Langsung ke konten utama

Agar ASI Lancar & Luka Setelah Melahirkan Cepat Sembuh: Review Herba ASIMOR

Assalamualaikum, Mamsi (Mama ASI).
Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.

blog banner herba asimor

Sebagai Pejuang Kasih, kita pasti akan mencari cara agar ASI lancar setelah melahirkan supaya berhasil memberikan ASI eksklusif untuk bayi. Karena meskipun secara alami mempunyai kemampuan untuk menyusui bayi, nyatanya menyusui tidak semudah itu. Ya kan, Mamsi?! Banyak tantangan yang harus dilewati selama perjalanan mengASIhi anak.

Tantangan Selama Menyusui

Dalam perjalananku mengASIhi ke-3 anakku, bisa dibilang aku termasuk beruntung. Di saat Mamsi lain mengalami kesusahan dan kebingungan bagaimana agar ASI lancar setelah melahirkan, aku bisa langsung dengan mudah menyusui ke-3 bayiku. ASI-ku langsung keluar saat dihisap bayi pertama kali. Tidak ada masalah dengan puting yang tenggelam. Pelekatan mulut bayi saat menyusu juga bagus. Alhamdulillah wa syukurillah. Namun, tantangan mulai muncul saat aku menyusui anak ke-3, Baby El.

Produksi ASI Berkurang

Saat timbang berat badan rutin di usia 5 bulan, ketahuan bahwa bobot Baby El sama dengan bobotnya bulan lalu. Mengingat Baby El hanya minum ASI eksklusif dan tidak dalam keadaan sakit, hal ini menandakan Baby El kekurangan ASI. Harus kuakui bahwa pada masa itu, aku sedang dalam keadaan tidak baik. Kedua orangtuaku meninggal hanya berselang 10 bulan. Hati yang berduka, kondisi psikologis yang terganggu, dan stres membuat produksi ASI-ku berkurang. Akibatnya, berat badan Baby El tidak bertambah sama sekali. Setelah itu, aku berusaha mencari cara agar ASI lancar kembali. Namun sayangnya, ...


Bayi Alergi Susu Sapi

Susu mengandung asam folat, kalsium, dan lemak tak jenuh, yang tidak hanya membantu meningkatkan produksi ASI, tapi juga memastikan ASI mengandung nutrisi seimbang untuk bayi [1]. Karena inilah aku berniat boosting ASI dengan susu ibu menyusui. Namun karena anak-anakku berisiko tinggi mempunyai alergi, aku harus menghindari mengonsumsi susu dan produk olahannya selama masih menyusui mereka. Sayang sekali kan, Mamsi. Aku tidak bisa mendapat “bantuan” dari susu agar ASI lancar. Karena alergi susu sapi ini pula, aku tidak bisa dengan mudahnya "menggantikan" atau "membarengi" ASI dengan susu formula. Maka sebisa mungkin aku harus memberikan asupan ASI untuk anak-anakku hingga sempurna 2 tahun.



Berat Badan Turun Karena Sakit

Di usia 10 bulan, Baby El harus dirawat di RS sebab anemia dan infeksi saluran kemih. Bobotnya terjun bebas sampai ke angka 8,5 kg. Ini udah berat badan ideal paling minim untuk bayi perempuan usia 10 bulan. Tapi susah mengejar ketertinggalan berat badan karena Baby El masih susah makan pasca sakit. Jadinya aku harus genjot produksi ASI juga dengan bantuan ASI booster agar ASI lancar.


gambar kemasan pelancar ASI Herba ASIMOR

Review Herba ASIMOR

Diantara banyak pilihan rekomendasi ASI booster, ada satu yang menarik: Herba ASIMOR. Setelah aku pelajari dan aku bandingkan sana-sini, Herba ASIMOR ternyata punya banyak keistimewaan. Berikut beberapa diantaranya:

Mengandung ekstrak Daun Katuk (Sauropus androgynus)

gambar ilustrasi daun katuk

Daun Katuk sudah pasti ada di setiap produk ASI booster; segitu famous-nya khasiat Daun Katuk untuk meningkatkan produksi ASI selama menyusui. Hal ini lantaran Daun Katuk dapat meningkatkan kadar prolaktin dan oksitosin, dua hormon yang sangat berperan agar ASI lancar selama menyusui.

Mengandung ekstrak Daun Torbangun (Coleus amboinicus)

gambar daun torbangun

Tidak kalah dari Daun Katuk, sebenarnya Daun Torbangun sudah ratusan tahun dikenal dapat menstimulasi produksi ASI. Dalam sebuah studi, produksi ASI Mamsi yang mengonsumsi Daun Torbangun menunjukkan penambahan hingga 65%. Sebabnya, Daun Torbangun memicu peningkatan aktivitas sel epitel dan metabolisme kelenjar susu tanpa mengubah kualitas gizinya. Mungkin karena khasiat Daun Torbangun yang tersohor inilah, para Mamsi di Sumatera Utara semacam “diwajibkan” mengonsumsinya hingga 30 hari pasca melahirkan agar ASI lancar [2]. 

Mengandung ekstrak Ikan Gabus (Channa striata)

gambar ikan gabus channa sriatta

Ini nih nilai positif yang banyak diberikan Mamsi pada review Herba ASIMOR: kandungan estrak Ikan Gabus. Ikan air tawar yang internationally dikenal dengan nama Asian Snakehead Fish ini tersohor akan kemampuannya mempercepat proses penyembuhan. Di daerahku tinggal, jika ada orang pasca dirawat di rumah sakit, sering disarankan untuk makan iwak kuthuk (sebutan orang Jawa untuk Ikan Gabus) supaya cepat pulih dan kuat. Untuk Mamsi yang baru melahirkan, apalagi setelah operasi Caesar seperti aku, pasti tidak akan mau melewatkan keampuhan ekstrak Ikan Gabus dalam Herba ASIMOR untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sama halnya dengan Daun Torbangun, Ikan Gabus juga bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin agar ASI makin lancar.

Kandungan Daun Katuk dan Daun Torbangun paling banyak

Dalam setiap kaplet Herba ASIMOR, terkandung ekstrak Daun Katuk dan Daun Torbangun sebesar 300 mg. Ini adalah jumlah paling banyak dibandingkan produk ASI booster lainnya. Boleh dicek di toko sebelah, Mamsi. Hehe..

Dengan konsentrasi kandungan sebesar itu, tidak heran jika khasiat Herba ASIMOR bisa cepat dirasakan oleh Mamsi. Dalam riset yang diadakan di tahun 2017, 61% Mamsi responden mengaku merasakan peningkatan produksi ASI di hari ke-2 dan ke-3 setelah mengonsumsi Herba ASIMOR.


review herba asimor agar asi lancar

Meningkatkan Berat Badan Bayi

Hasil market research yang dilaksanakan di tahun 2007 menunjukkan terjadinya peningkatan berat badan bayi rata-rata 300gr setiap minggu setelah Mamsi mengonsumsi Herba ASIMOR. Nah. Ini yang sangat aku butuhkan saat ini. Karenanya aku coba konsumsi Herba ASIMOR dengan harapan agar ASI makin lancar dan Baby El bisa mengejar berat badan ideal setelah sakit kemarin.

Harga Paling Terjangkau

Aku beli 1 box Herba ASIMOR di marketplace Shopee seharga Rp 57.330. Harga ini udah diskon 10% loh dari harga normalnya Rp 63.700 Ditambah voucher gratis ongkir pula jadi makin murah, hehe.

1 box Herba ASIMOR berisi 30 kaplet dalam 5 strip. Dengan dosis minum 2 kali sehari, setidaknya Mamsi butuh 2 box Herba ASIMOR untuk sebulan.

Dengan harga sekian, menurutku Herba ASIMOR ini udah yang paling terjangkau dibandingkan produk ASI booster lainnya yang bahkan sampai seharga ratusan ribu sebotol. Dengan khasiat istimewa Herba ASIMOR yang berlipat ganda, kita untung banyak nih, Mamsi. Hehe.. 

[Update Maret 2021] Sekarang potongan harganya lebih besar, Mamsi. Setelah diskon 19%, harganya jadi cuman Rp 51.500. Jangan sampai kelewatan sale-nya, Mamsi. Beli Herba ASIMOR di sini sekarang.

review Herba ASIMOR dalam kemasan strip

Benarkah Manfaat Herba ASIMOR Nyata?

Terhitung sampai artikel ini ditulis, aku sudah mengonsumsi Herba ASIMOR selama kurang lebih 10 hari. Kurasa ini adalah waktu yang cukup untuk membuktikan apakah manfaat yang dijanjikan memang benar bisa didapat setelah mengonsumsi Herba ASIMOR. Berikut review jujurku terhadap Herba ASIMOR:

Meningkatkan Frekuensi Pipis Baby El

Mengutip dari sebuah jurnal kesehatan yang aku baca disini [3], salah satu tanda bayi dianggap cukup mendapatkan ASI adalah jika bayi pipis atau pup minimal 6 kali dalam sehari. Artinya, jika pipis bayi banyak menandakan dia tidak dehidrasi.

Jika kuperhatikan, popok Baby El makin cepat penuh. Dalam durasi waktu yang sama, yaitu 2 - 3 jam, popok Baby El sekarang jauh lebih terasa tebal dan penuh dibandingkan sebelum minum Herba ASIMOR. Artinya, entah Baby El semakin sering pipis, atau volume pipisnya semakin banyak. (Note: Baby El menggunakan merk dan jenis popok yang sama sehingga daya tampungnya pun sama)

Selain itu, sekarang warna pipisnya lebih bening dibandingkan pipisnya dulu yang agak kekuningan. Dari sebuah artikel Halodoc yang kubaca, bila kebutuhan cairan tubuh terpenuhi dengan baik, maka urine akan terlihat bening dan jernih. Dengan kata lain, warna pipis yang bening menandakan tubuh Baby El terhidrasi dengan baik.
(Note: Selain ASI, Baby El juga minum air putih sesekali setelah makan dan nyemil)

Dari hasil pengamatan terhadap pipis Baby El seperti yang aku gambarkan di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa:
konsumsi Herba ASIMOR dapat melancarkan ASI sehingga Baby El dapat minum ASI dengan cukup dan memenuhi kebutuhan cairan tubuhnya (terhidrasi dengan baik).

Meningkatkan Produksi ASI

Peningkatan produksi ASI bisa aku rasakan dari kondisi payudara. Sebelumnya, payudaraku sering terasa kempes, seakan kosong tak ada isinya. Hiks.. sedih. Namun alhamdulillah setelah minum Herba ASIMOR selama beberapa hari, payudaraku mulai terasa berisi dan kencang. Bahkan beberapa kali ASI-nya sampai merembes! To be honest sudah jaraaang sekali hal itu terjadi. Makanya aku senang banget saat payudara terasa penuh sampai ASI-nya merembes seperti itu. Karenanya, I can confidently admit that 
konsumsi Herba ASIMOR dapat membantu meningkatkan produksi ASI.

Meningkatkan Berat Badan Bayi (?)

Tercatat bahwa berat badan Baby El sebelumnya adalah 8,5 kg. Setelah 10 hari, alhamdulillah berat badannya naik 200 gr menjadi 8,7 kg. Aku tidak bisa mengatakan dengan yakin bahwa konsumsi Herba ASIMOR dapat membantu meningkatkan berat badan Baby El. Namun yang perlu dijadikan pertimbangan adalah sampai sekarang pun Baby El masih susah makan. Selain itu, aku juga sesekali memberikan camilan berupa cookies yang mengklaim bisa menjadi BB booster. So... You decide

Membantu Menyembuhkan Luka (?)

Nah. Jujur ku katakan bahwa aku tidak bisa membuktikan klaim yang satu ini. Sudah 11 bulan berlalu sejak operasi Caesar ke-3 dan kontrol terakhir ke dokter spesialis kandungan. Ditambah lagi masa pandemi gini membuat enggan pergi ke dokter / rumah sakit. Jadi aku tidak tahu secara pasti bagaimana kondisi terkini jahitan di perutku. Satu hal yang pasti adalah rasa nyeri dan perih di luka bekas jahitan Caesar masih sering datang, sama seperti sebelumnya.


Menyusui atau Tidak Menyusui?

Tentu semua ibu punya pilihan untuk menyusui atau tidak menyusui bayinya. Namun, sebagai Pejuang Kasih, aku usahakan semampuku untuk memberikan ASI untuk anak-anakku. Karena sebagai seorang Muslimah, aku percaya bahwa fitrahku sebagai seorang wanita adalah hamil, melahirkan, dan menyusui anak-anakku. Aku percaya bahwa Allah SWT memberikan kemampuan padaku dan Mamsi sekalian untuk menyusui.

Selain itu, keistimewaan ASI sudah tidak bisa dipungkiri ya. Beberapa diantaranya adalah:

  1. Meningkatkan imunitas dan antibodi bayi;
  2. Berfungsi sebagai anti infeksi, anti inflamasi, dan anti kanker di saluran pencernaan anak;
  3. Meningkatkan fungsi kognitif dan sistem motorik anak;
  4. Mengandung makro nutrien dan mikro nutrien yang penting untuk tumbuh kembang bayi;
  5. Menurunkan risiko kematian semasa bayi hingga 22% dan kematian di usia balita hingga 8,6% bagi bayi yang melalui proses IMD (Inisiasi Menyusui Dini);
  6. Kolostrum yang terkandung dalam ASI berfungsi sebagai antibodi, menguatkan sel imun, sumber vitamin A dan mineral, serta merupakan faktor penting dalam pertumbuhan;
  7. Bayi yang mendapat asupan ASI lebih jarang terkena obesitas;
  8. Menurunkan risiko bayi terkena berbagai macam penyakit, seperti infeksi saluran cerna (sebesar 40-47%), pneumonia (17 kali lebih rendah), kanker anak (6-8 kali lebih rendah), dan asma (sebesar 40-50%);
  9. Menurunkan risiko Mamsi terkena osteoporosis, diabetes maternal, dan artritis rheumatoid;
  10. Menguatkan bonding (ikatan) antara Mamsi dan bayi;

dan masih banyak lainnya. Mamsi tentunya tidak mau melewatkan manfaat ASI yang istimewa ini kan. Aku pun tidak, Mamsi. Hehe. Inilah motivasiku sukses menyusui anak-anakku hingga 2 tahun.



Jika Mamsi menemui tantangan atau hambatan dalam proses menyusui, jangan dulu patah semangat, Mamsi. Semua bisa diusahakan. Mamsi harus yakin bahwa akan selalu ada jalan bagi yang berniat baik. Mamsi bisa selalu berkonsultasi langsung dengan konselor laktasi, bidan, atau dokter. Mereka tentu akan mampu memberikan solusi atas permasalahan yang sedang Mamsi hadapi.

Selain itu, di jaman digital seperti sekarang, semakin banyak dan semakin mudah orang berbagi konten. Dari situ, aku bisa belajar dari pengalaman Mamsi lain yang sukses menyusui sampai 2 tahun. Apa yang mereka lakukan agar ASI selalu lancar? Makanan atau minuman apa yang berhasil melancarkan ASI mereka? Apa mereka juga butuh suplemen pelancar ASI? ASI booster apa yang recommended?



Selain asupan nutrisi dan suplemen penambah ASI, ada satu hal lain yang perlu Mamsi perhatikan: kondisi mental & psikologis. Menurut pengalamanku selama menyusui 3 anak, stres adalah faktor yang paaaling berpengaruh pada produksi ASI. Jadi yang terpenting adalah Mamsi harus bahagia yah..

Selamat berjuang mengASIhi, Mamsi dan para Pejuang Kasih.


Sumber bacaan:
[1] https://parenting.firstcry.com/articles/30-best-foods-to-increase-breast-milk/
[2] http://news.unair.ac.id/2019/10/04/torbangun-antara-obat-dan-efek-samping/
[3] https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/download/3124/2281

Komentar

  1. Menarik ulasannya. Asimor menjadi produk herbal yang tepat untuk ASI booster. Jika ASI booster bagus, nutrisi bayi terpenuhi. Terakhir, stay positive and happy agar ibu dan bayinya sehat selalu

    BalasHapus
  2. Kalau ingat dulu segala rawatan setelah melahirkan.. waaah ribet banget.. memang betul kita nggak boleh sembarangan setelah dalam keadaan pasca mleahirkan.. Asimor membuat lebih mudah ini untuk ibu baru melahirkan

    BalasHapus
  3. Daun katuk bagus ini untuk memperlancar ASI. Pernah dengar juga sih, kalo Ikan Gabus itu bisa mempercepat masa penyembuhan luka. Jadi produk ini sudah mengandung keduanya ya, jadi lebih praktis dan terasa manfaatnya.

    BalasHapus
  4. Wah artikelnya bagus. makasih atas informasinya. sangat berguna buat saya mbaa yang lagi mau persiapan persalainan hehe. mudah2an nanti asinya keluar lancar. atau bisa di boost pake asimor ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah.. Semoga lancar persalinannya, Mbak. Sehat dan bahagia selalu.

      Hapus
  5. Wah saya baru tahu khasiat ikan gabus yg dapat mempercepat proses penyenbuhan, dan juga bisa meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin agar ASI makin lancar. Selama ini taunya cuma mengandung protein dan enak rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di daerah saya, Ikan Gabus ini namanya iwak kuthuk terkenal banget buat pemulihan cepat sesudah sakit. Cuman kalo cari ikannya, udah susah.

      Hapus
  6. Saya juga sudah mencoba herba Asimor setelah melahirkan dan produksi ASI menjadi deras

    BalasHapus
  7. Perjuangan memang yang namanya mengasihi tuh ya, merasakan sekali beratnya tapi bahagia dengan anak yang sehat. Asimor ini andalan vitamin boster untuk busui.

    BalasHapus
  8. Daun katuk saja sudah wow untuk jadi ingridients ASI booster. DItambah bahan-bahan lainnya, makin joss ya jadinya. Ada kalanya memang perlu ya ASI booster. ALhamdulillah sekarang ada Herba ASimor.

    BalasHapus
  9. Ikan gabus memang bagus sekali untuk orang yang pasca-melahirkan. Tidak hanya melahirkan saja. Juga mempercepat kesembuhan pasca-operasi. Senang kalau ibu melahirkan sekarang banyak dimudahkan dengan bantuan vitamin seperti ini.

    BalasHapus
  10. Dulu saya minum asi booster dan obat pemulihan dengan 2 jenis pil yang berbeda, sekarang herba asimor pun telah mengandung ekstrak ikan gabus jadi komplit banget kandungan di dalamnya, rekomended ni buat yang baru melahirkan biar dapat 2 manfaat sekaligus

    BalasHapus
  11. Bagus juga ya ikan gabus ini kandungannya untuk kesembuhan sehabis melahirkan.. jadi lebih cepat pulihnya ya mom

    BalasHapus
  12. kebetulan ada saudara yang habis melahirkan, bisa saya rekomendasikan ke dia niy mba, mudah-mudahan cocok, melihat kandungannya juga bagus ya dan harganya affordable banget deh

    BalasHapus
  13. Nice info kak. Makasih rekomendasinya. Btw ini dijual di mana aja ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada di marketplace. Di apotik seperti K24 juga ada sepertinya.

      Hapus
  14. Aku pernah di usia bayi 9 bulan, produksi ASI agak berkurang. Karena tekad menyusui 2 tahun, maka segala ara dipakai. TErmasuk minum suplemen. Alhamdulillah lanar hingga 2 tahun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah setuju nih sama Kak Niken. Segala cara dipakai supaya bisa sempurna menyusui sampai 2 tahun. Semangat, Kak.

      Hapus
  15. Aku pikir ini cuma untuk booster ASI saja, ternyata bisa untuk mempercepat pemulihan paska caesar ya. Wah kayaknya aku harus minum ini nih. Kebetulan aku memang baru sesar sebulan yang lalu. Masih kerasa cekit2 bekas jaitannya, semoga dengan minum ini bisa cepet kering luka nya.

    BalasHapus

  16. Bener banget mbak..penting menjaga semangat untuk bisa asi eksklusif. Karena tantangannya memang berat. Tapi manfaat asi juga banyak. Sayang jika tidak maksimal dalam pemberian. Untung ada asi booster herbal ini ya mbak, lumayan membantu jadinya

    BalasHapus
  17. Semoga bisa full mengASIhi hingga 2 tahun ya.
    Supplemen memang dibutuhkan banget untuk lancar ASI. Lalu Asimor juga keren ya, bisa ningkatin BB bayi. Harga juga terjangkau.

    BalasHapus
  18. Seneng banget ya sekarang banyak produk yg support Breastfeeding spt herba asimor inih...

    BalasHapus
  19. Waah baru tau ASI booster Herba Asimor ini. Sepertinya produk baru ya? Atau saya yang kurang tau ya dulu pas jaman kasih ASI. Sekarang banyak produk yang support breast feeding ya Mbak

    BalasHapus
  20. Kebanyakan masalah yang sering dialami perempuan setelah melahirkan ya itu ya mbak. ASI gak keluar, badan melar dan luka jahitan lama banget sembuhnya. Tapi untungnya ada Herba Asimor. Bukan jadi masalah lagi sekarang ��

    BalasHapus
  21. Kebetulan sekali adik saya sedang menyusui dan kemarin dia sempat mengeluh karena ASInya berkurang. Nanti saya rekomendasikan Herba Asimor,deh!

    BalasHapus
  22. ASI itu penting, jadi keinget istriku pas awal ngelahirin sampe banyak banget, setelah itu ga keluar sama sekali , mungkin karena sesar ya. Bisa nih buat anak selanjutnya hehe

    BalasHapus
  23. Alhamdulillah aku juga sudah get through mengasihi selama 2 tahun dan memang banyak sekali pengalaman berharga dari sana Mba. Dulu ku juga minum suplemen cuma belum tau ada suplemen yang ini. Next jika mengasihi lagi mau nyobain karena sekarang berniat pingin ngasih adik. Hihi doain ya Mba

    BalasHapus
  24. wah pas banget nih kaka aku lagi menyusui. Nanti aku infoin tentang herba asimor ini ah. Makasi infonya yaaa

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah manfaat Herba Asimor ini dirasakan sekali oleh adik ipar saya saat menyusui, ASI yang tadinya gak lancar jadi lancar berkat minum ini

    BalasHapus
  26. Rebusan ikan gabus, aku ingat banget masa-masa habis melahirkan mama bikinkan sup ikan gabus yang harus dimakan dan kuahnya diminum, demi ASI yang lancar. Selain itu, memang mengeringkan luka juga katanya. Sampai terakhir-terakhir mual karena dipaksa makan tiap hari. Sekarang enak ya ada herba asimor ini.

    BalasHapus
  27. asimor ini menjadi sahabat untuk ibu menyusui ya mbak..
    membantu asi lancar sekaligus mengeringkan luka paska melahirkan

    BalasHapus
  28. Ku juga minum herba asimor ini, tapi cuma beberapa kali. Selebihnya kukasih ke Keponakan karena sepertinya dia lebih butuh. Badannya kurus, ASInya sedikit. Makanya herba asimor ya ku kasih ke dia dengan harapan bisa ngebantu produksi ASInya jadi makin banyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Subhanallah, Mbak. Baik banget.
      Mudah-mudahan kebaikan Mbak dibalas dengan yang lebih baik. Aamin.

      Hapus
  29. Waktu menyusui anakku dulu, aku belum menemukan suplemen seperti herba asimor ini. Jadi murni lewat Daun katuk dan makan yang membuatku bahagia. Untungnya sekarang Ada ya, membantu para ibu untuk memberikan ASI pada bayi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. Serius, Kak? Bahkan aku sampai sekarang gak pernah sama sekali tahu bentuk aslinya daun katuk itu kayak gimana. Hehe. Jadi daun katuknya dimasak seperti sayur begitu ya?

      Hapus
  30. Kayaknya aku harus rekomenin ini untuk mbak aku yang lagi menyusui nih mbaa, biar ASI-nya lancar. Makasih mba Munaaa 😬

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA

Pengalaman Menggunakan Menstrual Cup: Review G Cup

Assalamualaikum. Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini. Kali ini aku mendatangkan bintang tamu seorang pejuang lingkungan hidup, karena dia telah ikut ambil bagian dalam mewujudkan hidup minim sampah dengan beralih dari pembalut sekali pakai ke menstrual cup . Please welcome my dear friend , Titis Ariwangi a.k.a. @lollyboob Ku undang temanku ini mampir ke blog untuk memberikan ulasan jujur mengenai penggunaan menstrual cup sebagai solusi haid minim sampah . Disclaimer: Review G Cup ini ditulis murni berdasarkan pengalaman pribadi dengan tujuan untuk memberikan wawasan tentang penggunaan menstrual cup bagi pemula. Review ini tidak disponsori oleh pihak mana pun dan bukan bertujuan untuk mempromosikan produk apa pun. Halo, Semuanya. Perkenalkan. Aku Titis. Guru Bahasa Ingris di sebuah sekolah internasional di Surabaya. Usia 29 tahun (per 2020). Menikah. Ibu 1 anak. Sebenarnya aku baru menggunakan menstrual cup untuk 1x siklus menstruasi. Meskipun bisa dibilang terlalu