawahnya. Tanggalnya jadi tidak berurutan dan kurang sistematis menurutku. Jangan-jangan nanti tetap ada events yang terlewatkan.


bullet journal idea indonesia future log
Kurang sistematis tanpa tanggal yang berurutan

Setelah itu kita bisa mulai menulis events apa yang akan diadakan atau jadwal acara apa yang akan dilaksanakan di bawah kalender masing-masing bulan tersebut. Kita bisa mulai dengan hari ulang tahun, hari jadi, dan hari libur nasional. Misalnya 5 November adalah hari ulang tahun suami saya, Idul Fitri tahun ini jatuh pada tanggal 23 dan 24 Mei, dan seterusnya. Selanjutnya, kita bisa menambahkan rencana kegiatan, jadwal kegiatan, atau events lainnya.


TIPS:
Gunakan kode warna (color code) untuk beberapa "aspek" kegiatan dalam hidup, misalnya keluarga, pekerjaan, personal, urusan rumah, dan lainnya. Sebagai contoh nih, beberapa kode warna yang ku pakai adalah: hijau untuk Si Kakak, ungu untuk Si Adik, biru untuk pekerjaan dan blogging.
Jadi, setiap ada kegiatan yang berhubungan dengan Si Kakak, misalnya, ku pakai warna hijau untuk memberi tanda. Dengan memberikan kode warna pada kalender di Future Log, secara sekilas kita bisa melihat kegiatan apa saja yang terjadi di tahun ini: lebih banyak urusan pekerjaan kah, atau mengurus kegiatan Si Kakak yang makin padat kah.

bullet journal idea indonesia future log
Kode warna (color code) di Future Log

Baca Juga: 4 Cara Bullet Journal Bisa Memudahkan Hidupmu Sebagai Ibu

CARA MENGGUNAKAN FUTURE LOG DI BULLET JOURNAL

Setelah selesai dibuat, Future Log siap digunakan. Begini cara menggunakannya:
  1. Selalu migrasikan / pindahkan jadwal dari Future Log ke Monthly Log saat bulannya tiba. Cek highlight story "Bullet Journal" di Instagram @mamahfaza untuk tutorial cara migrasi dari Future Log ke Monthly Log.
  2. Update selalu Future Log. Setiap ada jadwal kegiatan baru untuk beberapa bulan ke depan, segera tambahkan di Future Log. Begitu juga setiap ada events atau peristiwa penting yang terjadi tahun ini, tambahkan juga di Future Log. Misalnya, saat Bapak saya meninggal bulan Mei lalu, dengan berat hati ku tuliskan memori itu di Future Log. Jadi saat kita menilik kembali Future Log yang terdahulu, kita bisa melihat kilas balik major events yang terjadi tahun itu.
  3. Persiapkan rencana jangka panjang di Future Log. Misalnya, sehubungan dengan Idul Fitri yang jatuh pada bulan Mei, kita bisa tuliskan rencana "hunting tiket kereta mudik" di bulan Maret.
  4. Optional: Untuk akses yang lebih mudah, kita bisa bookmark Future Log dengan washi tape, atau paper clip. Jadi kalau kita mau merujuk kembali pada Future Log, lebih gampang menemukan dan membalik halamannya.

Selain untuk mencatat rencana jangka panjang, Future Log di bullet journal bisa menjadi semacam kaleidoskop atau kilas balik kegiatan dan kejadian selama setahun. Itu artinya, selain untuk perencanaan masa depan, Future Log juga bisa menjadi catatan memori di masa lalu.
Itulah kenapa Future Log wajib ada di bullet journal.

Gimana? Sudah siap bikin Future Log di bullet journal?
Kalau sudah bikin, share denganku yah lewat DM atau tag Instagram @mamahfaza
I'd looove to see your creation.

Happy bullet journaling & being organized!

bullet journal indonesia pemula future log

Komentar

Mba TeNgu mengatakan…
Aku pake future log cuma baru buat nandain beberapa hari libur aja. Belum sampe konsisten ke tagihan jatuh tempo. Kayanya udah kudu pake cara gini deh ya. Mengingat tagihan domain juga harus dicatat
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Tagihan domain, haha.. Iya betul, terutama tagihan2 yang tidak rutin bulanan/tahunan, jadi cenderung lupa. Pernah dulu, pajak motor 2 gak kebayar sampe hampir setahun. Yuk mari dendanya menggunung..
ewafebri mengatakan…
Alhamdulilah tahun 2020 pake yang udah ada tenplatenya. Jadi udah gak bikin future log lagi. Tinggal di isi ke template bulanannya langsung. Hihi..
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Ah, I see. Kalo planner itu buat setahun ya, Mbak? Enak langsung ke Monthly yah..
Shanty Dewi Arifin mengatakan…
Makasih banget ide warna untuk tiap tema tertentu. Saya kadang masih bingung membedakan urusan nulis, rumah, sama keluarga.
Muna Fitria Hidayat mengatakan…
Sama-sama :) Color-coding itu penting sih buat yang multi-tasking. Jadi kelihatan terpilah-pilah gitu kalau dikasih kode warna. Happy bullet journaling, Mbak! :)

Popular Posts

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH ... "Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits) ? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah sua

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: 5 Kunci Wujudkan Mimpi Finansial MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA?