Langsung ke konten utama

Ide Permainan Untuk Balita Aktif #2: Loncati Hewan Buas

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

blog banner artikel ide permainan untuk balita aktif

Permainan untuk balita kali ini berfokus pada kemampuan motorik kasar balita usia sebelum 36 bulan. Dalam KPSP (Kuisioner Pra Skrining Perkembangan) balita usia 36 bulan, salah satu poin indikator menyebutkan:

Letakkan selembar kertas seukuran buku di lantai. Apakah anak dapat melompati bagian lebar kertas dengan mengangkat kedua kakinya secara bersamaan tanpa didahului lari? 

Artinya, balita usia 36 bulan diharapkan bisa meloncat dengan kedua kaki paling tidak selebar buku.
Karena itulah, ku ajak Sha (usia 36 bulan per April 2020) melakukan sebuah permainan untuk melatih keterampilan meloncat. Apalagi di masa #dirumahaja seperti sekarang, permainan ini bisa membantu anak menyalurkan energinya.

Loncati Hewan Buas

Cocok untuk anak usia 1 - 3 tahun

Persiapan Bermain

Mamah bisa cari gambar hewan-hewan buas di Internet kemudian cetak di kertas A4. Kali ini aku ambil gambar 3 hewan buas: buaya, ular, dan macan.
Mamah juga bisa gambar sendiri kalau bisa.
Fotokopi sesuai kebutuhan.

Di rumahku, ada lorong kecil di depan kamar tidur.
Bariskan gambar hewan buas di lantai hingga "menutup jalan".
Mamah bisa minta si batita untuk membantu menjejerkan gambar di lantai.

permainan balita untuk melatih keterampilan meloncat

Cara Bermain dengan Balita

Sebelum disusun di lantai, tunjukkan gambar hewan-hewan buas pada balita.
Minta mereka menyebutkan nama hewan apa saja itu.
Mamah bisa menunjukkan bahwa hewan tersebut punya gigi dan cakar tajam yang menandakan hewan tersebut berbahaya.
Berlagaklah takut. Ini adalah poin yang penting sih menurutku, haha. Mamah harus bisa meyakinkan balita untuk berusaha menghindari gambar hewan buas tersebut.
Time for pretend play. Mamah dan balita bisa berpura-pura menjadi penjelajah hutan, atau tiba-tiba ada hewan buas masuk ke dalam rumah, atau apa pun. Buat sendiri cerita versi Mamah dan balita.
 

Minta balita untuk meloncat dengan kedua kaki untuk menghindari hewan-hewan buas tersebut.
Agar lebih menantang, Mamah bisa meminta anak untuk memindahkan barang dari ujung lorong ke ujung lainnya.
Mamah juga bisa meminta anak untuk mengambil hadiah setelah berhasil melewati rintangan sebagai motivasi.

permainan balita untuk melatih keterampilan meloncat

Salah satu pertimbangan penting dalam menentukan permainan anak adalah memastikan anak dapat melatih salah satu keterampilan yang dibutuhkan dalam tumbuh kembangnya lewat permainan tersebut.
Jangan sampai anak melewatkan milestones dan tertinggal tahap tumbuh kembangnya ya, Mah.

Selamat berloncatan dengan riang bersama anak, Mah.

Komentar

  1. eh lucuuuu nih Mbaaa :D tapi printer saya rusak, jadinya nggak bisa ngeprint-ngeprint :D
    Kayaknya menarik diganti benda lainnya ya, misal boneka, saya punya banyak boneka nih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh lah, Mbak. Kalo pakai boneka malah kayaknya bisa lebih real. Sayangnya ku tak punya banyak boneka, jadi pakai gambar. Kebalikannya kita yah, haha..

      Hapus
  2. wah unik juga ya permainannya,

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi.
Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan.

Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit. Mamah harus check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi, kecuali ada kondisi yang mengharuskan Mamah tingg…

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini..

Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log.
Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah.
Let's get it!
MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan. Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah..

Baca juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker
MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA DIGUNAKAN UNTUK APA? Be…

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza di sini..




Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah.
Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan.

HABIT TRACKER ADALAH... 
"Habit Tracker" diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti "Pencatat Kebiasaan". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan (tracking habits)?
Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan baik (habit). Saat kita ingin mengubah …