Langsung ke konten utama

Ide Permainan Untuk Balita Aktif #2: Loncati Hewan Buas

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

blog banner artikel ide permainan untuk balita aktif

Permainan untuk balita kali ini berfokus pada kemampuan motorik kasar balita usia sebelum 36 bulan. Dalam KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan) balita usia 36 bulan, salah satu poin indikator menyebutkan:

Letakkan selembar kertas seukuran buku di lantai. Apakah anak dapat melompati bagian lebar kertas dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari? 

Artinya, balita usia 36 bulan diharapkan bisa meloncat dengan kedua kaki paling tidak selebar buku.
Karena itulah, ku ajak Sha (usia 36 bulan per April 2020) melakukan sebuah permainan untuk melatih keterampilan meloncat. Apalagi di masa #dirumahaja seperti sekarang, permainan ini bisa membantu anak menyalurkan energinya.

Loncati Hewan Buas

Cocok untuk anak usia 1 - 3 tahun

Persiapan Bermain

Mamah bisa cari gambar hewan-hewan buas di Internet kemudian cetak di kertas A4. Kali ini aku ambil gambar 3 hewan buas: buaya, ular, dan macan.
Mamah juga bisa gambar sendiri kalau bisa.
Fotokopi sesuai kebutuhan.

Di rumahku, ada lorong kecil di depan kamar tidur.
Bariskan gambar hewan buas di lantai hingga "menutup jalan".
Mamah bisa minta si batita untuk membantu menjejerkan gambar di lantai.

permainan balita untuk melatih keterampilan meloncat

Cara Bermain dengan Balita

Sebelum disusun di lantai, tunjukkan gambar hewan-hewan buas pada balita.
Minta mereka menyebutkan nama hewan apa saja itu.
Mamah bisa menunjukkan bahwa hewan tersebut punya gigi dan cakar tajam yang menandakan hewan tersebut berbahaya.
Berlagaklah takut. Ini adalah poin yang penting sih menurutku, haha. Mamah harus bisa meyakinkan balita untuk berusaha menghindari gambar hewan buas tersebut.
Time for pretend play. Mamah dan balita bisa berpura-pura menjadi penjelajah hutan, atau tiba-tiba ada hewan buas masuk ke dalam rumah, atau apa pun. Buat sendiri cerita versi Mamah dan balita.
 

Minta balita untuk meloncat dengan kedua kaki untuk menghindari hewan-hewan buas tersebut.
Agar lebih menantang, Mamah bisa meminta anak untuk memindahkan barang dari ujung lorong ke ujung lainnya.
Mamah juga bisa meminta anak untuk mengambil hadiah setelah berhasil melewati rintangan sebagai motivasi.

permainan balita untuk melatih keterampilan meloncat

Salah satu pertimbangan penting dalam menentukan permainan anak adalah memastikan anak dapat melatih salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam tumbuh kembangnya lewat permainan tersebut.
Jangan sampai anak melewatkan milestones dan tertinggal tahap tumbuh kembangnya ya, Mah.

Selamat berloncatan dengan riang bersama anak, Mah.

Komentar

  1. eh lucuuuu nih Mbaaa :D tapi printer saya rusak, jadinya nggak bisa ngeprint-ngeprint :D
    Kayaknya menarik diganti benda lainnya ya, misal boneka, saya punya banyak boneka nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh lah, Mbak. Kalo pakai boneka malah kayaknya bisa lebih real. Sayangnya ku tak punya banyak boneka, jadi pakai gambar. Kebalikannya kita yah, haha..

      Hapus
  2. wah unik juga ya permainannya,

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL (Hari Perkiraan Lahir) Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar - karena sebelumnya saya sudah melahirkan melalui bedah Caesar sebanyak dua kali - maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi.
Semua Mamah pasti setuju, begitu masuk bulan ke-8 kehamilan, badan mulai terasa tidak nyaman (lagi). Ukuran badan sudah menjadi berkali lipat, termasuk perut yang makin besar menyesuaikan berat si janin yang sudah 2 kiloan. Apalagi kalau si janin sudah masuk panggul, ... *tarik nafas dalam *hembuskan Rasanya makin tidak sabar menunggu hari kelahiran tiba.

Sambil menunggu hari-H, ada beberapa hal yang bisa Mamah lakukan untuk 'membunuh waktu'; melupakan segala ketidaknyamanan dan menggantikannya dengan kesenangan. Bisa dengan berbelanja kebutuhan bayi(siapa yang tidak riang hatinya saat shopping?), mendekorasi atau menata u…

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log.
Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah.
Let's get it! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan. Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah..

Baca juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA? Be…

Memilih Krim Sretch Mark Aman Untuk Ibu Hamil | Review Mama's Choice Sretch Mark Cream

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

"Gatel itu emang paling enak kalo digaruk"

Bener gak nih, Mah? Tapi kalau menggaruk perut yang gatal saat hamil, wah, bisa bahaya. Ketika hamil, kulit akan meregang bersamaan dengan makin besarnya ukuran perut. Ini menyebabkan robekan pada lapisan bawah kulit, lalu timbul garis-garis warna merah atau cokelat. Kalau Mamah garuk, rasa gatalnya bisa makin menjadi, lalu bisa muncul stretch mark.
Di saat seperti inilah krim stretch mark datang sebagai penyelamat.
MAMA'S CHOICE Coba Mamah google "stretch mark cream". Hasilnya? Foto produk Mama's Choice Stretch Mark Cream seperti di atas yang langsung muncul. Penasaran dong kenapa produk ini bisa tampil di hasil pencarian teratas Google, lalu ku cobalah Mama's Choice Stretch Mark Cream ini.
Mama's Choice fokus menyediakan produk aman untuk ibu dan bayi. Setiap produk dibuat dengan bahan natural yang terpercaya, halal, bebas toksin, dan tanpa bahan ki…