Langsung ke konten utama

Kenapa Para Ibu Perlu Mandi Parfum Sebagai Morning Routine

Assalamualaikum..
Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza disini.

Pagi hari bisa jadi waktu paling bikin stres bagi sebagian orang, termasuk ibu-ibu kayak akuh. Begitu melek udah harus bikin sarapan, persiapkan suami kerja, mandiin anak, ke pasar, masak, daaan seterusnya.

Seringkali kita merasa seperti capek karena kejar-kejaran dengan waktu. Udah jam segini tapi belum ini, belum itu. Bingung mau kerjakan yang mana dulu. Akhirnya, karena merasa kewalahan, dikit-dikit kita jadi mudah teralihkan. Terkadang oleh media sosial, TV, online shops atau ngobrol. "Gak papa lah yah sebentar aja. Biar enggak stres", begitu pikir kita.

Tapi dalam sekejap sudah banyak waktu berlalu dan kita merasa seperti "Yaaah.. Ngapain aja ini tadi? Harusnya bisa begini begitu, tapi ternyata udah jam segini. Jadi enggak sempet deh."

Gimana, Mah? Haruskah kita tos karena sering merasa begini juga? Ternyata itu semua karena satu hal: kita tidak memulai pagi hari kita dengan morning routine.

KENAPA HARUS MORNING ROUTINE?

Karena pagi adalah waktu (sebagian dari) kita memulai hari, maka penting untuk memperhatikan bagaimana kita memulai hari. Morning routine penting karena mood sepanjang hari dapat dipengaruhi oleh cara kita memulai hari.Itulah morning routine: rutinitas yang kita lakukan setelah bangun tidur supaya kita siap memulai hari. Banyak kisah nyata dari CEO sukses yang membuktikan kekuatan morning routine loh.

Kita bisa memulai morning routine secara bertahap. Banyak orang percaya bahwa kita bisa membentuk kebiasaan dengan melakukannya selama 21 hari berturut-turut. Nah, sebagai langkah awal kita bisa mencoba meluangkan 21 menit untuk morning routine selama 21 hari. Kenapa harus 21 menit? Ya biar jadi angka cantik aja, haha.. Enggak ding. Hanya saja, akan terasa lebih mudah untuk meluangkan waktu jika kita tahu kita akan menghabiskan waktu kurang dari setengah jam saja.

MORNING ROUTINE NGAPAIN?

Lalu harus melakukan apa untuk morning routine? Morning routine bisa dibagi menjadi 3 area:

1) Waktu tenang
Saat berada dalam ketenangan, kita bisa lebih fokus pada hal baik. Beberapa hal yang bisa dilakukan selama waktu tenang ini juga bervariasi. Sebagian orang memilih untuk khusyuk beribadah dan berdoa. Sebagian lain lebih menikmati secangkir kopi atau teh. Dengan meluangkan waktu tenang pertama kali di pagi hari, kita cenderung tidak terburu-buru, lebih fokus, dan lebih penuh syukur.

2) Membangkitkan energi
Berhubung kita akan non-stop berkegiatan selama belasan jam ke depan, adalah sebuah keharusan untuk mengisi energi. Bagaimana cara kita menaikkan energy level juga beragam. Bisa dengan sarapan atau olahraga.

3) Perencanaan
Nah, setelah pikiran tenang dan energi penuh terisi, sekarang waktunya merencanakan hari. Untuk kaum sibuk seperti kita para ibu, menentukan prioritas adalah koentji. Hal penting apa yang harus kita lakukan hari ini, supaya kita merasa puas saat hari berakhir, supaya kita bisa selangkah mendekati tujuan kita. Hal mana yang bisa didelegasikan ke orang lain.

Membuat rencana kegiatan atau to-do list sebeum memulai kegiatan membuat kita tidak mudah teralihkan di tengah hari. Jadi semacam jalur lintasan kita hari ini. Awas jangan sampai melenceng keluar jalur.

Mengawali hari dengan membuat perencanaan

 MORNING ROUTINE UNTUK IBU SEPERTIKU

Adalah sebuah hal yang mustahil bagi ibu dengan anak balita atau bayi sepertiku untuk bisa menggunakan kamar mandi tanpa gangguan. Betul begitu, Mah? Maka para ibu, termasuk akuh, bisa menjadikan mandi pagi sebagai bagian dari morning routine.

Bangun pagi sebelum anak-anak bangun, lalu mandi, bisa jadi waktu tenang buat para ibu. Sekaligus bisa memberikan energi dari kesegaran mandi parfum menggunakan Vitalis Perfumed Moisturizing Body Wash.

Varian Vitalis Body Wash

Vitalis kan sudah melegenda sebagai merek parfum. Di rak minimarket dan supermarket mana aja pasti ada parfum Vitalis. Dengan pertumbuhan yang meroket hingga dua kali lipat setiap tahun, Vitalis memimpin pasar parfum untuk wanita. Nah mulai pertengahan tahun lalu, Vitalis meluncurkan juga produk body wash. Ada 3 varian body wash yang dikeluarkan oleh Vitalis:

pengalaman mandi parfum dengan vitalis body wash
Tiga varian Vitalis Body Wash: White Glow, Fresh Dazzle, dan Soft Beauty

1. White Glow dengan kemasan warna pink. Varian yang ini wanginya cenderung manis dengan aroma buah-buahan Cherry dan Raspberry. Dipadukan juga dengan aroma Marshmallow, Gardenia, Woody dan Suede. Vitalis Body Wash White Glow memberikan manfaat mencerahkan kulit dengan kandungan ekstrak Licorice dan Susu untuk membantu merawat kulit tampak bersih dan cerah bersinar.

2. Fresh Dazzle dengan kemasan warna hijau. Yang ini favoritku Wanginya segar bunga dengan paduan aroma Bergamot, Floral Bouquet, dan Musk Amber. Vitalis Body Wash Fresh Dazzle memberikan manfaat menyegarkan kulit dengan kandungan ekstrak Yuzu Orange dan anti oksidan dari Green Tea untuk menjaga kulit terasa lebih bersih, wangi, segar dan terawat.

3. Soft Beauty dengan kemasan warna ungu. Nah yang ini wanginya seperti perpaduan antara dua varian sebelumnya. Ada wangi manis dari aroma Fruity Aldehydic. Ada wangi segarnya juga dari aroma bunga Rose dan Violet. Ditambah lagi dengan aroma Tonka Bean dan Sandalwood. Vitalis Body Wash Soft Beauty memberikan manfaat melembutkan kulit dengan ekstrak Avocado dan Vitamin E untuk membantu menjaga kulit tetap terasa kenyal, halus dan lembut.

Kemasan Vitalis Body Wash

Tangan kita pastinya jadi licin karena penuh sabun saat mandi. Untungnya, kemasan botol Vitalis Body Wash didesain dengan lengkungan di bagian tengah botol, sehingga memudahkan saat dipegang. Tutup botolnya pun memudahkan akses. Dengan press cap, tutup botol akan terbuka dengan sekali tekan.

pengalaman mandi parfum dengan vitalis body wash
Kemasan botol Vitalis Body Wash dengan press cap
Selain itu, tutup ulirnya memungkinkan kita menggunakan kembali botol kemasan yang cantik ini. Selain dalam kemasan botol 200 ml, Vitalis Body Wash juga tersedia dalam kemasan pouch 450 ml.

pengalaman mandi parfum dengan vitalis body wash
Kemasan botol Vitalis Body Wash dengan tutup ulir

Setelah mandi parfum dengan tenang di kamar mandi, ku memilih berjalan kaki di sekitar kampung sebagai cara membangkitkan energi. Lumayan loh. Pada hari-hari ku jalan pagi di luar, ku jadi cenderung tidak loyo meski tanpa kopi. Bisa setali tiga uang menjemur Bayi No.3 di bawah matahari pagi. Karena sudah mandi parfum, jadi terasa lebih percaya diri nampang di depan tetangga meskipun hanya berkostum daster, haha..

Setelah itu, karena ku sudah terbiasa menulis to-do list di malam sebelumnya, aku hanya tinggal membuka bullet journal sekilas untuk melihat apa saja yang harus diselesaikan hari ini dan siap menjalani kesibukan hari ini.

pengalaman mandi parfum dengan vitalis body wash
Segar semangat beraktivitas setelah mandi parfum dengan Vitalis

Teksturnya cenderung lebih encer dan tidak terlalu kental. Mungkin karena inilah, Vitalis Body Wash tidak meninggalkan rasa licin di kulit. Untuk sabun mandi dengan klaim bisa melembabkan kulit, Vitalis Body Wash tidak menjadikan kulit kering bersisik setelah mandi.

Wanginya pun seger banget. Dan awet. Serius.
Pada suatu sore, ku (curi-curi waktu untuk) mandi parfum lalu ku sholat Ashar. Malamnya, saat ku akan pakai mukena untuk sholat maghrib, wanginya masih kecium dong. Enggak berlebihan sih kalau Vitalis bilang bisa memberikan pengalaman mandi parfum dengan body wash ini, karena memang sewangi itu.

pengalaman mandi parfum dengan vitalis body wash
Kemasan botol Vitalis Body Wash yang cantik dengan lengkungan di tengah

Itulah morning routine-ku sebagai ibu dengan 3 anak: meluangkan waktu tenang untuk mandi parfum dengan Vitalis Body Wash, jalan kaki di luar rumah sebagai cara meningkatkan energi, dan bullet journaling untuk perencanaan.

Meskipun disebut morning routine, sebenarnya rutinitas tidak terikat waktu ya. Mau bangun jam berapa pun, rutinitas bisa tetap jalan. Ya maklum, sebagai ibu bekerja dari rumah, saya sering begadang menyelesaikan pekerjaan saat anak-anak sudah terlelap di malam hari. Jadi untuk ibu-ibu jarang bangun pagi sepertiku, masih bisa kok memulai hari dengan morning routine.

Bagi para Mamah yang sudah punya rutinitas pagi, share dong pengalamannya di kolom komentar. We would love to hear your success stories.

Semoga kita semua selalu bisa menjalani hari dengan tenang, fokus, dan penuh syukur.

Selamat memulai hari dengan morning routine, Mah!

Komentar

  1. Huwaaa, baca ini jadi pengen mandi lagi, apalagi badan agak gerahan rasanya, plus mood agak kusut gara-gara anak-anak berantem bercanda jerit-jerit melulu, hahaha

    Vitalis bodywash ini beneran bikin segar banget di badan, apalagi yang ijo, duh enak banget rasanya bikin mood membaik :)
    Kalau udah capek banget, saya biasanya memilih mengkondisikan anak-anak terus mandi deh :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah. Sama. Favoritku juga yang hijau, Mbak. Seger buah. Syukak!
      Bener deh. Kalau punya balita tuh mandi kudu ngumpet-ngumpet.
      Dan emang beda lah rasanya kalau habis mandi parfum. Seger semangat.

      Hapus
    2. Hahahaha, kalau saya kadang saya kasih Yutub atau gadget.
      Biasanya lumayan anteng sampai minimal saya selesai mandi hahaha.
      Daripada baru mau pakai sabun udah digedor-gedor sambil jerit-jerit, hadehhh :D

      Biasanya kalau anak bosan main hape, terpaksa mandi sambil dibuka pintu kamar mandi, biar dia nggak melewatkan wajah mamaknya yang rupawan ini hahahaha.
      Heran saya para bocah selalu nggak bisa nggak liat mukanya mamaknya :D

      Hapus
  2. Merencanakan sesuatu dengan tenang itu butuh pembiasaan, yah, mandi bisa sebagai pengawl hari agar pagi bisa lebh semangat dan percaya diri. Mandi juga bantu kita agar tetap tampil apik dan cantik meski pekerjaan domestik selalu harus diselesaikan dalam waktu secepatnya.
    Vitalis itu bisa sebagai bagian dari pengawal hari agar lebih harum berseri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai pengawal hari. Betul, Mbak.
      Pasti berbeda lah rasanya menjalani hari jika diawali dengan baik.

      Hapus
  3. Mani sekarang jadi lebih menyenangkan ya kalau pakai Vitalis bodywash... Wanginya mantapppp hehehe... Apalagi sekarang lagi gerah udaranya, pengennya mandi mulu biar seger dan tetep wangi sepanjang hari :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi. Tetep wangi sepanjang hari dong. Mandinya mandi parfum.

      Hapus
  4. Mandi itu bisa bikin perasaan capek, kepala mumet, lgs berasa seger dan ringan :D. Makanya aku suka lama2 kalo mandi mba. Apalagi kalo sabunnya wangi begini :D. Paling suka mandi pake Vitalis pas malam, sebelum tidur. Itu kebiasaan ku dr dulu. Supaya pas tidur, Deket Ama suami jg enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. cieee, ciee.. uhuk, uhuk.. Suami betah nempel dong habis mandi parfum. Tsaaah.. Haha.

      Hapus
  5. Mandi dengan Vitalis Body Wash bikin mood beraktivitas di pagi hari. Nggak pakai malas-malasan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoi, Mbak. Gimana mood gak jadi bagus? Orang kita mandinya mandi parfum ye kan. Haha..

      Hapus
  6. Betul juga sih mbak, jika kita memulai pagi dengan sesuatu yang bagus maka siang hari dan seterusnya hasilnya bisa bagus. Dengan mandi pakai Vitalis maka pikiran jadi adem ya mbak dan semangat jalani hari.😊

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posts

Checklist Isi Tas Persiapan Melahirkan Caesar di Rumah Sakit

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Minggu ini, kehamilanku memasuki minggu ke-37. Sebenarnya HPL Baby No.3 ini masih sekitar pertengahan Januari. Tapi karena dia harus dilahirkan secara Caesar, maka operasi dijadwalkan 2 minggu lagi. Sambil menunggu hari-H, jangan sampai lupa, Mah! Ada satu hal penting yang harus dipersiapkan menjelang persalinan, yaitu mengepak tas untuk dibawa saat melahirkan ke rumah sakit. Pastinya kita tidak mau ada yang tertinggal saat menginap di rumah sakit kan. Sebaiknya isi tas persiapan melahirkan ini sudah dipersiapkan sekitar 2 minggu sebelum HPL, just in case si janin lahir lebih awal dari tanggal perkiraan. Saat melahirkan Caesar biasanya dibutuhkan waktu sekitar 3-4 hari untuk tinggal di rumah sakit . Mamah harus  check-in sehari sebelum operasi untuk berbagai pemeriksaan laboratorium dan konsultasi dengan dokter anestesi. Umumnya Mamah sudah diperbolehkan pulang sehari setelah operasi , kecuali ada kondisi yang meng

BULLET JOURNAL INDONESIA UNTUK PEMULA: MONTHLY LOG

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a @mamahfaza disini.. Masih dalam rangkaian Tutorial Bullet Journal untuk Pemula, setelah Future Log dan Habit Tracker, sekarang ku akan berikan step-by-step cara membuat Monthly Log. Mumpung masih semangat tahun baru, moga-moga masih semangat bikin bullet journal juga yaaah. Let's get it ! MONTHLY LOG ADALAH ... Monthly Log jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti "Catatan Bulanan". Jadi Monthly Log adalah catatan jadwal acara, peristiwa, atau rencana kegiatan dalam sebulan . Awalnya memang begitu, tapi bukan Bullet Journal namanya kalau tidak bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Kita bisa menambahkan fitur apapun yang kita butuhkan ke dalam Monthly Log. Misalnya, mau sekalian digabungkan dengan Habit Tracker atau mau menambahkan target bulan ini yang harus dicapai. Boleeeh.. Custom made ajah.. Baca juga: Cara Membuat Bullet Journal untuk Pemula: Habit Tracker MONTHLY LOG DI BULLET JOURNAL BISA

CARA MEMBUAT BULLET JOURNAL UNTUK PEMULA: HABIT TRACKER

Assalamualaikum.. Muna Fitria a.k.a. @mamahfaza di sini.. Kita semua perlu punya kebiasaan baik yang berfaedah dalam hidup. Kalau sampai sekarang masih belum punya, berarti kita harus pilih satu kebiasaan baik yang ingin kita lakukan dan mulai menanamkannya sampai jadi rutinitas. Nah, habit tracker bisa membantu proses ini. Kita bisa menuliskan kegiatan apapun yang kita ingin rutinkan dan catat untuk memantau bisakah kita istiqomah. Misalnya, ingin rutin menghindari makan gorengan demi menghindari kolesterol? Tulis di habit tracker dan mulai wujudkan. HABIT TRACKER ADALAH...  " Habit Tracker " diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia berarti " Pencatat Kebiasaan ". Lalu kenapa kita harus mencatat kebiasaan ( tracking habits )? Penggagas Bullet Journal, Ryder Carroll, dalam salah satu videonya menyampaikan bahwa Habit Tracker adalah salah satu cara sederhana untuk membuat diri kita lebih berkomitmen untuk merutinkan suatu kebiasaan bai